Inilah 5 Manfaat yang Didapat dengan Adanya Hari Game Indonesia!

Selamat Hari Game Indonesia! Berikut ini 5 manfaat yang bisa kamu petik dengan adanya HARGAI.

Hari Game Indonesia - LogoKamu tahu enggak kalau tanggal 8 Agustus ini bertepatan dengan Hari Game Indonesia (HARGAI)? Hari Game Indonesia merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Game Indonesia (AGI) setiap tanggal 8 Agustus untuk mewadahi pelaku industi game, gamer, hingga masyarakat di Indonesia untuk dapat berpartisipasi mendukung dan mendorong industri game sebagai salah satu kegiatan positif.


CONTINUE READING BELOW

Berbagai Elemen Industri Siap Meriahkan Hari Game Indonesia 2016!

Mulai dari developer, publisher, payment gateway hingga media siap memeriahkan Hari Game Indonesia 2016 dengan event dan diskonan menggiurkan!


Pemerintah pun turut mendukung diadakannya Hari Game Indonesia yang diadakan setiap tanggal 8 Agustus. Beberapa pihak seperti Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) secara terbuka menyampaikan pernyataan positif terkait Hari Game Indonesia.

Tapi sebenarnya apa sih manfaat yang bisa diambil dengan diadakannya Hari Game Indonesia?

1

Semakin Menghargai Para Pelaku Industri Game Lokal


hari game indonesiaTujuan utama dari dibuatnya Hari Game Indonesia adalah menghargai seluruh pelaku industri game lokal yang belakangan sedang tumbuh dan berkembang pesat. Banyak cara untuk mengapresiasi pelaku industri game lokal seperti memainkan game-game buatan anak bangsa atau juga tidak membeli game-game tersebut dalam bentuk bajakan yang tentu saja sangat merugikan para developer game. Dengan adanya Hari Game Indonesia ini, menjadi momen yang pas bagi kamu untuk semakin menghargai industri game dalam negeri.


2

Memacu Perkembangan Industri Game Lokal


industri game lokalTak sekedar untuk menghargai, Hari Game Indonesia juga diharapkan bisa memacu semangat para pelaku industri game lokal untuk semakin meningkatkan kualitas dan kuantitasnya dalam membuat sebuah karya, sehingga developer lokal bisa menjadi tuan rumah di negerinya sendiri dengan meraih market share lokal tidak kurang dari 50% pada tahun 2020. Dan juga mampu mengimbangi developer-developer asing di tingkat internasional.


3

Menyadarkan Bahwa Game Tidak Selalu Berdampak Negatif


game berdampak positifDengan adanya Hari Game Indonesia yang didukung oleh berbagai pihak menunjukan bahwa game tidak selalu berdampak negatif terhadap kehidupan seseorang, terutama pada perkembangan anak. Bahkan mantan Menteri Pendidikan Anies Baswedan sempat menyuarakan dukungannya terhadap industri dan perkembangan game di Indonesia. “Ada studi yang menyebutkan bahwa anak yang terbiasa main game yang sesuai umurnya, ternyata mereka pengambil keputusan yang cepat dan berani. Latihannya dari game. Game itu tergantung cara pakainya. Jangan anti game, jangan buta pro game. Game bisa membantu. Gamer itu belajar banyak dari game,” ujar Anies dilansir Detik.com


4

Sebagai Ajang Promosi Para Developer Lokal


tahu bulat developer lokalSeperti yang tertera di situs harigameindonesia.com dibentuknya HARGAI dengan maksud memberikan penghargaan kepada masyarakat Indonesia yang telah mendukung industri game di Indonesia selama ini. Nah Bisa dibilang Hari Game Indonesia menjadi ajang yang pas bagi para developer lokal untuk promosikan berbagai karyanya kepada masyarakat Indonesia.


5

Memotivasi Para Gamer


gamer proBukan hanya pelaku industri game atau developer lokal yang mendapatkan manfaat dari adanya Hari Game Indonesia, para gamer lokal pun tak ketinggalan mendapatkan keuntungan dari adanya hari khusus game ini. Jadi bukan enggak mungkin dengan adanya apresiasi dari berbagai pihak kepada game, Indonesia akan melahirkan gamer-gamer profesional yang siap bersaing di kancah internasional.

Diadakannya Hari Game Indonesia tentu menjadi sebuah pengakuan tersendiri dari pemerintah atas eksistensi dan perkembangan komunitas serta industri game Indonesia. Dengan ini, semoga Indonesia dapat bergerak bersama menuju ekosistem game yang lebih baik lagi.

TENTANG PENULIS
Dijeh

Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca