Review Stranger Things – Miniseri Misteri yang Wajib Ditonton!

Stranger Things - Poster

Stranger Things seperti gabungan dari serial seperti Elfen Lied, kisah-kisah Stephen King, hingga Silent Hill. Yang punya Netflix tak boleh melewatkannya!

Sinopsis

Latar cerita Stranger Things terjadi di tahun 1983. Will Byers hanya seorang anak normal penggemar Dungeons & Dragons yang hidup bersama ibu dan kakaknya. Tapi tiba-tiba Will lenyap tanpa bekas.

Hilangnya Will sangat mempengaruhi ibunya, Joyce (diperankan Winona Ryder) dan kakaknya, Jonathan (Charlie Heaton). Walau polisi sudah menyelidiki kasus ini, keduanya tetap mencoba dengan cara mereka sendiri untuk menelusuri jejak Will.

Jim Hopper adalah kepala kepolisian kota Hawkins. Walau hidupnya berantakan, dan dia sendiri bukan sosok polisi ideal, ia bekerja dengan sangat serius saat menyadari Will memang benar-benar hilang.

Mike Wheeler, Lucas Sinclair, dan Dustin Henderson adalah kelompok main Will Byers. Saat Will hilang, Mike memimpin teman-temannya untuk mencoba menelusuri jejak Will.

Penyelidikan ketiga pihak ini perlahan-lahan mengungkap sebuah konspirasi yang menghantui kota Hawkins. Konspirasi dengan seorang gadis misterius berkekuatan super sebagai pusatnya. Saat para protagonis ini semakin dekat ke kebenaran, mereka pun menyadari mungkin kasus ini tak benar-benar memiliki solusi yang mudah diterima akal sehat.

Mampukah mereka menyelamatkan Will?

Terasa Sebagai Adaptasi Silent Hill di Tangan Stephen King

Stranger Things
Stranger Things

Kisah-kisah Stephen King biasanya menyorot kejadian supernatural di kota kecil Amerika. Tema serupa juga diambil oleh Stranger Things. Latar serialnya bahkan mengambil tahun 1980an, sama seperti kisah-kisah klasik dari King. Latar 80an ini pun disajikan dengan detil dan akurat, dengan visual yang mewakili, hingga kamu-kamu yang pernah menyaksikan adaptasi klasik Stephen King malah bisa bernostalgia.

Stranger Things juga memiliki unsur dari Silent Hill. Konspirasi rahasia yang melibatkan anak berkekuatan super? Ada. Orang tua yang begitu panik anaknya hilang, hingga ia sampai terlibat dalam fenomena supernatural? Ada. Bahkan ada satu unsur dari Silent Hill yang juga digunakan oleh serial ini. Apa? Akan lebih menarik kalau kamu menyaksikannya sendiri, tapi saat kamu melihatnya, kamu akan tahu apa yang dimaksud!

Gabungan ini membuat Stranger Things terasa sebagai adaptasi kisah Silent Hill di tangan Stephen King. Padahal tim di balik Silent Hill maupun Stephen King tak terlibat untuk serial ini. Tim kreatif di baliknya dipimpin oleh Matt dan Ross Duffer.

Misteri Menarik yang Disajikan dengan Akting Kuat

Stranger Things - Winona Ryder

season 2 stranger things

Review Stranger Things – Miniseri Misteri yang Wajib Ditonton!

Kamu punya akun Netflix? Kalau begitu, serial yang satu ini minimal wajib kamu coba!

Abaikan

Stranger Things hanya memiliki delapan episode. Dengan durasi itu, Duffer Bersaudara sukses menyajikan cerita yang efektif. Tak ada episode yang terasa sebagai filler, seperti yang kadang terjadi di serial Netflix seperti Daredevil dan Jessica Jones. Setiap episode terasa membawa konflik cerita ke tahap yang lebih tinggi. Saat satu-persatu potongan misteri terungkap, godaan untuk melanjutkan menonton hingga habis akan sulit dibendung.

Plot misteri menarik ini juga dibawakan dengan kualitas akting yang menarik. Winona Ryder sebagai ibu dari Will adalah yang paling menonjol. Sejak dulu, Winona sudah dikenal sebagai aktris berkualitas. Sudah lama dia jarang terlihat di layar lebar, namun kini dia kembali menunjukkan kalau dirinya masih memiliki kemampuan membawakan karakter dengan memikat.

Kamu akan diperlihatkan sosok ibu yang begitu putus asa, hingga terkadang ia seperti tak mampu membedakan realita dengan delusi. Penampilannya begitu membangun simpati, dan juga membuatmu khawatir kalau mungkin dia memang sudah kehilangan akal.

David Harbour sebagai pemeran Hopper si polisi serta Finn Wolfhart sebagai pemeran Mike Wheeler, si pemimpin geng bocah, juga menyajikan penampilan bagus. Harbour sukses menyajikan Hopper sebagai polisi hebat yang masih dihantui trauma masa lalu, sementara Finn dan juga Caleb McLaughlin (pemeran Lucas) dan Gaten Matarazzo (pemeran Dustin) mampu menyajikan penampilan yang sangat bagus untuk ukuran aktor anak.

Kesimpulan

Hanya delapan episode, Stranger Things adalah serial yang bisa kamu nikmati relatif cepat. Apalagi seluruh episodenya sudah beredar. Dijamin, penggemar kisah misteri tidak akan rugi untuk menyaksikan serial ini dari awal hingga akhir. Terutama kalau kamu tidak menginjak spoiler sebelum menyaksikannya.

REVIEW OVERVIEW
Skor Serial
90 %

SHARE
Previous articleNintendo Rombak Desain NX! Pertanda Bakal Bisa Main Pokemon GO di Televisi?
Next articleGandeng Barcelona, PES 2017 Siap Hadirkan Keseruan Nou Camp Secara Penuh!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.