Ada Rahasia Dibalik Lingkaran Berwarna! Ini Cara Menangkap Pokemon Langka yang Paling Tepat!

cara menangkap pokemon

Pokemon Pawprint Guide! Ternyata Ini Rahasia Dibalik Jejak Kaki Pokemon GO!

Ini cara paling ampuh dalam mencari Pokemon buruan yang belum ada di daftar Pokedex kalian! Sebelum kalian berjalan terlalu jauh, baca dulu panduan menentukan lokasi Pokemon berdasarkan jejak kakinya berikut ini!
Baca Juga

Setelah sebelumnya kami mengulas mengenai fitur fitur Nearby, atau radar Pokémon, Pokémon Pawprint, atau mungkin kalian lebih familiar dengan jejak kaki Pokémon, ada satu fitur lainnya yang berhubungan dengan aktivitas menangkap Pokémon selama memainkan Pokémon GO yang mungkin tidak terlalu kalian perhatikan. Dan berhubung Niantic Labs payah banget memberikan tutorial in-game untuk Pokémon GO, kalian pasti tidak menyadari apa peran fitur kecil ini selama bertarung dengan Pokémon. Fitur apa’an sih? Lihat gambar di bawah ini:

gif1

Ya, itu adalah lingkaran yang muncul ketika kalian akan melempar dan menangkap Pokémon. Kami sudah sedikit mengulas mengenai fungsi lingkaran tersebut dalam artikel sebelumnya. Ada trik yang perlu kalian pahami dibalik lingkaran tersebut. Bukan sekadar lempar PokéBall, dan kalian beruntung mendapatkan Pokémon. Namun seperti guide Pokémon GO mengenai jejak kaki Pokémon yang kami berikan sebelumnya, ada sedikit sains dibalik lingkaran tersebut, yang akan membantu kalian menghemat penggunaan PokéBall. Ok ok, di awal permainan kalian memiliki cadangan PokéBall yang cukup banyak. Namun percayalah, seiring kalian naik level dan menjumpai Pokémon yang lebih kuat, kalian makin sering membuang percuma PokéBall karena asal melempar.

Klik gambar di bawah untuk mendapatkan kompilasi guide Pokémon GO terlengkap dari Duniaku.net

Guide-Pokemon-GO-1

Esensinya cara menangkap Pokemon, entah dalam mode augmented reality, atau dalam mode battle in-gamenya (seperti tampilan di atas), bukan sekadar bermodalkan keberuntungan dan ketepatan melempar saja. Kalian bisa menghemat penggunaan PokéBall, apalagi yang jenis langka, dengan memahami lingkaran tersebut. Saat bertarung dan akan menangkap Pokemon, kalian pasti melihat ada lingkaran-lingkaran dengan warna berbeda yang mengelilingi Pokémon. Nah, warna-warna lingkaran ini bisa menjadi pedoman kapan saat yang tepat untuk menangkap agar berhasil, sehingga tidak membuang-buang PokéBall.

Bukan Pokemon GO Cheat, Ini Trik Perbesar Kemungkinan Menangkap Pokemon Langka!

Jangan kuatir, cheat Pokemon GO yang satu ini Anti-Ban kok... bisa digunakan sepuasnya, namun efeknya beneran luar biasa! Cobain deh!
Baca Juga

Bagaimana cara menangkap Pokemon yang tepat? Jika kalian melihat lingkaran hijau, tunggu sebentar hingga lingkaran tersebut mengecil maka kesempatan untuk menangkap Pokémon tersebut makin besar. Kalian juga bisa memperkecil lingkaran tersebut secara manual, dengan cara sentuh dan tahan jari kalian di PokéBall sebelum melemparkannya.

Cara-Menangkap-Pokemon-2

Saat kalian menyentuh dan menahannya, maka lingkaran bakal mengecil. Dibutuhkan timing di sini, kalian perlu melepaskan dan melemparkan bolanya begitu lingkaran tersebut pada ukuran terkecilnya, dan usahakan lemparan kalian mengenai TEPAT di lingkaran tersebut dalam ukuran terkecilnya. Namun perlu diingat, makin kecil atau mendekati pusat lingkaran, makin besar kesempatan lingkaran tersebut bakal berbalik membesar.Melakukan itu, bakal memberi kalian lebih banyak experience points (XP), bergantung pada ukuran lingkarannya. Berikut tiga indikator yang muncul ketika lemparan kalian sukses mengenai lingkaran tersebut.

  • “Nice!” didapatkan ketika kalian melemparkan bolanya dan mengenai lingkaran berwarna yang ukurannya besar, ada tambahan 10 XP untuk tangkapan ini.
  • “Great!” didapatkan ketika kalian melemparkan bolanya dan mengenai lingkaran berwarna yang ukurannya lebih kecil lagi dari ukuran lingkaran putih, ada tambahan 50 XP untuk tangkapan ini.
  • “Excellent!” didapatkan ketika kalian melemparkan bolanya dan mengenai lingkaran berwarna yang ukurannya paling kecil, ada tambahan 100 XP untuk tangkapan ini.
Bukan sekadar XP, lemparan yang bagus memperbesar kemungkinan kalian berhasil menerapkan cara menangkap Pokemon yang baik ini.

Plus, ini mungkin yang tidak kalian sadari. Kalian bisa melakukan trick shot dengan PokéBall. Kalian bisa menahan dan memutar PokéBall untuk melakukan lemparan melengkung (Curve Ball, lihat pada gambar di bawah caranya), yang bisa membuka kesempatan memberi kalian XP tambahan (10 XP tambahan, tepatnya) jika lemparannya mengenai Pokémon. Susah melakukan Curve Ball ini? Matikan saja mode AR, dan bertarunglah dalam mode in-game (seperti gambar pertama di atas). Mematikan mode AR juga berpengaruh menghemat penggunaan baterai gadget kalian.

Download Pokemon GO v0.29.3 yang Memberi Patch Agar Bisa Memainkan Pokemon GO di Android Jelly Bean!

Demikian total sudah 3 kali Niantic Labs meng-update Pokemon GO... Setelah Asus ZenFone, apakah update kali ini membuka kesempatan Android jadul seperti Jelly Bean memainkannya?
Baca Juga

Sedangkan mengenai warna lingkarannya, itu menjadi tanda tingkatan Pokémon yang bakal kalian tangkap. Tingkatannya dari hijau ke merah, yang melambangkan paling lemah ke yang paling kuat Pokémon-nya. Jika warna lingkarannya oranye atau merah, maka Pokémon tersebut akan lebih sulit ditangkap dan ada baiknya kamu tidak terburu-buru membuang-buang PokéBall-mu. Berikan Berry untuk membuatnya “tenang” dan mengubah lingkarannya menjadi hijau terlebih dahulu sehingga mudah ditangkap.

Sedangkan jika di atas kepalanya ada tanda tanya, bukanya angka CP, maka itu menandakan jika yang kalian lawan Pokémon yang kuat, dan akan sangat sulit ditangkap. Lagi-lagi, gunakan Razz Berry (yang kalian dapatkan dari naik level, PokéStop, dengan membelinya menggunakan PokéCoin), atau jika trainer kalian levelnya tinggi, ganti bolanya ke Great Balls, untuk meningkatkan kesempatan menangkapnya. Jika tidak, kalian akan menyesal kehilangan Pokémon ini karena dia bisa saja kabur begitu saja. Namun jangan kuatir, kalian bisa mencarinya kembali dengan cara menemukan posisinya yang lebih pasti menggunakan guide kami sebelumnya.

cara menangkap pokemon
Matikan saja mode AR untuk menghemat baterai!

Kembali pada bonus XP yang kalian dapatkan dari setiap lemparan ke pusat lingkaran, dan juga lemparan Curve Ball, mungkin kalian menghitungnya itu angka yang kecil. Namun ketika kalian memiliki item seperti Lucky Egg yang diaktifkan, yang akan menggandakan XP yang kalian dapatkan selama 30 menit (ya, kalian bisa juga memadukannya dengan trik yang satu ini untuk hasil maksimal). Mengalahkan Pokémon biasa seperti Pidgey plus efek Lucky Egg, bakal memberi kalian 200 XP (biasanya 100 XP). Plus jika kalian berhasil mendapatkan lemparan “Excellent!”, dan lemparannya merupakan Curve Ball, maka kalian mendapatkan tambahan 120 XP lainnya. Total dengan Lucky Egg, kalian bisa mendapatkan 420 XP jika menguasai lemparan Excelent dan Curve Ball!

Memang makin jauh permainan dan makin tinggi level karakter, makin kuat juga Pokémon yang akan kalian hadapi. Kalian bisa menurunkan tingkat kesulitannya dengan menggunakan Razz Berry, yang menurunkan tingkat warna lingkarannya menjadi satu warna di bawahnya. Namun efeknya pun hanya sekali dalam satu kesempatan lemparan saja. Jika Pokémon-nya kabur, tinggal kalian menanggung kecewa. Menggunakan GreatBall atau UltraBall juga bakal meningkatkan kesempatan kalian, namun percayalah, kalian akan makin kecewa ketika lemparannya meleset, atau Pokémon-nya kabur. Jadi, simpan bola kelas atas yang mahal tersebut khusus untuk Pokémon yang lebih kuat nanti.

Malas Keliling Kota? Cobain Saja Cheat Pokemon GO, Bisa untuk Android dan iOS!

Frustasi karena hanya dapat Pokémon yang itu-itu saja? Cobain cara berikut ini, kalian bisa dapat Pokémon dari negara lain, dengan cara yang mudah!
Baca Juga

Khusus pengguna Android, kalian sudah bisa mengunduh Pokémon GO APK-nya melalui tautan dari kami berikut ini. Langsung saja install, dan mainkan. Pokémon GO APK berukuran 58 MB tersebut (110 MB untuk iOS, dan membutuhkan iPhone, iPad atau iPod touch minimal dengan OS 8) tidak membutuhkan tambahan data untuk memainkannya.

Pokémon GO – Get Up and Go!


SHARE
Previous articleBingung Memilih Tim di Pokemon GO? Ini Tipsnya!
Next articleInikah Jurus Terbaik Capcom untuk Street Fighter V, “Jualan” Baju Online?
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.