Ambisi yang Terbesar, Kini TGS 2016 Didukung Partner Resmi Idol Group Wa Suta

Tokyo Game Show 2016

Tokyo Game Show 2016, Virtual Reality Adalah Masa Depan Dunia Game!

Dengan makin merebaknya tren virtual reality, dan menjamurnya kacamata VR untuk perangkat mobile, tidak heran jika TGS tahun ini memilih VR sebagai tema utamanya.
Baca Juga

Setelah Juni 2016 lalu kita mendapatkan satu perhelatan besar dunia game, yaitu Electronic Entertainment Expo 2016, tidak lama lagi kita juga tidak bisa melewatkan Tokyo Game Show (TGS) yang digelar tiap tahun di Jepang. Seperti yang sudah kami ungkapkan sebelumnya, salah satu pameran game terbesar di dunia, Tokyo Game Show siap kembali digelar tahun 2016 ini, dan tema utamanya adalah teknologi virtual reality. Kemudian untuk kelima kalinya juga dalam 5 tahun terakhir, Duniaku.net bakal menjadi salah satu media partner resmi TGS 2016.

Sebagai salah satu barometer industri game di Asia dan dunia, Tokyo Game Show (TGS) memang selalu dituntut untuk terus berkembang menyesuaikan dengan tren industri game yang ada sekarang. Salah satunya adalah melalui tema yang disematkan di perhelatan setiap tahunnya. Tema dalam TGS bukan hanya sekedar kata-kata, namun benar-benar diimplementasikan dalam pameran selama empat hari tersebut.

Begitu pula untuk tahun ini. Pihak penyelenggaranya, Computer Entertainment Suppliers Association atau yang disingkat dengan CESA sebelumnya sudah memberikan beberapa detail pertama mengenai TGS 2016 yang menurut rencana akan digulirkan pada tanggal 15 hingga 18 September 2016 mendatang di Makuhari Messe, Chiba. Mereka memastikan tema untuk tahun ini adalah “Press Start to Play the Future,” dengan fokus utamanya teknologi virtual reality.

Year on Local Games
Indonesian Game Studios dalam Tokyo Game Show 2013 lalu

3 Cara Hemat Agar Kamu Bisa Liburan ke Jepang dan Menghadiri Tokyo Game Show 2016

Ingin pergi ke Jepang dan mengunjungi Tokyo Game Show 2016 (TGS 2016) dengan hemat atau gratis? Inilah tip-tip supaya kamu bisa ke sana!
Baca Juga

Kemarin CESA kembali mengabarkan jika per 1 Juli 2016 lalu, sudah terdaftar 301 peserta untuk Tokyo Game Show 2016, dan itu diklaim menjadi yang terbanyak dalam sejarah TGS, jika dihitung pada periode yang sama. Tahun lalu, baru 242 peserta yang mendaftar untuk TGS 2015 pada 1 Juli 2015, dengan total 480 peserta. Jumlah 301 peserta tersebut belum terrmasuk dengan lebih dari 200 peserta perusahaan yang bakal mendaftarkan diri untuk masuk ke Indie Games Area dan juga peserta dari luar Jepang. Negara yang sudah dipastikan masuk daftar peserta TGS 2016 ini antara lain dari Irlandia, Uni Emirat Arab, Israel, Indonesia, Inggris Raya, Belanda, Kanada, Korea Selatan, Singapura, Spanyol, Taiwan, China, Chili, Jerman, Finlandia, Brazil, Amerika Serikat, Vietnam, Polandia, Hong Kong, Macau, dan Malaysi.

Di sisi lain, CESA juga mulai membuka penjualan awal tiket untuk Public Day menjadi mulai hari ini, 10 Juli 2016. “Advanced Purchase” tiket Public Day ini dihargai 1,000 yen, atau sekitar Rp130 ribuan. Selain tiket standar, juga tersedia “TGS2016 Supporter’s Club Tickets” yang harganya 3,000 yen, atau sekitar Rp400 ribuan, dengan berbagai keuntungan, seperti akses yang lebih mudah mulai pagi hari tanpa perlu antri, t-shirt Custom TGS2016 Supporter’s Club, dan original pin badge. Tiket Supporter’s Club tersebut paling cepat habisnya, dan hanya dijual mulai hari ini, serta sesi keduanya pada 16 Juli nanti. Sedangkan tiket untuk Business Day akan dijual awal mulai akhir Juli 2016 nanti.

TGS 2016
M.S.S Project

Awas Gaptek! Kenali Dulu Perkembangan Teknologi Virtual Reality dalam Platform Game Mobile

Virtual reality menawarkan pengalaman baru, tanpa perlu platform game di-upgrade spesifikasinya. Seperti apa perkembangan virtual reality dan penerapan terkini teknologi tersebut? Masuk ke dalam untuk mengetahuinya!
Baca Juga

Kemudian CESA juga sudah menentukan siapa saja yang menjadi pendukung resmi Tokyo Game Show 2016 ini. Komentator game serta unit produksi musik “M.S.S Project” dan idol group “Wa Suta” terpilih menjadi pendukung resmi TGS 2016. Mereka berdua menjadi dua “Official Supporters” pertama dalam sejarah TGS. Tugas mereka adalah mepromosikan event ini dalam rangka perayaan 20 tahun Tokyo Game Show. Mulai Juli 20176 ini, mereka bakal makin sering muncul mempromosikan acara ini melalui “TGS2016 Official Video Channel” melalui layanan video niconico, yang sesi pertamanya telah ditayangkan 6 Juli 2016 lalu. Mereka juka akan muncul selama event di Makuhari Messe.

TGS 2016
Wa Suta

Tema dan visual utama TGS selalu menggambarkan apa yang akan banyak kalian temui ketika datang ke event ini. Seperti tahun lalu, artwork untuk visual utama TGS menggambarkan keyword “freedom,” yang mengekspresikan ide terbang dan melayang, sejalan dengan tema “Let’s play games with more freedom.” Kebebasan untuk bermain game di konsol, mobile, tablet atau PC. Khusus untuk mobile, yang memang sejak beberapa tahun belakangan perkembangannya begitu masif di Jepang, bahkan melebihi konsol, tahun ini menjadi makin luas cakupannya berkat dipopulerkannya kembali virtual reality. Meskipun di negara kita masih belum begitu luas penetrasinya, namun fitur virtual reality melalui smartphone melalui kacamata VR sudah cukup jamak ditemui di luar negeri.

Oculus-Rift-4

Di luar ranah mobile, khususnya konsol dan PC, virtual reality dianggap mampu menawarkan pengalaman baru (sekaligus mewakili juga maksud kalimat “changing significantly the value of entertainment” yang diungkapkan CESA sebelumnya), tanpa perlu platform game di-upgrade spesifikasinya. Karena itulah virtual reality juga telah dianggap sebagai salah satu “the next big thing” di tengah industri video game dunia. Dan ya, kita tidak mungkin melewatkan yang satu ini, PlayStation VR.

Siap Main Game Secara Virtual Reality? PlayStation VR Mulai Dijual 13 Oktober

Teknologi virtual reality yang lagi ngetren akhir-akhir ini bisa dinikmati oleh pengguna PlayStation 4 secara khusus melalui PlayStation VR!
Baca Juga

Headset virtual reality dari Sony Interactive Entertainment tersebut sudah dipastikan selama E3 2016 kemarin bakal dirilis 13 Oktober 2016 nanti, atau tak kurang satu bulan sejak TGS 2016 berlangsung. Tidak heran jika pihak penyelenggara memanfaatkan kesempatan ini untuk ikut menyemarakkan hype menyambut perangkat pendukung PlayStation 4 tersebut. Apalagi selama TGS 2015, respon publik atas PlayStation VR begitu besar. Apakah Sony akan kembali mendominasi TGS 2016 ini seperti tahun lalu, dan juga, selama E3 2016? Tunggu laporan langsung event ini hanya melalui Duniaku.net.

PlayStation-VR-E3-2016

Sekadar informasi, jumlah pengunjung TGS 2014 menurun dibandingkan tahun 2013, yang masih menduduki rekor tertinggi. Total selama empat hari, TGS 2014 mencatat jumlah pengunjung 251.000 orang atau turun dibandingkan jumlah pengunjung di tahun 2013 yang mencapai 270.197 orang. Sedangkan untuk TGS 2015, mencatatkan jumlah yang juga luar biasa meskipun tidak bisa memecahkan rekor jumlah pengunjung terbanyak yang dicatatkan selama TGS 2013 lalu. Total selama empat hari penyelenggaraan TGS 2015, terdapat 268.446 pengunjung yang hadir.

Dengan tema virtual reality yang lebih menarik ini, kita harap bisa melihat lebih banyak aspek lagi yang akan hadir, makin banyak kacamata VR didemokan, atau mungkin, bakal ada lagi game PlayStation VR yang lebih berbahaya dibandingkan Summer Lesson?


SHARE
Previous articleTernyata “Ninja Hattori” dan “Gaara” Ikutan Bertarung dalam KOF XIV!
Next articleFinal Fantasy VII Android Dirilis, Bisa Dimainkan di ZenFone dengan CPU Intel!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.