Pendiri KickassTorrents Ditangkap di Polandia!

Kickass Torrent - Pemilik Ditangkap

Pendiri KickassTorrents ditangkap di Polandia. Jelas, tampaknya ini akan mempengaruhi situsnya, yang kini merupakan penyedia torrent terpopuler di dunia!

Seperti disampaikan oleh TorrentFreak pemerintah Amerika telah resmi menangkap diduga pendiri KickassTorrents, Artem Vaulin. Walau Vaulin bahkan tidak berada di tanah Amerika, rupanya pihak federal negeri Paman Sam itu pun masih bisa menjangkaunya.

Vaulin dijerat atas tuduhan pelanggaran hak cipta dan juga pencucian uang. Menanggapi penangkapan ini, Departemen Kehakiman Amerika Serikat menyampaikan press release resmi. Dalam pernyataan tersebut, Departemen Kehakiman AS juga menegaskan akan menindak serius pelaku pelanggaran hak cipta.

Vaulin dapat ditemukan setelah pihak federal Amerika berpura-pura menjadi pengiklan untuk KickassTorrents. Setelah penyelidik memastikan IP address yang digunakan untuk transaksi iTunes cocok dengan IP address akun yang login ke akun Facebook Kickass Torrents, pihak Apple pun menyerahkan semua informasi mengenai Vaulin. Sekarang, pihak Amerika Serikat telah mengajukan permohonan ekstradisi ke pemerintah Polandia.

Selain penangkapan Vaulin, seluruh akun bank dan nama domain yang berhubungan dengan KickassTorrents juga akan disita.

Situs utama KickassTorrents ikut tumbang hari ini. Namun di saat artikel ini ditulis, beberapa proxy KAT masih bisa diakses dan digunakan. Masih tanda tanya apakah pada akhirnya situs ini akan sebandel Pirate Bay. 

Kickass Torrent - Banned

Melihat pendiri KickassTorrents ditangkap di Polandia, lalu mengingat kembali penangkapan trio pendiri Pirate Bay di Thailand, Swedia, dan Kamboja, sepertinya memang tidak ada negara yang aman dari jangkauan petugas Amerika. Terutama bila hal yang dibajak merupakan properti-properti dari negara tersebut.

Berbagai media mencoba menghubungi pihak KickassTorrents untuk menanggapi kabar mengejutkan ini. Namun sejauh ini, pihak KickassTorrents masih tak bisa dihubungi baik melalui situs maupun media sosial.

KickassTorrents pertama aktif di tahun 2008. Sejak saat itu, situs ini terus berkembang. Awalnya dianggap sebagai pilihan alternatif untuk Pirate Bay, KickassTorrents justru menjelma menjadi lebih besar dan sekarang bisa disebut sebagai situs torrent nomor satu di dunia. Situs ini juga tampaknya menjadi salah satu andalan pengguna internet di seluruh dunia, termasuk Indonesia, untuk memperoleh film, serial TV, hingga musik terbaru. Termasuk yang masih tayang di bioskop.

Menurut Alexa, Kat.cr yang merupakan salah satu domain utama KickassTorrents merupakan situs terpopuler ke-70 di dunia. KickassTorrents juga diperhitungkan bisa memperoleh untung hingga 54 juta dolar, sebagian besar dari iklan yang tampil di situsnya.

Melihat diduga pendiri KickassTorrents ditangkap, lalu mengingat yang sebelumnya terjadi ke Pirate Bay dan Megaupload, pemerintah Amerika tidak pernah tanggung-tanggung untuk memburu dan menangani situs sejenis. Tampaknya situs apapun yang memegang gelar sebagai situs torrent atau berbagi file nomor satu di dunia harus khawatir, bukannya merasa senang. Karena pada akhirnya situs seperti itulah yang jadi incaran utama.

 

 


SHARE
Previous articleLokasi Syuting Rogue One ‘Diberkahi’ Berkat Kedatangan George Lucas
Next articleBerkat Pokemon GO, Niantic Labs Jadi Kaya Mendadak!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.