Developer Muda Asal Madura Sabet Gelar Microsoft Imagine Cup 2016!

Microsoft Imagine Cup 2016

Lagi-lagi, developer asal Madura berjaya di ajang Microsoft Imagine Cup. Tahun ini, giliran None Developers dari Universitas Trunojoyo yang berhasil meraih juara kedua!

Satu lagi developer muda Indonesia yang berprestasi di ajang internasional. Lagi-lagi developer asal Madura yang berhasil meraih gelar di ajang Microsoft Imagine Cup 2016 tingkat dunia yang finalnya sudah digelar hari Jum’at, 29 Juli 2016 kemarin di Seattle, Amerika Serikat. Setelah sebelumnya ada nama Solite Studio yang berhasil meraih juara kedua di ajang Microsoft Imagine Cup 2013, kali ini ada nama None Developers yang juga meraih gelar serupa. Yang menarik, keduanya berasal dari Universitas yang sama, Universitas Trunojoyo!

None Developers merebut gelar juara kedua pada kategori games lewat game yang dikembangkannya, Froggy and the Pesticide. Game ini mengandung pesan pelestarian lingkungan yang sangat kental, dimana melalui game Froggy and the Pesticide ini, None Developers ingin menyampaikan pesan bahaya penggunaan pestisida. Selain itu, game ini juga menyarankan para petani untuk menggunakan biopestisida yang lebih ramah terhadap lingkungan.

Microsoft Imagine Cup 2016

Game ber-genre puzzle ini akhirnya mengantarkan M. A. Kholiq, Anwar Fuadi, Astu Masrundi, dan Achmad Dany Romadhon untuk merebut juara kedua dan mendapatkan hadiah senilai US $10.000 atau sekitar Rp140 juta. Selama perjalanan mengikuti kompetisi Microsoft Imagine Cup 2016 sejak tingkat nasional hingga internasional, keempat mahasiswa Universitas Trunojoyo ini pun mendapatkan bimbingan langsung dari Asadullohil Ghalib Kubat, punggawa Solite Studio yang sebelumnya sukses membawa studio tersebut meraih gelar serupa tiga tahun lalu.

Ajang final Microsoft Imagine Cup 2016 ini sendiri memperebutkan total hadiah US $200.000. Bukan hanya itu, sebanyak kurang lebih 35 pelajar dan mahasiswa yang berhasil masuk ke final juga mendapatkan mentoring langsung dari CEO Microsoft, Satya Nadella. Juri dari kompetisi ini juga datang dari berbagai kalangan, mulai dari anggota Tim Eyenaemia yang menjadi juara Imagine Cup 2014, Dr. Jennifer Tang; insinyur software berpengalaman sekaligus Pengembang Kurikulum Ilmu Komputer di Microsoft, Kasey Champion; hingga aktor pemeran Finn dalam Star Wars: The Force Awakens, John Boyega.

Microsoft Imagine Cup 2016

Juara untuk kategori games sendiri direbut oleh tim asal Thailand, PH21 dan berhasil membawa pulang hadiah senilai US $50.000. Sedangkan tempat ketiga diduduki oleh tim asal Brazil, Tower Up yang berhasil membawa hadiah US $5.000.

Selamat untuk None Developers!

Sumber: Antara/Microsoft


SHARE
Previous articleTernyata Ini yang Sebabkan Thor: Ragnarok Bikin Geger Comic-Con 2016!
Next articleTeori Jon Snow Baru Saja Dibantah Oleh Salah Satu Aktornya!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.