Makin Ngaco! Walikota Banda Aceh Sebut Pokemon GO Mengandung Arti Aku Yahudi

aku yahudiDemam game Pokemon GO yang belakangan ini terjadi, nyatanya mampu menarik banyak perhatian berbagai kalangan termasuk pejabat-pejabat tinggi di Negeri ini. Bahkan baru-baru ini Walikota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal, mengintruksikan untuk tidak memainkan game Pokemon GO karena memiliki arti Aku Yahudi.

“Dan pokemon itu sudah tersebar semua di media elektronik ternyata artinya adalah aku adalah yahudi,” ujar Illiza dalam acara halal bi halal bersama seluruh pejabat dan staf di jajaran Pemkot Banda Aceh.

Penyataan Illiza Sa’aduddi Djamal tak hanya disampaikan dalam acara halal bi halal saja, ia juga sempat berkicau di akun Twitternya mengenai bahaya bermain Pokemon GO yang berarti aku yahudi tersebut. Sontak saja tweet tersebut langsung mendapat banyak resposen netizen Indonesia yang terkenal kritis.

walikota banda aceh

@Illizaa Bu, saya pun muslimah. Pernyataan Ibu tidak benar, dan jadinya fitnah, Bu. Iqra, Bu. Banyak membaca. Ibu walikota, harus bijak,” ujar akun @risa_te.

@Illizaa Pokemon artinya itu Pocket Monster buk. Orang Jepang ngomongnya ‘Poketo Monsuta’ makanya g ada c di ‘poke’nya. Ini walikota gitu? kicau @jsoekahar.

Walikota Banda Aceh Illiza Sa’aduddi bukanlah orang pertama yang mengangkat teori aneh bin ajaib mengenai arti dari Pokemon tersebut. Sebelumnya banyak beredar broadcast message dan link Facebook yang mengapungkan isu aku yahudi dari Pokemon. Dijelaskan bahwa Pokemon berasal dari bahasa Syriac atau bahasa Suryani yang memiliki arti aku Yahudi dan Pikachu adalah jadilah Yahudi kemudian Charmander artinya Tuhan itu lemah.

Sebenarnya apa sih bahasa Suryani itu dan benarkah Pokemon mengandung arti Aku Yahudi?

Meskipun disebut juga sebagai bahasa Suriah, bahasa Suryani bukanlah bahasa resmi negara tersebut (bahasa resmi Suriah adalah bahasa Arab). Bahasa Suryani lebih sering dituturkan oleh kaum minoritas Kristen Siria yang tinggal di sebelah timur Turki, sebelah utara Irak dan sebelah timur laut Suriah. Kabar pertama kali mengenai arti kata Pokemon dari bahasa Syriac atau Suryani mencuat ketika LA Times memberitakan rumor kekhawatiran negara-negara Arab terhadap invansi Pokemon dan budaya asing lainnya pada 24 April 2001. “Telah terbukti bahwa mainan ini merupakan bagian dari rencana Yahudi untuk merusak pikiran generasi muda kita karena menyinggung pemikiran menghujat, mengolok-olok Allah dan nilai-nilai moral kita sehingga sangat berbahaya bagi generasi muda kita,” kata Sheik Abdel Monem abu Zent, mantan anggota parlemen Yordania.

Pernyataan tersebut langsung mendapat bantahan dari Gereja Kristen Syriac Orthodox melalui surat kabar Amman Yordania. Disebutkan bahwa tidak ada hubungannya antara bahasa Syriac dengan nama karakter-karakter yang terdapat di dalam game Pokemon, apalagi sampai mengandung arti aku Yahudi atau jadilah Yahudi.

pokemon go (1)

Seperti disebutkan dalam situs resminya, Pokemon merupakan singkatan dari Pocket Monster. Sama halnya dengan Pikachu yang terdiri dari dua kata, Pika dan Chu, di mana Pika merupakan sebutan untuk tikus kecil dan chu dalam bahasa Jepang artinya mencicit. Tak heran monster paling terkenal di Pokemon ini berbentuk tikus. Atau Charmander yang berasal dari Char (terbakar) dan Salamander (binatang amfibi seperti kadal).

Bisa dilihat bahwa para pembuat Pokemon ini hanya memberikan nama-nama karakter secara sederhana dan mudah diingat tanpa perlu cape-cape belajar bahasa Syriac atau Suryani.