Nintendo dan SEGA Perang Konsol Lagi, Hadirkan Mega Drive vs NES Mini!

nintendo vs sega

Nintendo dan SEGA perang konsol lagi? Benar, kamu tidak salah baca. Keduanya kembali berperang, tapi lewat konsol mini!

Pertama kali membaca judul di atas mungkin kamu bergumam: gak salah tuh Nintendo dan SEGA perang konsol lagi? Yap, mungkin beberapa tahun terakhir kamu seringkali mendengar perang konsol itu ya Microsoft vs Sony. Dulu memang pernah Nintendo vs SEGA terlibat dalam perang konsol. Tapi itu duluu banget, tepatnya di akhir 80an dan awal 90an. Nintendo perkasa dengan NES dan SNES, sedangkan SEGA memperkenalkan Genesis dan Mega Drive.

Lalu, perang konsol apa yang terjadi antara Nintendo dan SEGA di tahun 2016 ini? Jawabannya adalah konsol klasik mini!

Ya, entah apa yang ada di benak para petinggi Nintendo, beberapa minggu lalu mereka mengkonfirmasikan kehadiran kembali NES dalam bentuk yang lebih mini. Dikatakan mini, karena untuk unit konsolnya saja berukuran tidak lebih besar dari telapak tangan orang dewasa. Yang menarik, desain dari NES mini (yang diberi nama Nintendo Classic Mini) ini pun benar-benar dibuat semirip mungkin dengan NES aslinya, termasuk desain dari kontrolernya.

nintendo dan sega

Kamu masih punya cartridge original NES dan ingin memainkannya lagi di Nintendo Classic Mini ini? Sayangnya hal tersebut tidak bisa kamu lakukan. Nintendo Classic Mini sudah berisi game-game NES pre-installed. Totalnya ada 30 game yang bisa kamu mainkan di konsol mini ini, dan tidak bisa kamu tambahkan atau gunakan dengan cartridge lamamu. Judul yang disediakan benar-benar judul game klasik populer, mulai dari Super Mario Bros, Donkey Kong, Pac Man hingga Metroid. Konsol ini dihubungkan ke televisi dengan menggunakan kabel HDMI. Selain menggunakan kontroler yang masuk dalam paket pembelian, Nintendo Classic Mini ini juga bisa kamu mainkan dengan menggunakan Wii Classic Controller.

Harganya? Nintendo membanderol Nintendo Classic Mini ini dengan harga US $59.99 atau sekitar Rp780 ribu. Paket penjualan termasuk satu unit kontrolernya. Akan tetapi jika kamu ingin bermain bersama teman atau adik, kamu bisa membeli kontroler tambahan yang dibanderol dengan harga US $9.99 atau sekitar Rp130 ribu. Rencananya, Nintendo Classic Mini ini akan dirilis pada 11 November 2016 mendatang.

nintendo dan sega
Daftar game Nintendo Classic Mini

Yang menarik, langkah Nintendo dalam merilis NES mini ini rupanya “ditiru” oleh SEGA. Selang beberapa minggu kemudian muncul Mega Drive mini yang siap “bersaing” dengan Nintendo Classic Mini. Bedanya, jika Nintendo Classic Mini benar-benar dibuat dan dirilis resmi oleh Nintendo, Mega Drive ini dibuat oleh pabrikan lain, AtGames. SEGA tidak ikut mengembangkan, hanya memberikan lisensi konsol tersebut kepada AtGames saja.

nintendo dan sega

Perbedaan lain, Mega Drive mini ini berisi 80 game pre-installed, lebih dari dua kali lipat lebih banyak dibandingkan Nintendo Classic Mini, termasuk game-game Sonic klasik. Yang menarik, AtGames membuat Mega Drive Mini ini agar bisa kompatibel dengan cartridge lamamu. Jadi, jika kamu masih menyimpan cartridge SEGA Mega Drive tetapi konsolnya sendiri sudah rusak, maka Mega Drive mini ini bisa jadi sarana nostalgia yang menarik!

Perbedaan ketiga dari segi koneksi ke televisi. Jika Nintendo Classic Mini sudah menggunakan HDMI, maka Mega Drive mini ini masih menggunakan koneksi AV. Jadi, nuansa retro benar-benar terasa dalam Mega Drive mini ini. Dengan kata lain, kamu harus memastikan dulu, apakah TV di rumahmu masih memiliki port AV sebelum membeli konsol mini ini.

Harganya? Dengan jumlah game yang dua kali lipat lebih banyak dibandingkan Nintendo Classic Mini serta dukungan untuk memainkan cartridge lawas, Mega Drive mini ini dibanderol dengan harga relatif sama, 50 Euro atau sekitar Rp722 ribu. Sayangnya, sampai saat artikel ini ditulis, Mega Drive mini baru tersedia di Eropa saja. Belum ada konfirmasi resmi apakah konsol ini akan dirilis di berbagai belahan dunia lainnya.

Bagaimana menurutmu perang konsol mini Nintendo vs SEGA ini? Dengan harga setara dengan satu game original konsol current gen, apakah kamu tertarik untuk memiliki salah satunya? Saran sih, daripada beli ini mahal, coba cari di beberapa toko elektronik, masih banyak kok yang jual konsol-konsol Cina dengan harga di bawah itu. Bahkan isi game-nya lebih banyak, ada yang 999 in 1, ada yang 9999 in 1 seperti di bawah ini.

duniaku-polystation-1

Bener gak? Hehe..

Sumber: GR


SHARE
Previous articleBenarkah Pokemon GO Berbahaya? Dua Akademisi Ini Angkat Bicara!
Next article5 Film yang Akan Hadir Memeriahkan Popcon Asia 2016
Gamer. Otaku. Suka film. Suka melakukan hal-hal yang baru.