Ga Bisa Main Secara Legal, Cina Pun Bikin Game Mirip Pokemon GO!

game mirip pokemon GO

Perkenalkan City Elves GO, game mirip Pokemon GO yang dibuat Cina!

Entah harus disebut kreatif, atau justru ingin mendompleng popularitas. Di saat Pokemon GO tidak bisa dimainkan di banyak negara, Cina justru menyikapinya dengan cara yang berbeda. Jika di negara-negara lain mungkin masih berusaha men-download Pokemon GO APK untuk bermain, Cina justru membuat game mirip Pokemon GO yang disebut dengan City Elves GO!

Bermain Pokemon GO di Cina sangatlah susah. Meskipun kamu sudah men-download APK Pokemon GO (atau menggunakan cara lain untuk versi iOS-nya), namun kamu tidak akan semerta-merta bisa memainkannya seperti saat kamu di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan Niantic sudah memblokir sebagian besar perangkat GPS di Cina. Meskipun dilaporkan sempat ada beberapa gamer yang bisa memainkan game ini menggunakan berbagai cara, mulai dari menggunakan VPN hingga mengakali GPS agar lepas dari blokir.

Jika kamu memiliki Apple ID region Cina, cobalah untuk search Pokemon GO di iTunes App Store. Bukan Pokemon GO buatan Niantic yang akan muncul di peringkat pertama pencarian, melainkan sebuah game mirip Pokemon GO berjudul City Elves GO. Karena muncul di peringkat pertama saat pencarian Pokemon GO, maka tidak mengherankan jika City Elves GO ini tiba-tiba meroket ke peringkat satu daftar game populer di iOS Cina saat dunia terkena demam game ini.

game mirip pokemon GO

Sama seperti Pokemon GO, City Elves GO menggunakan gameplay berbasis lokasi. Kamu harus mengunjungi tempat-tempat tertentu yang tertera di peta untuk menangkap Pokemon -eh monster dalam City Elves GO. Namun bedanya, game mirip Pokemon GO ini tidak menyediakan fitur augmented reality seperti halnya Pokemon GO. Semua lokasi dunia nyata digambar ulang dan dipadu dengan art monster-monster yang bisa kamu tangkap. Tapi tetap kamu harus datang ke lokasi aslinya untuk menangkap monster tersebut.

Satu hal lagi yang membuat game ini sangat populer di Cina (sehingga membuat banyak pemain yang awalnya mencari Pokemon GO tertarik untuk men-download-nya) adalah ikon aplikasinya. Yap, jika kamu lihat ikon aplikasi dari City Elves GO adalah seekor monster berwarna kuning, yang sekilas mirip dengan Pikachu..

game mirip pokemon GO

Seperti dikutip dari Quartz, developer sendiri mengaku tidak terinspirasi apapun dengan Pokemon GO saat mengembangkan game ini, atau ingin mendompleng popularitasnya. Namun mereka mengakui, bahwa untuk mengembangkan game ini mereka menggandeng seorang desainer monster yang memang merupakan penggemar berat Pokemon. Dengan masih diberlakukannya blokir untuk sebagian besar GPS di Cina, tentu kecil harapan Pokemon GO bisa dinikmati oleh gamer Cina dalam waktu dekat. Jadi, sepertinya popularitas City Elves GO akan terus meroket dan bertahan cukup lama sebagai alternatifnya.

Cara Main Pokemon GO yang Hemat Baterai!

Baterai boros saat berburu Pokemon? Ikuti panduan dari Duniaku berikut ini!
Baca Juga

Oiya, jangan lupa juga untuk bergabung dan berbagi bersama para trainer Pokemon lain dari seluruh Indonesia di grup Facebook Pokemon GO Indonesia untuk saling berbagi tips dan pengalaman bermain Pokemon GO ya!

Sumber: Quartz/Kotaku


SHARE
Previous articleFenomenal, Meme Pokemon GO pun Bermunculan Meriahkan Pokemon GO
Next articleTernyata Gildo Tesoro Lemah! Nami dan Robin Terlihat Menghajarnya di Sini!
Gamer. Otaku. Suka film. Suka melakukan hal-hal yang baru.