4 Anime Kontroversial Ini Harus Diblokir Demi Keamanan Sebuah Negara

Terkadang ada anime yang menampilkan dunia cerah dan bahagia, namun, ada juga yang dipenuhi adegan kekerasan yang sangat ekstrim, kontroversial, sampai harus diblokir di sebuah negara. Anime apa sajakah itu?

Anime Kontroversial

Siapapun yang mengatakan bahwa anime hanyalah untuk anak kecil, kemungkinan besar dia belum pernah menyaksikannya. Terkadang anime memang menampilkan dunia yang sangat cerah dan bahagia, namun, ada juga anime dengan adegan yang penuh kekerasan yang sangat ekstrim. Untuk beberapa negara, kekerasan tersebut ternyata tidak dapat lagi ditoleransi sehingga dilarang untuk ditayangkan di stasiun TV mereka. Inilah beberapa anime yang sangat kontroversial hingga dilarang oleh beberapa negara.

1

Attack on Titan


Anime KontroversialAnime yang pertama ini di-banned oleh pemerintah Cina karena banyaknya adegan yang tidak cocok untuk disaksikan oleh penduduk negara tersebut. Cina memang terkenal karena mereka sangat ketat dalam menentukan apa saja yang dapat ditayangkan di negara mereka. Sulit untuk mengetahui apa yang membuat mereka melarang Attack on Titan untuk dapat tayang, namun, Cina terkenal karena mereka seringkali melarang apapun yang menayangkan gambar tulang dan pembunuhan, jadi mungkin gambaran tubuh Titan sudah lebih dari cukup untuk menjawab hal ini.

2

Hetalia


Hetalia-AnimeHetalia adalah anime yang menceritakan tentang berbagai negara dan menggambarkan dalam berbagai karakter stereotipe negara tersebut. Walaupun terkadang hasilnya menjadi konyol dan menarik untuk disaksikan, Korea Selatan menganggapnya sebagai sebuah ejekan. Setelah karakter yang menggambarkan negara tersebut diperlihatkan, para penduduk Korea merasa terhina dan meminta untuk membatalkan acara tersebut. Bahkan berhasil mendapatkan lebih dari 16,000 tanda tangan melalui petisi pembatalan ini.

Walaupun hal ini terlihat berlebihan, jika kita mengingat masa lalu antara Korea Selatan dan Jepang yang sangat tidak harmonis, maka tidak heran jika mereka melakukan hal ini.

3

Pokemon


Pokemon-Sun-Pokemon-Moon-2Saudi Arabia adalah sebuah negara yang terkenal dengan tokoh religiusnya yang memiliki kuasa tertinggi, jadi jika mereka berkata Pokemon itu haram, maka anime tersebut akan dibanned. Sebuah komite dikumpulkan pada tahun 2011 dan menentukan bahwa Pokemon dapat merasuki pikiran anak kecil di negara mereka yang diduga menyebarkan paham Zionis dan judi. Tidak lama setelah itu mereka mengeluarkan sebuah fatwa yang melarang adanya peredaran game, anime, dan kartu Pokemon untuk dijual di negara mereka.

Baru-baru ini mereka telah meluaskan larangannya tersebut kepada Pokemon GO, jadi ada kemungkinan banyak gym kosong yang siap untuk diambil alih di negara tersebut.

4

Doraemon


doraemonBagaimana caranya anime seperti Doraemon dapat dibanned di suatu negara? Menurut lembaga pendidikan Perancis, acara ini memiliki dampak buruk terhadap perkembangan emosional seorang anak kecil karena Doraemon dapat menyelesaikan masalah apapun dengan bantuan kantung ajaibnya. Walaupun alasan ini terlihat konyol, tapi memang Doraemon selalu menjadi jawaban dari segala masalah Nobita.

Secara teknis mungkin memang Doraemon tidak di larang oleh negara tersebut, namun, badan pendidikan Perancis masih menganggap anime tersebut tidak layak untuk disaksikan oleh anak kecil. Maka tidak heran jika nama Doraemon atau Nobita tidak banyak dikenal oleh penduduk negara tersebut.

Bagaimana menurut kalian daftar empat anime kontroversial tersebut? Apakah ada Anime Kontroversial lain yang kalian tahu pernah di-banned di suatu negara? Tuangkan melalui kolom komentar ya!?

Share this article

TENTANG PENULIS
Doni

Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.