Nintendo Rombak Desain NX! Pertanda Bakal Bisa Main Pokemon GO di Televisi?

Nintendo-NX

Nintendo-NX-2

Game Pokemon GO Tumbangkan Clash of Clan, Lebih Populer dari WhatsApp dan Twitter!

Ga sampai seminggu dirilis, game Pokémon GO resmi kalahkan Clash of Clan, bahkan lebih populer dari media sosial berusia 10 tahun!
Baca Juga

Dengan begitu derasnya arus Pokemon GO yang saat ini juga sedang dinikmati Nintendo melalui meroketnya nilai pasar perusahaan mereka, kami bisa memakluminya ketika salah satu yang dinantikan dari Nintendo, yaitu mesin game barunya yang sementara ini disebut dengan kode NX, sedikit terlupakan. Terakhir kami mendapatkan gambaran desain kontrolernya (yang sepertinya juga masih sekadar rumor), produksinya diserahkan kepada Foxconn di Cina, gambaran kasarnya merupakan perpaduan konsol game dan smartphone namun sekuat PlayStation 4.

Nintendo-NX-Spec-2
Meskipun hoax, namun banyak yang yakin desain awal kontroler Nintendo NX itu seperti ini… tampaknya ada perubahan desain besar-besaran ya!?

Rumor lainnya menyebutkan kalian bakal mendapatkan gadget dengan layar sentuh yang bisa dipadukan dengan kontroler dan joystick (handheld, sekaligus bisa dihubungkan ke relevisi untuk menjadi konsol, ala konsol mikro yang sebenarnya juga gagal di pasaran), awalnya direncanakan bakal diproduksi pertengahan tahun 2016 ini, namun kini ditunda sampai awal tahun depan untuk menambahkan fungsi virtual reality yang lagi happening, bahkan sampai membuat Nintendo memutuskan menghentikan produksi Nintendo Wii U gara-gara mesin yang belum jelas wujudnya ini.

Seperti inilah desain baru Nintendo NX!
Seperti inilah desain baru Nintendo NX!

Belum jelas wujudnya? Jika kontrolernya beberapa waktu lalu diklaim hoax, kini ada banyak sumber yang sudah memastikan jika Nintendo NX ini memang sebuah konsol portable dengan kontroler yang bisa bebas dilepas. Gambar konsep desainnya bisa kalian lihat di atas. Seoerti sebuah tablet yang dipadukan dengan dua kontroler, yang keduanya memiliki joystick. Nintendo memang dikenal sebagai produsen konsol yang inovatif, ide mereka brilian, dan jika benar Nintendo NX bakal seperti di atas, pasti bakal mengundang antusias pasar. Terutama yang mempertanyakan, apakah ini konsol game, atau handheld (smartphone / tablet)?

Main Pokemon GO di Televisi
Masih banyak yang berpikir kontroler GamePad ini adalah Wii U itu sendiri…

Project Fiona Berubah Menjadi Razer Edge, Tablet Sekaligus PC Sekaligus Konsol Game

Masih ingat dengan Project Fiona? Sebuah tablet yang mengintegrasikan sepasang kontroler ala konsol game, menjalankan Windows 8, dan juga dibekingi spesifikasi hardware mumpuni. Kini kembali terdengar namanya, namun dengan identitas baru, Razer Edge.
Baca Juga

Kabar terbaru meyakini jika Nintendo NX bakal berfungsi sebagai sebuah konsol game yang berdiri sendiri, dengan layarnya sendiri. Yang kenal dengan Wii U masih bisa menerima konsol game yang dipadukan dengan layar seperti ini, karena adanya GamePad (kontrolernya Wii U). Namun ketika ternyata layarnya itu diapit oleh dua kontroler yang bebas dilepas di sisi kiri dan kanan, siapa yang tidak akan penasaran? Kalian masih ingat Razer Edge? Ya, seperti itulah kira-kira Nintendo NX. Konsepnya juga sama, ketika kalian di rumah, sistem portable ini masih bisa dihubungkan dengan televisi di rumah (menggunakan semacam docking station), untuk menjadi konsol.

Razer Edge… Nintendo bukan yang pertama dengan konsep tablet transformer yang diapit dua kontroler…

Nintendo memang sengaja mengedepankan konsep portable, dan konsol game yang kedua. Wajar saja, mereka memiliki pengalaman pahit Wii U yang penjualannya sangat lesu, dan sudah paham jika pasar konsol game mulai menurun akhir-akhir ini (dan PC Gaming yang justru berkembang).

Prosesor yang juga digunakan oleh konsol mikro Ouya, yang febomenal di Kickstarter, namun blunder di pasaran...
Keluarga prosesor yang juga digunakan oleh konsol mikro Ouya, yang sangat fenomenal di Kickstarter, namun blunder di pasaran…

Apa yang membuat penasaran, rumor terbaru menyebutkan jika Nintendo NX ini justru akan menggunakan chipset yang tidak begitu populer, namun, sangat kuat, yaitu nVidia Tegra. Nama yang jamak di belantika mobile gaming, smartphone, tablet… namun bukan di industri konsol game. Ya, sepertinya Nintendo serius menjadikan Nintendo NX ini kekuatan baru di ranah mobile. Dan dengan arsitektur Tegra yang lebih banyak difokuskan untuk platform mobile seperti Android, kita juga bisa berasumsi jika rumor yang dulunya berkembang, Nintendo NX bakal menggunakan OS Android, bisa jadi terwujud. Walaupun sumber lainnya mengaku jika mesin game baru ini menjalankan OS baru yang dikembangkan Nintendo. Bayangkan, jika benar Android, kalian bisa saja mainkan Pokemon GO di mesin game baru Nintendo ini!

Lihat sisi baiknya, kalian ga perlu kuatir permukaannya tergores seperti ketika mengoleksi game dengan format Blu-ray atau DVD!
Lihat sisi baiknya, kalian ga perlu kuatir permukaannya tergores seperti ketika mengoleksi game dengan format fisik Blu-ray atau DVD!

Foto Nintendo NX BOCOR! Konsol Hybryd yang Akan Mengkanibal Wii U dan 3DS

Nintendo serius dengan Nintendo NX menjadikan mesin game ini perpaduan handheld dan konsol game! Apakah mesin game ini benar-benar akan membunuh Wii U dan 3DS!
Baca Juga

Namun Nintendo juga dikenal sangat protektif, dan OS terbuka semacam itu rentan ditembus. Mungkin karena hal itu juga, mereka memilih menggunakan format game fisik berupa cartridge, ala seperti handheld mereka selama ini, Nintendo 3DS, selain, pasti juga akan ada opsi game digital. Kabarnya, ukuran cartridge-nya hanya 32GB saja, yang mana itu kecil untuk standar game-game modern dengan visual 4K. Dan karena perubahan radikal dari desain dan juga penggunaan hardware internalnya, Nintendo NX dikabarkan tidak akan mendukung backward compatibility dengan software mesin game Nintendo sebelumnya.

Main Pokemon GO di Televisi
Nintendo mulai serius melirik platform mobile, dan tidak sungkan melepaskan franchise ikonik mereka untuk smartphone…

Nintendo NX dikabarkan bakal diungkapkan September 2016 nanti. Terus pantau Duniaku agar kalian tidak ketinggalan update terbaru mengenai mesin game Nintendo yang misterius ini.

Sumber: Digital Foundry


SHARE
Previous articleHero Entertainment dan World of Gaming Gelar Turnamen Offline Crisis Action Pertama di Jakarta!
Next articleReview Stranger Things – Miniseri Misteri yang Wajib Ditonton!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.