Sejarah Pokemon: Kenali Dulu Pokemon Generasi I dan 151 Pokemon Pertama

Jangan sampai loe maen Pokemon GO dan berhasil kumpulkan semua monsternya, tapi ga tahu sejarah Pokemon Generasi I dan 151 Pokemon Pertama!

Sejarah Pokemon: Kenali Dulu Pokemon Generasi I dan 151 Pokemon Pertama

Sejarah Pokemon: Kenali Dulu Pokemon Generasi I dan 151 Pokemon Pertama

Pokémon -- alias Pocket Monsters --- merupakan game garapan Nintendo dan GameFreak yang menjadi fenomena dunia pada saat pertama kali keluar di tahun '90an. Dan seperti yang sedang kita alami sekarang, dunia kembali mengalami demam Pokémon baru lagi sejak keluarnya Pokémon GO untuk Android dan iOS sejak awal Juli lalu.

Buat kamu yang sejak kecil mengikuti Pokemon, mungkin sudah akrab betul dengan istilah “Generasi I” atau 1st Generation dan Gen-1. Tapi lain ceritanya buat kamu yang baru mulai mendalami dunia Pokemon setelah bermain Pokemon GO.

Jadi apa maksudnya, ya? Yuk lah, mari kita sama-sama telusuri sejarah Pokemon sejenak!

Sejarah Pokemon: Generasi I dan Sejarah Singkat Lahirnya Pokémon

Sejarah Pokemon: Kenali Dulu Pokemon Generasi I dan 151 Pokemon Pertama

Generasi I merupakan generasi awal dari dunia Pokémon yang mencakup game-game yang dirilis untuk handheld monokromatik Game Boy. Pertama kalinya Pokémon muncul di pasaran, generasi awal ini total menampilkan 151 monster virtual unik dan meluncurkan “demam Pokémon” untuk pertama kalinya di dunia pada akhir 1990 dan 2000 awal.

Ya, jadi semua Pokemon yang ada di Pokemon GO saat ini disebut sebagai Pokemon Generasi I, yang berdasarkan data PokéDex-nya dimulai dari #1 Bulbasaur hingga #151 Mew, si Pokemon Legendaris yang belum nampak batang hidungnya.

Dalam cerita game dan kartunnya, 151 “monster kantong” ini semua tersebar di satu daerah bernama Kanto. Di dalam game, kita akan berperan sebagai sebagai seorang anak berumur sepuluh tahun yang dimintai tolong oleh ilmuwan bernama Profesor Oak untuk menjelajah Kanto menangkap semua Pokémon, melengkapi ensiklopedia yang bernama Pokédex dan menjadi pelatih Pokémon terbaik di daerah tersebut.

Sementara di serial kartunnya, kita diajak menyaksikan petualangan Ash (Satoshi di Jepang, atau Ali di Indonesia untuk beberapa saat) dan Pokémon kesayangannya, Pikachu, berkelana menjelajahi dunia Pokemon bersama teman-temannya untuk menjadi pelatih Pokémon terhebat.

Ide untuk menciptakan judul Pokémon ini sendiri muncul dari kenangan masa lalu seorang pria bernama Satoshi Tajiri, sang penciptanya. Dulu diceritakan dia sering berburu dan menangkap serangga saat masih kanak-kanak, sampai mendapat sebutan “Dr. Serangga” oleh teman-temannya. Saat tempatnya berburu serangga diubah menjadi apartemen dan pusat perbelanjaan, Tajiri akhirnya berpindah haluan menjadi seorang gamer.

Bertahun-tahun kemudian saat sudah menjadi seorang pengembang game dan mendirikan Game Freak, dia melihat dua anak kecil yang sedang bermain Game Boy menggunakan kabel penghubung Game Link Cable. Tajiri pun membayangkan seekor ulat berjalan di atas kabel tersebut. Tidak mengambil waktu lama, gagasan sederhana tersebut semakin berkembang, dan dia mem-pitch konsep game tersebut ke Nintendo.

Idenya untuk memberikan anak-anak modern kesempatan menangkap monster melalui game -- sama seperti bagaimana dulu dia sering menangkap serangga -- "berevolusi" menjadi apa yang kita kenal sebagai Pokémon sekarang ini.

Tapi sebelum akhirnya Tajiri dan Shigeru Miyamoto dari Nintendo menentukan judul serial game ini menjadi Pokémon, konsep awal game menangkap monster ini diberi nama Capsule Monsters, atau CapuMon.

Pengembangan game Pokémon pun langsung dimulai sejak tahun 1990, kemudian selama enam tahun lamanya Game Freak mengerjakan game tersebut hingga rilis di Jepang pada 27 Februari 1996, dan di seluruh dunia dua tahun berikutnya. Tepatnya pada 28 September 1998.

Lanjut ke halaman 2...

Sejarah Pokemon: Masa Lalu Pokémon di Game Boy

Sejarah Pokemon: Kenali Dulu Pokemon Generasi I dan 151 Pokemon Pertama

Perilisan game Pokémon beserta serial kartunnya secara serentak di pasar global pun berhasil mendorong Pokémon menjadi salah satu waralaba terpopuler di dunia dalam waktu singkat. Walau rilis pada akhir masa hidup Game Boy, serial ini berhasil menjuarai penjualan game RPG sepanjang masa.

Nah, bicara soal gamenya, dulu kita cuma mengenal Pokémon Red dan Blue saja untuk pertama kalinya, bukan? Di Jepang sendiri sebenarnya yang pertama kali keluar adalah Pokémon Red dan Green, lho!

Dirilis di Jepang pada 27 Februari 1996, Red dan Green merupakan versi paling pertama dari game Pokémon. Sementara versi Blue rilis belakangan tiga tahun kemudian, tepatnya pada 10 Oktober 1999. Walaupun sebelumnya sudah tersedia khusus untuk pelanggan majalah CoroCoro Comic pada 15 Oktober 1996. Pembaruan dan tampilan yang “relatif” lebih bagus yang dimiliki Blue pun diadaptasi menjadi Pokémon Red dan Blue untuk rilis internasional.

Itulah alasannya kenapa remake Red dan Blue di Game Boy Advance memakai judul Pokémon FireRed dan LeafGreen, dan tidak ada yang namanya WaterBlue. Semua karena didasari dari rilis asli versi Jepangnya!

Untuk versi Yellow sendiri, sebenarnya juga merupakan versi update dari Red, Green dan Blue. Rilis pada 12 September 1998 (saat wilayah dunia lain baru mulai keranjingan Pokémon), yang paling membedakan adalah adanya beberapa aspek yang mengikuti serial kartunnya.

Beberapa contohnya adalah, kamu tidak bisa memilih Squirtle, Charmander, atau Bulbasaur dan hanya bisa mendapatkan Pikachu pada awal permainan. Pertandingan Pokemon dengan anggota Team Rocket generik pun digantikan oleh Jessie dan James, bersama Arbok, Koffing, dan Meowth milik mereka. Tapi selain beberapa perubahan kecil lainnya, cerita Pokkémon Yellow tetap sama dengan 3 game lainnya.

Selain Pokémon Red, Green, Blue, dan Yellow yang rilis di handheld Game Boy, terdapat beberapa game lain yang juga menampilkan Pokémon-Pokémon Generasi I di konsol Nintendo 64:

  • Pokémon Stadium (1998), yang hanya berfokus pada aspek pertandingan Pokémon,
  • Pokémon Pinball (1999), permainan pinball bertema Pokémon,
  • Pokémon Snap (1999), dimana kita bermain sebagai fotografer Pokémon,
  • Pokémon Puzzle League (2000), permainan mirip Tetris bertema Pokémon.

Dan juga tentunya sekarang ditambah Pokémon GO (2016) untuk smartphone! Serial kartunnya sendiri mengakhiri masa Generasi I sampai pada Indigo League dan Orange Island.

“Generasi II” Pokémon dimulai pada 1999 dengan rilisnya Pokémon Gold dan Silver dan mengusung 100 jenis Pokémon baru dan meningkatkan jumlahnya total menjadi 251 Pokémon.

Serial Pokémon sendiri sekarang sudah mencapai “Generasi VII”, menambahkan makhluk-makhluk baru dengan total mencapai 752 jenis Pokémon (yang baru diketahui saat ini). Dan game terbarunya, Pokémon Sun dan Moon, sedang disiapkan untuk keluar di 3DS pada 18 November 2016 mendatang.

 

Pertama kali dipublikasikan di DuniaGames

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU