Belum Lama Berjalan, Hunter x Hunter Hiatus Lagi!

lama hunter x hunter hiatus - thumbs

Baru juga kembali April lalu, Hunter x Hunter hiatus lagi! Apakah hiatus kali ini akan lebih epik lagi ketimbang yang sebelumnya?

Seringnya Hunter x Hunter hiatus memang sudah menjadi candaan tersendiri bagi fan. Walaupun April lalu serial ini kembali pun sudah ada yang takut manga ini akan libur panjang lagi. Dan ternyata benar, diumumkan kalau Hunter x Hunter akan memasuki masa hiatus yang tak ditentukan panjangnya.

Seperti disampaikan oleh Anime News Networkkabar ini diberitakan pertama kali di Weekly Shonen Jump nomor 31. Nanti majalah itu juga akan memberitahukan lagi kalau sudah ada tanggal pasti kapan Hunter X Hunter akan dilanjutkan.

Sebelum ini, hiatus terakhir dimulai Agustus 2014. Saat itu direncanakan Togashi akan kembali setelah dua pekan. Namun karena masalah kesehatan, masa hiatus itu pun terus berkembang hingga April 2016. Waktu yang sangat, sangat lama.

Kotaku menyampaikan kalau penyebab hiatus kali ini masih sama dengan yang sebelumnya, yakni masalah kesehatan Togashi. Di tahun 2014 lalu, Togashi pun berencana hiatus dua minggu karena sakit punggung bawahnya yang parah. Namun ternyata penangannnya sangat lama.

hunter x hunter

Trailer Baru Anime Your Name dari Makoto Shinkai Dirilis!

Trailer baru Your Name dari Makoto Shinkai menyajikan lebih banyak detil tentang karakternya dan konflik yang harus mereka hadapi!
Baca Juga

Mungkin karena mengantisipasi masa hiatus ini juga Togashi buru-buru menyajikan duel yang ditunggu-tunggu oleh fan: Chrollo dan Hisoka. Awalnya pertarungan antara mereka berdua memang terasa terjadi mendadak dan memotong plot utama yang sedang berjalan. Baru terungkap kemudian kalau hasil pertarungan itu justru terkait dengan skenario utama.

Tapi setidaknya dengan berakhirnya duel Chrollo dan Hisoka itu satu benih konflik yang ditanam Togashi sejak alur York Shin dulu dapat disajikan olehnya. Walau konfliknya sendiri tidak dapat dikatakan selesai, minimal fan bisa melihat duel antara dua penjahat ini.

Sayangnya, bila memang Hunter x Hunter hiatus lama lagi, fan yang masih sabar dengan judul ini harus dibuat penasaran dengan sejumlah cliffhanger dari alur terakhir. Mulai dari twist yang tersaji di akhir duel Hisoka dan Chrolo serta dampaknya terhadap Genei Ryodan, konflik perebutan kekuasaan yang mulai bergulir, hingga Dark Continent yang tak kunjung dicapai oleh tokoh-tokoh kita.

hunter x hunter hiatus

Tapi pada akhirnya kesehatan seseorang jauh lebih penting dari kelangsungan sebuah karya. Bila kumatnya penyakit Togashi ini menandakan gejala yang lebih serius, diharapkan sang mangaka bisa pulih dengan lebih optimal. Bila beliau perlu mengambil hiatus lebih panjang lagi pun seharusnya tidak apa-apa, asalkan dia bisa kembali sehat dan dapat bekerja tanpa merasakan sakit mengganggu.

Hiatus yang tak ditentukan juga bukan berarti seri ini pasti akan vakum dua tahun lagi. Siapa tahu kali ini masa hiatus Hunter X Hunter benar-benar hanya akan memakan waktu dua pekan, seperti yang direncanakan oleh Togashi di tahun 2014. Yang jelas bagan hiatus Hunter X Hunter yang sudah dipenuhi merah pun akan semakin berwarna.

 

 

 

 


SHARE
Previous articleIko Uwais Bakal Perankan Sub Zero di Film Reboot Mortal Kombat?
Next articleWreck-It Ralph 2 Siap Tayang 2018 Nanti!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.