Wow! Kecepatan Internet Indonesia Sekarang Mampu Mengalahkan Korea dan Jepang!

internet indonesia

Laporan mengejutkan datang dari Akamai, sebuah perusahaan content delivery network asal Amerika Serikat yang beberapa waktu lalu sempat merilis kecepatan internet broadband negara-negara di dunia. Dari rilisan tersebut, internet Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Dalam laporan Akamai yang bertajuk State of The Internet Report untuk kuartal I 2016 ini, Indonesia berada di posisi ketiga di kawasan Asia Pasifik dan dunia dalam katagori Average Peak Connection Speed atau kecepatan puncak internet rata-rata. Disebutkan bahwa Average Peak Connection Speed Indonesia berada ditingkatan 110,2 Mbps. Artinya Indonesia hanya kalah oleh negara Singapura dan Hongkong.

internet indonesia

Namun dengan tingkat kecepatan seperti ini, ternyata Indonesia sudah menggungguli negara-negara maju yang terkenal memiliki tingkat kecepatan internet tinggi seperti Korea Selatan dan Jepang. Average Peak Connection Speed Korea Selatan berada satu tingkat dibawah Indonesia dengan kecepatan 103,6 Mbps dan Jepang berada di urutan kelima lewat kecepatan 84,6 Mbps.

Akamai selaku perusahaan content delivery network asal Amerika Serikat mengakui jika pertumbuhan Internet Indonesia mengalami peningkatan yang sangat signifikan. “Di kuartal pertama tahun ini, Indonesia dan Korea Selatan bergabung dengan pemimpin global Singapura dan Hong Kong sebagai empat negara di dunia dengan kecepatan puncak internet rata rata di atas 100 Mbps,” tulis Akamai.

Disebutkan Indonesia mengalami pertumbuhan kecepatan puncak internet rata-rata sebesar 533% dibandingkan tahun sebelumnya. Namun sayang hal ini tak diimbangi dengan kecepatan rata-rata internet Indonesia yang masih sangat buruk.

Dengan hanya memiliki kecepatan internet rata-rata 4,5 Mbps menempatakan Indonesia di urutan 94 dunia. Jika membandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya, bisa dikatakan kecepatan internet rata-rata Indonesia sudah tertinggal jauh. Malaysia sendiri memiliki kecepatan internet rata-rata 6,4 Mbps. Bahkan Vietnam yang perekonomiannya masih kalah dari Indonesia memiliki kecepatan internet rata-rata 5,0 Mbps.

kecepatan rata-rata

Untuk urusan kecepatan internet rata-rata, negara-negara Asia Timur masih mendominasi rangking atas. Korea Selatan menempati posisi pertama dengan kecepatan internet rata-rata 29,0 Mbps, disusul Hongkong dengan 19,9 Mbps, lalu Jepang dengan kecepatan internet rata-rata 18,2 Mbps.

Terlepas dari kecepatan rata-rata internet Indonesia yang masih rendah, pemerintah Indonesia khususnya Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara patut berbangga jika melihat katagori Average Peak Connection Speed yang dirilis Akamai tersebut. Karena itu artinya, upayanya untuk mendorong pembangunan infrastruktur broadband mulai membuahkan hasil. Namun dirinya tak mau terlena dengan statistik tersebut. “Alhamdulillah, perubahannya paling signifikan untuk Q1. Namun pekerjaan rumah kita masih banyak. Kita tidak boleh lengah,” ujar Rudiantara kepada Detik.net.

Rudiantara pun mencangkan internet Indonesia sebagai yang tercepat di kawasan ASEAN nanti. “Target kita di 2019 menjadi nomor dua di ASEAN secara negara, layanan broadband di Jakarta tidak jauh berbeda dengan Singapura dan di atas ibu kota negara-negara ASEAN lainya. Nanti, Jakarta akan 11-12 dengan Singapura,” ucapnya tegas.


SHARE
Previous articleHadiah The International 2016 menyentuh Rp195 milyar!
Next articleNintendo Blokir Pokemon GO di Indonesia?
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca