Pecundangi Prancis di Kandangnya, Portugal Juara Piala Eropa 2016!

portugal juara piala eropa
Membalikkan prediksi banyak orang, akhirnya Portugal juara Piala Eropa 2016!

Pepatah bola itu bundar sepertinya bukan hanya isapan jempol belaka. Istilah tidak ada yang tidak mungkin dalam sepakbola dibuktikan secara nyata oleh timnas Portugal. Secara mengejutkan Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan mampu mempecundangi tuan rumah Prancis di stadion Stade de France dengan skor 1-0, sekaligus mengantarkan Portugal juara Piala Eropa 2016 untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

Bisa dibilang pada turnamen Piala Eropa kali ini, Portugal bukanlah tim yang dijagokan untuk merengkuh gelar juara. Dilihat dari skuat yang dibawa oleh pelatih Fernando Santos ke Prancis, hanya sedikit nama bintang yang menghiasi jajaran timnas yang dijuluki Selecção das Quinas tersebut. Nama-nama tenar seperti Cristiano Ronaldo, Luis Nani, Pepe dan Ricardo Quaresma hanya didampingi oleh pemain minim pengalaman internasional semisal Jose Fonte, Cedrid ataupun Renato Sanches.

Dengan skuat yang ala kadarnya tersebut, tak heran Portugal harus terseok-seok di babak penyisihan grup. Dalam tiga pertandingan di fase grup, Portugal hanya mendapatkan hasil tiga kali seri melawan tim-tim kecil seperti Islandia, Hungaria dan Austria. Beruntung Portugal berhasil lolos ke babak selanjutnya sebagai peringkat tiga terbaik.

Kumpulan Bidadari-Bidadari Cantik di Piala Eropa 2016

Bidadari negara mana yang jadi favoritmu?
Baca Juga

Berbanding terbalik dengan apa yang terjadi dengan tuan rumah Prancis. Dimitri Payet dan kawan-kawan mampu melibas lawan-lawannya dan menduduki peringkat pertama di fase grup. Kecuali berhadapan dengan Jerman, Perjalanan Prancis menuju pertandingan puncak pun berjalan sangat mulus. Maka tidak heran di partai final Prancis sangat dijagokan untuk mengalahkan Portugal.

Peluang Prancis untuk mengangkat Piala Eropa di kandang sendiri semakin besar ketika pemain kunci Portugal, Cristiano Ronaldo, harus di tandu ke luar lapangan pada menit 25. Tanpa diperkuat sang mega bintangnya, Portugal tak mampu mengimbangi kedigdayaan pasukan Les Blues dalam membuat peluang. Beruntung kiper Portugal, Rui Patrico bermain gemilang untuk mematahkan serangan-serangan yang dibuat Paul Pogba dan kawan-kawan. Skor kacamata selama 90 menit memaksa kedua kesebelasan melanjutkan pertandingan melalui perpanjangan waktu.

portugal juara 1Di fase inilah, keajaiban mulai berpihak pada Portugal. Setelah menerima serangan bertubi-tubi, akhirnya Portugal mampu melakukan serangan balik cepat yang hasilnya sebuah gol indah yang diciptakan oleh Eder pada menit 109. Tendangan keras yang dilesakan dari luar kotak penalti, tak mampu diantisipasi dengan baik oleh Hugo Lloris. Hingga laga usai, Portugal mampu mempertahankan kedudukan tersebut. Dengan demikian secara resmi Portugal juara Piala Eropa 2016.

Gelar ini merupakan gelar juara pertama Portugal sepanjang keikutsertaannya dalam ajang Piala Eropa. Pencapaian terbaik Portugal sebelumnya hanyalah peringkat kedua pada Piala Eropa 2004 yang dihelat dikandangnya sendiri. Di sisi lain, Prancis gagal meneruskan tradisi juara ketika mencapai babak final. Sebelumnya Prancis mampu meraih gelar juara Piala Eropa pada tahun 1984 dan 2000.


SHARE
Previous article10 Tips Rahasia Pokemon GO yang Mungkin Belum Kamu Tahu!
Next articleAkhirnya, Ini Bukti Nyata Jika Anime Naruto Shippuden Bakal Segera TAMAT!
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca