Bukan Monster Pokemon, Inilah Maskot Asian Games 2018 yang Baru!

maskot asian games 2018Sebagai tuan rumah Asian Games 2018, Indonesia akhirnya meluncurkan logo dan maskot yang akan dipakai pada ajang kejuaraan olahraga terbesar se-Asia tersebut. Bertempat di Kantor Staf Kepresidenan, Jakarta Pusat, Imam Nahrawai selaku Menteri Pemuda dan Olahraga mengumumkan Bhin Bhin, Atung dan Ika sebagai maskot Asian Games 2018. Acara tersebut juga dihadiri oleh Waketum KOI Muddai Madang, INASGOC (Indonesia Asian Games Committee), Staf Kepresidenan Teten, dan Ketua Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf.

Maskot Bhin Bhin, Atung dan Ika ini mewakili hewan-hewan khas Indonesia. Bhin Bhin berbentuk burung Cendrawasih, burung khas Indonesia bagian timur. Atung merupakan rusa Bawean dari Indonesia bagian tengah dan Ika adalah badak bercula satu, hewan endemik Indonesia bagian barat. Ketiga maskot ini melambangkan keberagaman Bangsa Indonesia yang membentang dari barat sampai timur namun tetap Bhinneka Tunggal Ika (Bhin Bhin, Atung, Ika).

8 Olahraga Absurd yang Sebaiknya Kamu Coba Sekali Seumur Hidup

Kalau kamu bosan sama olahraga yang itu-itu saja, ada baiknya kamu cobain deh 8 olahraga absurd ini.
Baca Juga

Pemilihan ketiga maskot ini tidaklah mudah dan singkat. Dibutuhkan sayembara kurang lebih empat bulan lamanya sampai akhirnya terpilihlah Bhin Bhin, Atung dan Ika. Triawan Munaf selaku Ketua Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyatakan bahwa apa yang terpilih sudah merupakan berbagai pertimbangan dan kaidah-kaidah dari pemilihan sebuah brand indentity system.

“Jadi, kami undang para ahli desain, karena desain sebuah disiplin. Apalagi ini untuk sebuah perhelatan Asian Games, tentu kami serahkan kepada ahlinya. Ahlinya itu kami undang ada 60 desain dan perusahaan. Lalu, mereka persentase tentang keahlian, pengalaman, dan juga tenaga ahlinya seperti apa. Dari hasil persentase itulah terpilih 11 perusahaan. Yang kemudian ke-11-nya mengajukan sebuah proposal lengkap sesuai arahan yang kami berikan. Mereka mengajukan proposal dan dinilai tim ahli yang juga kredibel berjumlah lima orang. Yang berasal dari ahli komunikasi, periklanan, dan desain,” ujar Triawan seperti dikutip dari Detiksports.

Netizen pun merespon positif terkait peluncuran maskot Asian Games 2018 yang baru ini. “Justru saya sedang banyak menerima pujian bertubi-tubi dari mana-mana. Mereka bilang ini baru profesional, dan memberikan semangat. Macam-macam pujian. Kalaupun nanti ada kritik lagi, ya, namanya desain hal itu pasti ada, tapi sebagai tim ahli kami sudah pertimbangkan beberapa hal dan haters selalu ada,” lanjut Triawan.

Sebetulnya pada tahun lalu, Kemenpora sempat merilis maskot Asian Games 2018 bernama Drawa yang berbentuk burung Cendrawasih. Sayang maskot ini banyak menuai protes karena dinilai terlalu jadul dan ketinggalan jaman. Oleh karenya, Kemenpora menggandeng Bekraf untuk bekerjasama membuat sayembara maskot baru.

maskot asian games 2018 1Tak hanya maskot, logo resmi Asian Games 2018 pun turut diperkenalkan oleh Menpora. Logo baru Asian Games ini menggambarkan sketsa Stadion Gelora Bung Karno yang dilihat dari atas. Di bagian tengan disisipkan gambar matahari yang merupakan logo Asian Games. “Logo ini menggambarkan energi yang kuat dalam merefleksikan dan mempromosikan Indonesia ke dunia,” ujar Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.

Nah meskipun ketiga maskot Asian Games 2018 berbentuk hewan, tapi jangan sampai gara-gara lagi demam Pokemon GO, kamu menggunakan Pokeball untuk menangkap mereka ya.


SHARE
Previous articleSekarang Para Pemain Pokemon GO Bisa Mendapatkan Asuransi Gratis!
Next articleAwas, Dragon Ball Fusions Bisa Bikin Kalian Ketagihan Mainkannya Berulang Kali!
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca