5 Pembuat Game Terkaya di Dunia Saat Ini

william ding 1

Semenjak dirilis resmi 6 Juli lalu, popularitas game Pokemon GO tiap hari semakin meningkat. Bahkan rasanya hampir semua orang tak ketinggalan untuk ikut ke dalam demam game buatan Nintendo tersebut. Tentunya kehebohan Pokemon GO, tak lantas meledak begitu saja. Bisa dibilang ini merupakan buah kerja keras dari tangan dingin seorang John Hanke, sosok jenius di balik pembuatan Pokemon GO. Namanya pun  semakin melambung tinggi ketika Pokemon GO mampu memecahkan rekor sebagai game yang paling banyang diunduh dalam seminggu. Tercatat Pokemon GO telah diunduh sebanyak 10 juta kali dalam rentang waktu tersebut. Lewat pundi-pundi uang yang dihasilkan dari Pokemon GO, tak heran membuat John Hanke sebagai salah satu pembuat game terkaya di dunia saat ini.

Mengenal John Hanke, Sosok Jenius di Balik Kesuksesan Pokemon GO

Nah bagi kamu yang penasaran terhadap sosok John Hanke pembuat Pokemon, berikut Duniaku berikan beberapa fakta menarik mengenai dirinya.
Baca Juga
Namun John Hanke bukanlah satu-satunya orang yang memanfaatkan industri pembuatan game sebagai lahan mengeruk kekayaan. Berikut telah Duniaku rangkum nama-nama pembuat game terkaya di dunia saat ini menurut majalah Forbes.

1

Ma Huateng


ma huateng

Pria yang lahir di Guangdong, Cina, merupakan salah satu pengusaha sukses dalam bisnis internet. Ma Huateng merupakan pelopor dan CEO dari perusahaan teknologi Tencent. Namanya semakin banyak dikenal ketika mengakusisi 84% saham Supercell yang notabene merupakan pembuat game sukses Clash of Clans dan Clash Royale. Ma Huateng juga sempat menduduki peringkat keempat sebagai orang terkaya di Cina pada tahun 2013 dengan kekayaan bersih sebesar US$ 6,8 miliar.


2

William Ding


william ding

William Ding atau Ding Ling merupakan salah satu orang terkaya di Cina berkat kesuksesannya menjalankan bisnis di bidang game online. Lewat perusahannya yang bernama NetEase, kekayaan Ding mencapai angka US$ 11,5 miliar atau Rp149 triliun. Beberapa game yang telah diciptakannya antara lain Hearthstone dan World of Warcraft China.


3

Zhang Zhidong


zhang zhidong

Zhang Zhidong merupakan salah satu pelopor dari terbentuknya Tencent, perusahaan game terbesar di Cina. Lonjakan saham Tencent yang terjadi belakangan ini membuat kekayaan Zhang Zhidong meroket mencapai US$ 4,8 miliar. Ini tak terlepas karena Zhang merupakan pemegang saham terbesar kedua di Tencent Holdings.


4

Shi Yuzhu


shi yuzhu

Lewat perusahaan yang bernama Giant Interactive, Shi Yuzhu menciptakan game berjudul MMO ZT Online yang mungkin kurang familiar di telinga kamu. Namun game ini mendapat banyak peminat di negaranya sendiri, China. Berkat bergelut di bidang ini, Shi Yuzhu mampu meraup kekayaan sebesar sebesar US$ 5,4 miliar atau Rp 70,1 triliun dari game yang dihasilkannya.


5

Kwon Hyuk-Bin


pembuat game terkaya

Kwon Hyuk-Bin mendirikan perusahaan Smilegate dan menciptakan game Crossfire pada tahun 2007. Jika orang Indonesia lebih familiar dengan game Point Blank atau Counter Strike, di Korea Selatan yang terkenal adalah game CrossFire buatan Kwon Hyuk-Bin. Bahkan pada tahun pertama perilisannya, game ini telah dimainkan oleh kurang lebih 50 juta pengguna di Korea Selatan dan Jepang. Popularitas game ini pun semakin besar setelah masuk ke negara China dan bekerja sama dengan perusahaan game Tencent. Aset kekayaan Kwon Hyuk-Bin saat ini mencapai US$ 4,9 miliar atau Rp63,6 triliun.

Tentunya kelima pembuat game terkaya itu membuktikan bahwa bisnis di bidang internet dan game merupakan bisnis yang cukup menjanjikan. Apalagi dengan semakin majunya teknologi saat ini, bukan tak mungkin akan semakin banyak orang-orang yang mampu meraup kesempatan di bisnis ini.


SHARE
Previous articleJadi, Kapan One Piece Tamat? Ini Bocoran dari Sang Mangaka, Eiichiro Oda!
Next articleTernyata Inilah Pokemon Terlemah di Pokemon GO!
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca