Sejarah Pokemon: Kenali Dulu Pokemon Generasi I dan 151 Pokemon Pertama

Jangan sampai loe maen Pokemon GO dan berhasil kumpulkan semua monsternya, tapi ga tahu sejarah Pokemon Generasi I dan 151 Pokemon Pertama!

Pokemon-Sun-Pokemon-Moon-2

Pokémon — alias Pocket Monsters — merupakan game garapan Nintendo dan GameFreak yang menjadi fenomena dunia pada saat pertama kali keluar di tahun ’90an. Dan seperti yang sedang kita alami sekarang, dunia kembali mengalami demam Pokémon baru lagi sejak keluarnya Pokémon GO untuk Android dan iOS sejak awal Juli lalu.

Buat kamu yang sejak kecil mengikuti Pokemon, mungkin sudah akrab betul dengan istilah “Generasi I” atau 1st Generation dan Gen-1. Tapi lain ceritanya buat kamu yang baru mulai mendalami dunia Pokemon setelah bermain Pokemon GO.

Jadi apa maksudnya, ya? Yuk lah, mari kita sama-sama telusuri sejarah Pokemon sejenak!

Sejarah Pokemon: Generasi I dan Sejarah Singkat Lahirnya Pokémon

Sejarah Pokemon 1 - ilustrasi Ken Sugimori

Generasi I merupakan generasi awal dari dunia Pokémon yang mencakup game-game yang dirilis untuk handheld monokromatik Game Boy. Pertama kalinya Pokémon muncul di pasaran, generasi awal ini total menampilkan 151 monster virtual unik dan meluncurkan “demam Pokémon” untuk pertama kalinya di dunia pada akhir 1990 dan 2000 awal.

Ya, jadi semua Pokemon yang ada di Pokemon GO saat ini disebut sebagai Pokemon Generasi I, yang berdasarkan data PokéDex-nya dimulai dari #1 Bulbasaur hingga #151 Mew, si Pokemon Legendaris yang belum nampak batang hidungnya.

Dalam cerita game dan kartunnya, 151 “monster kantong” ini semua tersebar di satu daerah bernama Kanto. Di dalam game, kita akan berperan sebagai sebagai seorang anak berumur sepuluh tahun yang dimintai tolong oleh ilmuwan bernama Profesor Oak untuk menjelajah Kanto menangkap semua Pokémon, melengkapi ensiklopedia yang bernama Pokédex dan menjadi pelatih Pokémon terbaik di daerah tersebut.

Sementara di serial kartunnya, kita diajak menyaksikan petualangan Ash (Satoshi di Jepang, atau Ali di Indonesia untuk beberapa saat) dan Pokémon kesayangannya, Pikachu, berkelana menjelajahi dunia Pokemon bersama teman-temannya untuk menjadi pelatih Pokémon terhebat.

Ide untuk menciptakan judul Pokémon ini sendiri muncul dari kenangan masa lalu seorang pria bernama Satoshi Tajiri, sang penciptanya. Dulu diceritakan dia sering berburu dan menangkap serangga saat masih kanak-kanak, sampai mendapat sebutan “Dr. Serangga” oleh teman-temannya. Saat tempatnya berburu serangga diubah menjadi apartemen dan pusat perbelanjaan, Tajiri akhirnya berpindah haluan menjadi seorang gamer.

Bertahun-tahun kemudian saat sudah menjadi seorang pengembang game dan mendirikan Game Freak, dia melihat dua anak kecil yang sedang bermain Game Boy menggunakan kabel penghubung Game Link Cable. Tajiri pun membayangkan seekor ulat berjalan di atas kabel tersebut. Tidak mengambil waktu lama, gagasan sederhana tersebut semakin berkembang, dan dia mem-pitch konsep game tersebut ke Nintendo.

Idenya untuk memberikan anak-anak modern kesempatan menangkap monster melalui game — sama seperti bagaimana dulu dia sering menangkap serangga — “berevolusi” menjadi apa yang kita kenal sebagai Pokémon sekarang ini.

Tapi sebelum akhirnya Tajiri dan Shigeru Miyamoto dari Nintendo menentukan judul serial game ini menjadi Pokémon, konsep awal game menangkap monster ini diberi nama Capsule Monsters, atau CapuMon.

Pengembangan game Pokémon pun langsung dimulai sejak tahun 1990, kemudian selama enam tahun lamanya Game Freak mengerjakan game tersebut hingga rilis di Jepang pada 27 Februari 1996, dan di seluruh dunia dua tahun berikutnya. Tepatnya pada 28 September 1998.

Lanjut ke halaman 2…

TENTANG PENULIS
sidharta

Jadi penulis karena nggak bisa koding.