Nintendo Blokir Pokemon GO di Indonesia?

Nintendo blokir Pokemon Go

Seperti yang kita ketahui bersama, terhitung 6 Juli 2016 kemarin, Nintendo resmi meluncurkan Pokemon GO di beberapa negara, termasuk Amerika Serikat, Australia, dan New Zealand. Hal ini tentu membuat penggemar Pokemon gembira, apalagi game yang ditampilkan ternyata tidak mengecewakan dan sesuai dengan ekspetasi. Namun beredar kabar bahwa Nintendo akan blokir Indonesia selamanya dari Pokemon GO, benarkah?

Khusus pengguna Android, kalian sudah bisa mengunduh Pokémon GO APK-nya melalui tautan dari kami berikut ini. Langsung saja install, dan mainkan. Pokémon GO APK berukuran 58 MB tersebut (110 MB untuk iOS, dan membutuhkan iPhone, iPad atau iPod touch minimal dengan OS 8) tidak membutuhkan tambahan data untuk memainkannya.

Fenomenal dan Cepat Tersebar

Saking fenomenalnya, versi APK dari game ini tersebar lewat berbagai forum dan media hanya dalam waktu beberapa jam setelah peluncurannya di Australia dan New Zealand, yang kemudian di-unduh tidak hanya oleh penggemar Pokemon, tetapi juga mereka yang penasaran dengan besarnya hype dari game ini. Jumlah download APK pun meledak secara drastis khsusnya di negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia, Filipina, dan Malaysia.

Pokemon-GO-APK-MOD-1

Satu hari setelahnya, tepatnya hari ini, 7 Juli 2016, beredar kabar mengejutkan: Filipina diblokir oleh Nintento sehingga tidak bisa memainkan Pokemon GO. Map Pokemon GO yang tadinya dipenuhi oleh berbagai pokemon tiba-tiba kosong. Beberapa bahkan sama sekali tidak bisa mengakses game ini. Konon, blokir ini tetap berjalan bahkan setelah Pokemon GO resmi dirilis di wilayah tersebut, alias blokir selamanya.

Segera saja kabar ini merebak ke komunitas-komunitas Pokemon GO diseluruh dunia. Muncul anjuran-anjuran yang mendorong untuk meng-uninstall APK Pokemon GO! agar Nintendo tidak “menghukum” Indonesia seperti mereka menghukum Filipina. Di Indonesia sendiri mulai muncul keluhan-keluhan yang mirip gejala di Filipina, seperti tidak bisa mengakses GPS dan lainnya.

Apakah ini berarti Indonesia akan diblokir selamanya dari Pokemon GO? Menemui isu-isu ini, kami kemudian mencari tahu apa yang menyebabkan Nintendo memblokir Filipina dan mengapa muncul laporan bahwa beberapa pengguna di Indonesia tidak bisa mengakses game ini.

Alasan Nintendo Blokir Pokemon GO di Filipina

Ternyata jawabannya berasal dari ketidaksiapan server Nintendo untuk menghadapi trafik besar. Hal ini terjadi sebab Nintendo memang hanya mempersiapkan server yang mampu menampung trafik dari negara tempat Pokemon GO dirilis hinga 7 Juli kemarin, yaitu Amerika Utara, Australia, dan New Zealand.

Akibatnya, ketika trafik besar datang dari Filipina, server mengalami pengurangan performa sehingga mereka memblokir sementara akses dari negara tersebut dengan cara menghilangkan Pokemon di peta. Langkah pemblokiran ini kemudian dilanjutkan dengan memblokir negara-negara lain di seluruh dunia termasuk Indonesia. Kita tidak akan bisa merasakan fitur penuh dari Pokemon GO! hingga game ini secara resmi dirilis di Indonesia.

Pokemon-GO-APK-MOD-2

Lalu bagaimana dengan mereka yang sama sekali tidak bisa mengakses Pokemon GO! dari hapenya di Indonesia? Kami menemukan bahwa ini disebabkan Pokemon GO belum kompatibel dengan prosesor smartphone berbasis Intel. Prosesor ini sendiri banyak digunakan oleh smartphone yang beredar di Indonesia. Di artikel berikutnya kami akan membahas lebih dalam mengenai ini. Untuk sementara, bila kamu tidak bisa mengakses game ini, kamu bisa mengecek prosesor apa yang digunakan di smartphone kamu.

Terus terang, kami sangsi bila Nintendo akan selamanya memblokir negara yang banyak men-download APK tidak resmi. Alasannya sederhana: Pokemon GO! bukanlah game populer pertama yang APK-nya tersebar sebelum jadwal launching resminya. Contoh paling terbaru adalah Clash Royale yang kini menjadi salah satu game paling populer di Play Store.

Download Pokémon GO APK di Sini, Game Android Terbaik 2016 Sudah Dirilis!

Download Pokémon GO APK di Sini, Game Android Terbaik 2016 Sudah Dirilis! Pokémon GO APK MOD, Pokémon GO APK Download, guide Pokémon GO guide
Baca Juga

Selain itu, mereka yang mengunduh game sebelum game tersebut di launching kemungkinan besar sudah menunggu-nunggu game ini. Bagi Nintendo, jumlah download ilegal dapat menjadi indikator yang kuat untuk menunjukkan seberapa besar kemungkinan mereka sukses dan populer di negara tersebut.

Misalnya, bila mereka dapat menghitung ada 100.000 orang yang mengakses server secara ilegal dari Indonesia, mereka tentunya bisa yakin bahwa game ini akan mendapatkan setidaknya 100.000 download di Indonesia. Tentu merupakan sebuah kesalahan besar bila Nintendo meninggalkan dan memblokir negara-negara yang penduduknya justru menunggu-nunggu kehadiran game mereka.

Karena itu, jika sudah tak sabar ingin melihat bagaimana game ini bekerja (walau bukan dalam full version), kamu dapat mengunduh game Pokemon GO! yang link-nya dapat kamu temukan di halaman berikut, tanpa perlu merasa khawatir Indonesia akan diblokir!


SHARE
Previous articleWow! Kecepatan Internet Indonesia Sekarang Mampu Mengalahkan Korea dan Jepang!
Next articlePasca Civil War II, Pengganti Iron Man adalah.. Anak 15 Tahun!
Tertarik dengan dunia game sejak kecil. Baginya, game tidak hanya sekedar hiburan, tetapi juga sarana untuk belajar dan refleksi diri. Game yang ia senangi antara lain Grand Theft Auto V, seri Europa Universalis, seri Crusader King, dan seri Romance of the Three Kingdoms.