Cara Manjur Mengatasi Masalah GPS Signal Not Found di Pokemon GO Android dan iOS

cara mengatasi masalah GPS signal not found pokemon go
Kalau udah gini, pasti kesel banget..
Sudah bersemangat main, eh tiba-tiba muncul masalah seperti gambar di atas. Nih cara manjur untuk mengatasi masalah GPS Signal Not Found di Android dan iOS!

Kamu sudah men-download APK Pokemon GO (atau download di sini untuk iOS) dan bersemangat memainkannya. Tetapi saat game tersebut dijalankan, eh muncul berbagai macam error yang membuatmu kesal karena tidak bisa bermain. Dua masalah yang sering dialami oleh pemain Pokemon GO adalah muncul pesan GPS Signal Not Found dan Failed to Detect Location. Akibatnya, avatar karaktermu pun serasa berada di tengah lautan. Tidak muncul peta, apalagi Pokemon, Pokestop atau Gym.

Bagaimana solusinya? Untuk mengatasi masalah GPS Signal Not Found ini ada beberapa cara, mulai dari mengotak-atik setting dari Android-mu sendiri, hingga meng-install aplikasi pihak ketiga. Berikut beberapa tipsnya.

1

Pastikan Location Service Menyala

cara mengatasi masalah GPS signal not found pokemon go

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk mengatasi masalah GPS Signal Not Found di Pokemon GO adalah dengan memastikan pengaturan Location Service sudah kamu set ke ON. Caranya:

Untuk iOS

Masuk ke menu Settings -> Privacy -> Location Services dan pastikan toggle paling atas dalam posisi ON. Jangan lupa, kamu juga harus memberikan Permission pada Pokemon GO untuk menggunakan Location Service ini.

Untuk Android

cara mengatasi masalah GPS signal not found pokemon go

Masuk ke menu Settings -> Privacy -> Location (ada juga beberapa smartphone yang hanya masuk ke menu Settings -> Location) dan pastikan toggle juga dalam posisi ON. Sedangkan di Mode-nya, pilih ke High Accuracy. Hal ini membuat Location Service akan menggunakan semua resource yang mungkin untuk mempercepat penentuan lokasimu, mulai dari WiFi, jaringan seluler hingga satelit. Konsekuensinya, tentu akan memakan lebih banyak daya baterai dibandingkan mode lainnya.

2

Nyalakan WiFi

cara mengatasi masalah GPS signal not found pokemon go

Menyalakan WiFi bisa mengatasi masalah GPS Signal Not Found dengan cukup efektif saat kamu berada di dalam ruangan, di dalam mall misalnya. Sinyal WiFi akan mencari hotspot terdekat, dan akhirnya bisa menentukan lokasimu dengan cepat. Jangan lupa jika sedang berada di luar rumah, matikan WiFi dan serahkan Location Service ke GPS saja untuk menghemat baterai.

3

Install GPS Status & Toolbox

cara mengatasi masalah GPS signal not found pokemon go

Aplikasi ini digunakan untuk membantu smartphone dalam menentukan (dan mengunci) lokasimu berada saat ini. Caranya cukup mudah. Pertama, install GPS Status & Toolbox dari Google Play Store. Lalu klik tombol MENU (paling kiri atas) -> Manage A-GPS State -> Reset.

4

Masih Mengalami Masalah?

cara mengatasi masalah GPS signal not found pokemon go

Katakanlah kamu sudah melakukan tiga hal di atas untuk mengatasi masalah GPS Signal Not Found di Pokemon GO. Namun tetap saja, masalah tersebut terus muncul dan mungkin akan membuatmu semakin kesal. Jangan panik dulu, karena masalah mungkin berada di server Niantic. Solusinya cukup keluar dari game dan masuk kembali dalam jeda waktu beberapa menit. Karena masih banyak pemain yang mengeluhkan masalah ini tetap muncul meskipun sudah melakukan berbagai cara untuk mengatasinya.

Daftar XP yang Dibutuhkan dan Item Pokemon GO yang Didapat Saat Naik Level!

Untuk naik ke level 5 butuh berapa XP? Item Pokemon GO apa saja yang didapat saat level 10? Nah, semoga daftar dari Duniaku ini bisa membantumu ya!
Baca Juga

Atau cara lainnya, coba untuk memainkannya di luar rumah. Dengan menggunakan setting-setting di atas, semestinya smartphone-mu bisa dengan mudah mengunci lokasi dari satelit jika kamu berada di luar rumah.

Kamu punya solusi lain untuk mengatasi masalah GPS Signal Not Found di Pokemon GO? Bagikan di kolom komentar ya! Atau kamu juga bisa saling berbagi dan mungkin hunting bareng bersama para trainer lain dari seluruh Indonesia dengan bergabung di grup Facebook Pokemon GO Indonesia.

Sumber: WCFTech/AndroidCentral


SHARE
Previous articleCapcom Keluarkan Cewek Taekwondo Ini Lebih Awal untuk Street Fighter V
Next articleMulai Kondisi Geografis, Sampai Menjadi Alat Mata-Mata! Ini Masalah Pokemon GO di Asia
Gamer. Otaku. Suka film. Suka melakukan hal-hal yang baru.