Resmi, Hari Game Indonesia Telah Ditetapkan Tanggalnya!

 

Hari Game Indonesia - Logo

Sebuah kabar gembira untuk para gamer dan juga pelaku industri game di Indonesia. Baru-baru ini pemerintah dan AGI (Asosiasi Game Indonesia) telah menetapkan 8 Agustus sebagai Hari Game Indonesia.

Hari Game Indonesia sebenarnya sudah menjadi perbincangan di kalangan pemerintah dan AGI sejak beberapa waktu lalu, dan akhirnya secara resmi hari ini diumumkan. Peringatan Hari Game Indonesia pertama akan dilaksanakan pada 8 Agustus 2016, yang akan hardir dalam kurang dari 3 minggu lagi.

Selain AGI, pihak-pihak yang turut mendukung dan memprakarsai peringatan ini adalah Kemkominfo, Kemenperin, Bekraf, dan juga Google Play. Hari Game Indonesia sendiri sebelumnya juga pernah disebutkan oleh Menkominfo Rudiantara di bulan Ramadan yang lalu bahwa peringatan tersebut akan diadakan oleh pemerintah untuk mendukung perkembangan komunitas dan industri game di Indonesia. Pada kesempatan yang sama, beliau juga menyampaikan tentang akan diresmikannya sistem rating game Indonesia (IGRS) tak lama lagi. Apakah mungkin sistem rating tersebut akan diresmikan juga pada 8 Agustus nanti? Kita tunggu saja.

duniaku-FGDSistemrating-5
Andi Suryanto (tengah), Ketua AGI

Belum diketahui peringatan atau acara seperti apa yang akan diadakan pada 8 Agustus 2016 nanti, akan tetapi sepertinya akan melibatkan pihak Google Play yang juga termasuk dalam jajaran pendukung acara ini. Dengan persiapan yang cukup mepet, bisa jadi Hari Game Indonesia tidak akan diadakan secara offline di suatu tempat, melainkan secara online dengan menggunakan sistem yang ada di Google Play.

Situs resminya sendiri sudah bisa kamu kunjungi di harigameindonesia.com. Bagi developer yang ingin ikut berpartisipasi, kamu bisa melakukannya dengan mengeklik tombol “Join Now” dan kamu akan diarahkan menuju alamat email panitia yang bisa dihubungi. Kamu juga bisa mendukung peringatan ini dengan cara memasang Twibbon Hari Game Indonesia dengan mengeklik tombol “Support Us” di laman situs tersebut. Atau kamu juga bisa langsung saja klik tautan yang kami sediakan.

Diadakannya Hari Game Indonesia tentu menjadi sebuah pengakuan tersendiri dari pemerintah atas eksistensi dan perkembangan komunitas serta industri game Indonesia. Dengan ini, semoga Indonesia dapat bergerak bersama menuju ekosistem game yang lebih baik lagi.