7 RPG Terbaik Android untuk Temani Liburanmu!

Macet di jalan? Nungguin temen tidak datang-datang? Mainkan dulu RPG terbaik di Android rekomendasi Duniaku ini!

7 RPG Terbaik Android untuk Temani Liburanmu!

7 RPG Terbaik Android untuk Temani Liburanmu!

Macet di jalan? Lagi liburan di desa dan tidak ada jaringan internet? Download dan mainkan 7 RPG terbaik Android gratis ini!

Sejak pertama kali kemunculannya, Role Playing Game alias RPG menjadi salah satu genre favorit dari para gamer. Selain kekuatan kisah yang membuat pemain merasa “terlibat” langsung di dalam game, banyak daya tarik yang ditawarkan RPG seperti progress perkembangan karakter dan juga item-item yang bisa digunakan untuk memperkuat mereka; berbagai fitur seperti crafting dan pet system; hingga elemen-elemen collectible yang membuat pemain betah untuk memainkan RPG selama berpuluh-puluh jam.

Jika dulu kita bisa bermain berpuluh-puluh jam di depan konsol, kini kita patut berterima kasih kepada perkembangan teknologi mobile yang berhasil membawa segala aspek fun dari bermain RPG ke dalam handphone atau tablet kita. Apalagi dengan gadget yang portable, membuat kita bisa melanjutkan petualangan di mana saja dan kapan saja, seperti saat menunggu teman datang, menanti angkutan umum, saat mudik lebaran, atau istirahat sekolah. Nah, kali ini Duniaku punya beberapa rekomendasi RPG terbaik Android untukmu, baik RPG bergaya barat ataupun JRPG alias yang bergaya Jepang. Yuk disimak!

[page_break no="1" title="Star Wars Knights of the Old Republic"]

7 RPG Terbaik Android untuk Temani Liburanmu!

Dari sekian banyak game Star Wars yang pernah hadir, Star Wars: Knight of The Old Republic atau Star Wars: KOTOR adalah salah satu yang terbaik. RPG yang dikembangkan oleh BioWare ini pertama kali hadir di Xbox dan PC pada tahun 2003, lantas kemudian diikuti dengan versi Mac pada tahun 2004, rilis ulang versi PC di Steam pada tahun 2009, mampir ke iOS pada tahun 2013 lalu dan akhirnya hadir di Android pada akhir 2014.

Pengalaman yang kamu dapat saat memainkan versi mobile-nya ini juga sama dengan Star Wars: KOTOR versi PC dan konsol, mulai dari variasi Force yang bisa kamu gunakan untuk melancarkan lebih dari 40 skill, menjelajahi galaksi Star Wars mulai dari Tatooine hingga Kashyyyk, hingga berpetualang menggunakan kapal luar angkasamu, Ebon Hawk. Perbedaan antara versi mobile dengan versi PC dan konsolnya dulu adalah antarmuka yang sedikit diubah agar memudahkanmu untuk memainkan game ini di layar gadget yang kecil dan implementasi dari sistem achievement yang bisa kamu kumpulkan.

Download Star Wars KOTOR: Google Play Store

[page_break no="2" title="The Banner Saga"]

7 RPG Terbaik Android untuk Temani Liburanmu!

The Banner Saga merupakan salah satu RPG mobile yang dikembangkan dengan sangat cantik artwork-nya, dan begitu baik mengisahkan mitos Norwegia / Norse, serta memadukannya melalui sebuah gameplay yang dalam. Cara penyampaian cerita dalam game ini memang tidak umum untuk sebuah RPG, dan penyampaian ceritanya lebih terfokus pada cerita yang bertalian satu-sama-lain melalui banyak karakter utama.

Inti permainan The Banner Saga ini adalah membawa kelompokmu bertahan hidup dari awal hingga akhir permainan, baik dalam pertarungan maupun dalam mengatur persediaan dalam tim. Semua pilihan dalam setiap pengambilan keputusan masing-masing karakter tentunya akan menjadikan pengalaman bermain menjadi berbeda. The Banner Saga ini merupakan game yang cantik secara visual, skenario yang me-nantang, penggabungan elemen gam-play yang menarik, serta dibalut dalam kisah petualangan para Viking.

Download The Banner Saga: Google Play Store

[page_break no="3" title="Chrono Trigger"]

7 RPG Terbaik Android untuk Temani Liburanmu!

Penggemar RPG era 90an pasti sangat mengenal Chrono Trigger, salah satu RPG terbaik di masanya selain seri Final Fantasy. Chrono Trigger untuk mobile ini sendiri merupakan versi yang sama dengan versi DS-nya. Artinya, selain mendapatkan versi game yang sama dengan versi aslinya, kamu juga akan mendapatkan tambahan dua area baru yang bisa kamu jelajahi, The Dimensional Vortex dan The Lost Sanctum.

Square Enix juga sedikit mengubah mekanisme kontrol dalam game ini sehingga nyaman digunakan untuk layar sentuh. Game ini juga menyediakan delapan bahasa yang bisa digunakan di dalam game, yaitu Inggris, Prancis, Italia, Jerman, Spanyol, China, dan Jepang. Meskipun bukan game yang benar-benar baru (karena dirilis untuk mobile sekitar tahun 2012 lalu), namun tetap saja Chrono Trigger adalah salah satu RPG terbaik Android yang harus kamu mainkan.

Download Chrono Trigger: Google Play Store

[page_break no="4" title="Final Fantasy Brave Exvius"]

7 RPG Terbaik Android untuk Temani Liburanmu!

Brave Exvius adalah judul Final Fantasy yang memang dirilis khusus untuk Android. Menggabungkan elemen gameplay turn based ala Final Fantasy dan juga gameplay collectible ala Brave Frontier, game ini cocok dimainkan di mobile. Tidak mengherankan jika game ini memiliki nuansa Brave Frontier, karena memang pengembangnya sendiri sama, yaitu Alim.

Dalam salah satu RPG terbaik Android ini, kamu bisa menemukan hero-hero dari seluruh seri Final Fantasy, mulai dari Vivi, Cloud, Tifa, Squall, hingga Tidus. Kamu juga bisa mendapatkan hero dari pemain lain dalam sistem companion yang bisa membantumu selama menjelajahi map dan bertarung.

Download Final Fantasy Brave Exvius: Google Play Store

[page_break no="5" title="Seven Knights"]

7 RPG Terbaik Android untuk Temani Liburanmu!

Membicarakan RPG terbaik dan terpopuler di Indonesia, judul Seven Knights juga pantas menjadi salah satu kandidatnya. Jika beberapa judul sebelumnya merupakan game mobile yang di-porting dari konsol atau PC, maka Seven Knights ini adalah RPG yang murni untuk mobile, dan dikembangkan oleh Netmarble Games.

Seven Knights memadukan kombinasi komando intuitif dengan strategi yang intens. Kamu akan bermain dalam sistem pertempuran turn-based yang menggabungkan beragam efek skill dan counter-skill. Selain itu, kamu juga dapat menentukan bagaimana komposisi anggota tim dan taktik formasi terbaik untuk melawan musuh yang berbeda. Game ini memiliki tiga mode menarik yang dapat dimainkan antara lain Celestial Tower untuk single player, Battle Arena untuk bertarung melawan pemain lain, serta Castle Rush dimana kamu dapat membuat guild dan bersaing menjadi yang paling unggul.

Download Seven Knights: Google Play Store

[page_break no="6" title="Dragon Blaze"]

7 RPG Terbaik Android untuk Temani Liburanmu!

Bagi kamu yang suka main RPG yang juga ingin memanjakan mata dengan grafis yang menawan, Dragon Blaze bisa jadi pilihan utama. Dragon Blaze menyajikan grafis menawan khas Vanillaware seperti Dragon’s Crown dan Odin Sphere, yang menjadi daya tarik utama selain juga elemen story-nya. Seperti game-game buatan Vanillaware pula, Dragon Blaze juga menyajikan gameplay side scrolling 2D, dengan fitur auto battle yang bisa kamu on untuk memudahkanmu saat melalui sebuah pertarungan.

Gameplay-nya sebenarnya simpel, tokoh utamamu akan berperan sebagai leader, dan kamu bisa membawa empat ally untuk membantumu dalam berperang. Terdapat sistem equipment, kamu bisa menggunakan seluruh equip sesuai dengan kelas yang kamu pilih diawal permainan. Tak hanya itu, Ally juga bisa diberi equip, di-enhance, serta di-combine untuk memperkuat mereka. Akan ada mode mission di game petualangan ini, kamu akan menjelajahi Dragon Land, sesuai dengan alur cerita menarik.

Download Dragon Blaze: Google Play Store

[page_break no="7" title="Elsword: Evolution"]

7 RPG Terbaik Android untuk Temani Liburanmu!

Berbeda dengan Grand Chase M, Elsword mobile yang satu ini masih mengusung gameplay orisinalnya, side-scrolling beat-em-up. Permainan akan terbagi menjadi banyak stage, dimana setiap stage-nya akan ada cut-scene yang menceritakan cerita karakter yang kamu pilih sebelumnya. Misi utamamu bisa kamu lihat di tengah atas layar, biasanya misi utamamu adalah menghabisi semua musuh yang muncul di stage tersebut.

Seperti game mobile lainnya, di Elsword mobile ini menyediakan tiga bintang yang bisa kamu peroleh setiap stage-nya, yang menandakan kamu berhasil menyelesaikan stage tersebut dengan sempurna. Sejalan dengan kenaikan level karaktermu, kamu bisa mengembangkan skill mereka. Jika awalnya kamu hanya memiliki satuskill, setelah memasuki level 3, kamu bisa menambah skill ke action slot-mu.

Download Elsword Evolution: Google Play Store

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU