7 Game Simulasi Terbaik Android yang Seru untuk Dimainkan!

game simulasi terbaik android

Ingin memiliki perkebunan dan peternakan, tapi tidak punya lahan dan sedang hidup di kota? Bermimpi menajdi seorang walikota, tapi masih baru tamat SMA? Mainkan dulu game simulasi terbaik Android berikut!

Impian-impian seperti itu pasti pernah ada di benakmu bukan? Nah, sebelum bisa merealisasikan impian tersebut di dunia nyata, kamu bisa kok “berlatih” terlebih dahulu dengan memainkan game-game simulasi yang ada di Android.

Yap, dewasa ini banyak game simulasi dengan berbagai tema menarik di Android, dari yang sekedar bercocok tanam hingga membangun kota. Genre simulasi sendiri menjadi salah satu genre yang cocok diterapkan di mobile. Alasannya, game tersebut bisa dimainkan dikala kita sedang ada waktu senggang, dan progress-nya terus berjalan meskipun kita menutup game dan melanjutkan aktivitas kita. Nah, bingung mencari game simulasi terbaik Android yang seru untuk dimainkan? Berikut rekomendasi game simulasi terbaik Android versi Duniaku!

1

SimCity BuildIt

Game Simulasi Terbaik Android

Penggemar berat SimCity di PC? Kehadiran SimCity BuildIt ini tentu akan memuaskanmu yang tidak bisa setiap saat berada di depan PC. Sama seperti SimCity, dalam BuildIt ini kamu akan diberikan tugas untuk membangun sebuah kota dari nol, dan mengembangkannya hingga menjadi sebuah kota metropolis. Tentu saja, ada banyak masalah yang menghadang selama kamu menjadi “walikota” di game ini, mulai dari permasalahan ledakan penduduk, hambatan dalam pembangunan, hingga anggaran (alias uang) yang kurang.

Meskipun dirilis untuk mobile, namun kamu tetap disuguhi grafis 3D menawan yang bisa menampilkan suasana kotamu dari segala penjuru. Selain itu, kompleksitas permainan juga tidak kalah dibandingkan versi PC-nya. Dijamin, jika kamu bisa membangun sebuah kota metropolis dan mengelolanya dengan baik, kamu nantinya bisa menjadi seorang walikota hebat seperti Tri Rismaharini di Surabaya dan Ridwan Kamil di Bandung. Hehe!

Download: SimCity BuildIt (Google Play Store)

2

HayDay

Game Simulasi Terbaik Android

Meledaknya FarmVille beberapa tahun lalu di Facebook membuat Supercell akhirnya membuat tema yang sama untuk mobile lewat HayDay ini. Hampir sama dengan FarmVille, dalam HayDay kamu dituntut untuk menjalankan sebuah peternakan, pertanian dan perkebunan yang ada. Kamu harus menentukan strategi apa yang harus ditanam, bagaimana cara menjualnya, hingga event saja yang harus diikuti agar melipatgandakan keuntunganmu.

Salah satu fitur menarik yang disajikan HayDay adalah fitur sosialnya yang melimpah. Kamu bisa memasang iklan di Koran untuk menjual hasil bumimu. Dan pemain lain pun bisa membeli barang yang kamu jual itu. Lalu, kamu juga bisa membantu pemain lain untuk menyelesaikan misi mereka, seperti mengisi kapal kargo yang datang, atau membantu mereka dalam membersihkan dan merawat perkebunan. Meskipun usianya sudah lebih dari tiga tahun, namun sampai saat ini HayDay adalah salah satu judul tersukses Supercell selain Clash of Clans dan Clash Royale.

Download: HayDay (Google Play Store)

3

Game Dev Story

game simulasi terbaik Android

Pernah membayangkan bagaimana menjadi seorang developer game? Jika ya, sepertinya kamu wajib untuk mencoba game untuk Android yang berjudul Game Dev Story ini. Dalam game ini, kamu akan berperan sebagai seorang direktur di sebuah perusahaan developer game.

Tujuan utama kamu adalah tentu saja untuk memajukan perusahaan ini dengan cara menciptakan game-game dan bahkan juga konsol yang berkualitas tinggi. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, banyak hal yang bisa kamu lakukan mulai dari merekrut karyawan, memberikan tugas untuk mengembangkan sebuah game, hingga mengikuti konvensi ala TGS.

Download: Game Dev Story (Google Play Store)

4

Fallout Shelter

Game Simulasi Terbaik Android

Untuk menemani perilisan Fallout 4 tahun lalu, Bethesda pun ikut merilis versi mobile-nya dalam wujud Fallout Shelter ini. Berbeda dengan Fallout 4 yang memadukan RPG dengan FPS, Fallout Shelter merupakan sebuah game simulasi dimana kamu dituntut untuk membangun dan mengembangkan pemukimanmu sendiri. Dalam game berjenis simulasi tower building ini, kalian bisa membangun Vault, dimana manusia bisa masuk ke dalam, dan selamat dari kiamat nuklir tanpa cedera. Bukan untuk selamat di luar Wasteland, namun mengendalikan bagaimana manusia hidup di dalam Vault.

Seperti SimCity, kamu akan mengendalikan manusia di dalam Vault, dan harus menjaga mereka agar tetap senang dan produktif. Pendudukmu memiliki statistik sendiri (job title, health, status dll), bakal naik levelnya, memberi mereka item seperti kostum dan senjata baru, yang akan sangat dibutuhkan ketika mereka bertualang di Wasteland, dimana mereka mengumpulkan makanan dan kebutuhan Vault lainnya. Penduduk Vault kalian juga bisa melakukan beragam aktivitas, seperti sekolah, kencan, dan bahkan memproduksi keturunan.  Namun terkadang kehidupan mereka di dalam Vault juga tidak mulus. Kecelakaan seperti kebakaran juga terjadi, atau perampok menyerang ke dalam Vault.

Download: Fallout Shelter (Google Play Store)

5

Don't Get Fired!

game simulasi terbaik android

Apa yang akan kamu lakukan setelah lulus kuliah? Ya, tentunya kamu akan mencari pekerjaan. Untuk mendapatkan pekerjaan dengan jabatan yang tinggi tentu tidak semudah membalikan telapak tangan. Nah, kamu bisa belajar bagaimana mencari kerja agar tidak ditolak melalui game Don’t Get Fired ini!

Ketika kamu mulai game kamu akan melihat sedikit cerita tentang seorang pemuda yang ingin melamar pekerjaan. Jangan khawatir jika ketika mulai permainan ini kamu akan dibuat gagal dalam interview dalam tiga kali berturut-turut. Di perusahaan ke empat akhirnya kamu akan lolos interview untuk pertama kali dan disanalah permainan yang sesungguhnya baru dimulai. Ketika kamu gagal dalam interview kesempatan kamu untuk diterima di perusahaan akan meningkat, jadi kamu harus sedikit bersabar dalam memainkan game ini!

Download: Don’t Get Fired (Google Play Store)

6

Goat Simulator

Game Simulasi Terbaik Android

Ingin tahu bagaimana rasanya menjadi kambing? Goat Simulator ini adalah jawabannya. Terkesan konyol, namun memang kekonyolan tersebutlah yang menjadi nilai jual utama dari game ini. Bahkan bisa dibilang game ini memiliki banyak bug, yang akhirnya “disulap” menjadi salah satu kelebihan sehingga membuat pemain betah memainkannya. Dalam Goat Simulator, kamu akan berperan sebagai kambing untuk melakukan banyak hal. Bisa dibilang, seperti GTA akan tetapi kamu berperan sebagai kambing. Hehe.

Karena kekonyolan jadi tema utama game ini, maka tujuan utama dari game ini hanyalah untuk menghancurkan apapun di sekitarmu. Memang terlihat tidak ada gunanya dan sepertinya kurang menarik, namun ketika kami mencobanya sendiri, ternyata memang benar terbukti kekocakannya, dan tidak henti-hentinya membuat tawa. Penasaran? Langsung saja download game yang awalnya dirilis untuk PC ini!

Download: Goat Simulator (Google Play Store)

7

The Sims Free Play

Game Simulasi Terbaik Android

Jika kamu enggan untuk menjadi kambing atau mengurus peternakan, mungkin simulasi menjadi orang lain bisa jadi pilihan. Nah, bagi penggemar The Sims, kini ada versi mobile-nya juga lewat The Sims Free Play. Game ini akan mengajakmu kembali memerankan seorang Sims dan melakukan banyak kegiatan sehari-hari, mulai dari makan, tidur, mandi hingga bersosialisasi dengan Sims lain. Bukan Cuma itu, kamu juga bisa mendandani Sims-mu dan juga mengkustomisasi rumahmu dengan berbagai item menarik.

Elemen sosial dalam game ini juga menarik, dimana kamu bisa mengunjungi kota milik pemain lain dan berinteraksi dengan pemiliknya. Meskipun tidak menawarkan gameplay yang benar-benar baru dan masih mirip dengan The Sims versi PC, namun game ini tetap menarik bagi para pemain veteran The Sims.

Download: The Sims Free Play (Google Play Store)


SHARE
Previous articleKeren! Game HP Legend of Glory Ini Bisa Saingi Diablo III Gan!
Next articleDalang Kemunculan Black Goku Ini Justru Tampil Kiyut dalam Dragon Ball Fusions!
Gamer. Otaku. Suka film. Suka melakukan hal-hal yang baru.