Google Resmikan Android Nougat, Kenali Dulu Apa Saja Fitur Barunya di Sini!

Android-Nougat-9

Update Android 7 Nougat Dirilis! Ini Fiturnya yang Bakal Heboh (Selain Emoji Barunya!)

Update Android 7 Nougat Telah Dirilis! Ini Fitur Barunya yang Bakal Kalian Butuhkan! Samsung Update Android 7 Nougat for LG, Xiaomi Update Android 7 Nougat
Baca Juga

Google mengumumkan Android 6.0 Marshmallow pertengahan Agustus 2015 lalu. Dan seperti ritme mereka setiap tahun mengumumkan versi baru Android, akhirnya kita mendapatkan kepastian apa nama versi baru Android 7.0 penerus Marshmallow. Lebih cepat dari sebelumnya, hari ini Google resmi umumkan versi baru Android Nougat (sebelumnya disebut dengan kode nama Android N). Sesuai tradisi, Google melakukan unwrapping patung yang menjadi maskot versi baru Android Nougat, yang bisa kalian lihat melalui video di bawah.

Sebelumnya Google mengungkapkan, jika Android Nougat menjanjikan banyak fitur baru ketika diluncurkan nantinya. Yang langsung bisa terlihat dan dirasakan adalah dukungan multi-window, mekanisme penghematan baterai, update otomatis tanpa jeda yang lebih cepat (seperti pertama kali diimplementasikan untuk ChromeOS), karena dimungkinkan juga sistem operasi ini mengunduh sampai ke tingkat core level Android dalam proses di background, dan meng-install mereka ketika kalian memulai kembali perangkat. Hal itu dimungkinkan berkat adanya dua partisi sistem, satu untuk sistem, dan satunya khusus untuk update ini saja.

Android-Nougat-1

Google Resmi Mengkonfirmasikan Android Marshmallow

Google Resmi Mengkonfirmasikan Android Marshmallow, Android 6.0 Marshmallow, download Android Marshmallow, update Android 6.0 Marshmallow
Baca Juga

Sedangkan untuk penghematan baterai, merupakan pengembangan dari mekanisme penghematan baterai Doze pada Marshmallow. Di sini, juga diberikan kondisi pengaktifan ketika perangkat menggunakan baterai, layar dalam kondisi off, dan keseluruhan sistem tidak perlu dalam kondisi stationary. Dalam kondisi ini, aktivitas network bakal dihentikan, dan aplikasi mendapat akses “maintenance windows,” dimana mereka bisa mengakses network dan melakukan task pada background.

Android-Nougat-3

Sedangkan mode penghematan Doze oenuh seperti dalam Marshmallow baru bakal aktif ketika perangkat dalam kondisi stationary selama waktu yang lebih lama. Mode Data Saver baru juga diperkenalkan di sini, yang membatasi penggunaan data mobile di background, serta bisa memicu fungsi internal dalam aplikasi yang memang didesain untuk mengurangi penggunaan bandwidth, seperti dengan membatasi kualitas media yang di-streaming.

Android-Nougat-2

Android 7.0 Nougat juga mendukung Vulkan API, API 3D rendering baru yang menggantikan peran OpenGL ES, namun mampu memberikan kinerja grafis yang lebih tinggi. Melalui Android Nougat, kalian juga bisa mendapatkan rangkaian emoji baru, yang diantaranya mendukung warna kulit berbeda.

Membedakan Android Nougat dengan Marshmallow adalah adalah platform Android VR baru yang disebut Daydream, selain juga Project Tango yang selama ini dikembangkan Google. Jika secara hardware perangkat mendukung, maka bisa juga mengoperasikan teknologi pemetaam 3D Project Tango.

Android-Nougat-8

Untuk fitur multi-window-nya, mekanisme pemisahan layarnya sama seperti pada tipikal smartphone Android lainnya yang sebelumnya sudah memiliki fungsi ini secara default. Dalam Android Nougat, multi-window bakal membagi tampilan, sehingga dua aplikasi bisa ditampilkan pada sebagian layar. Sebenarnya juga ada mode lainnya, dimana beberapa aplikasi bisa muncul bersamaan pada layar. Namun opsi kedua disembunyikan Google, dan tidak bisa bebas diakses.

Android-Nougat-7

Dari sisi antar muka, kini kolom notification juga didesain ulang, dengan barisan ikon yang lebih kecil untuk setting, dan mengganti desain model kartu dengan desain berlapis. Beberapa notifikasi dari satu aplikasi pun bisa disatukan untuk menghemat tempat di kolom notifikasi. 

Android-Nougat-6
Bentuk folder yang berbeda..
Android-Nougat-5
Emoji baru yang lebih berwarna…

SHARE
Previous articleIni Alat Canggih yang Bakal Bantu Kalian Selama Main Pokémon Sun dan Pokémon Moon
Next articleMenurut Daenarys, Cersei Tidak Akan Bertahan Lama dalam Game of Thrones!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.