Inikah Kelemahan Big Mom yang Bisa Dimanfaatkan Luffy?

Sejauh ini, kekuatan Big Mom terkesan super dan sulit ditanggulangi. Tapi ada beberapa kelemahan yang bisa dimanfaatkan Luffy untuk mengalahkannya. Apa itu?

SPOILER ALERT!!

Kelemahan Big Mom - One Piece

Sejauh ini, kelihatannya Big Mom sang Yonko akan menjadi musuh berbahaya. Apa kira-kira kelemahan Big Mom yang bisa dimanfaatkan Luffy untuk mengalahkannya?

Mencoba menemukan kelemahan Big Mom adalah hal yang vital untuk Luffy, terutama karena ia harus menghadapi sang Yonko tanpa Zoro, anak buah terkuatnya. Bahkan Sanji pun masih ditahan keluarganya sendiri, dan tak bisa beraksi seenaknya bila tidak ingin kehilangan tangan.

Seperti yang bisa kamu baca di One Piece 835, buah iblis yang dimakan Big Mom ternyata adalah Soul Soul Fruit. Dengan kekuatan ini, Big Mom bisa menyerap habis jiwa seseorang. Dia juga bisa mengeluarkan sebagian potongan jiwanya, dalam bentuk arwah hitam.

Big Mom juga dapat mengumpulkan jiwa dari seluruh penghuni Totland. Ia lalu menyebarkan 1-2 bulan nyawa rakyatnya ini ke pohon, bunga, dan awan, memberi mereka kehidupan. Tak hanya itu, pohon, bunga, batu, rumah, dan benda tak berakal lain yang ia hidupkan pun menjadi loyal kepada Big Mom.

Jangkauan kekuatan Big Mom memang cukup besar. Karena dia Yonko, dan Soul Soul Fruit sendiri berjenis Paramecia, bisa jadi Big Mom masih memiliki kekuatan tersembunyi seperti Doflamingo.

Jadi apa kelemahan Big Mom yang bisa dimanfaatkan Luffy?

Kelemahan Big Mom - Muscat

Kalau kita mengamati adegan dari One Piece 829 ini, sudah dijelaskan kalau salah satu cara Big Mom menyerap jiwa seseorang adalah bila korbannya ketakutan. Di hadapan ibunya yang sedang sinting, Muscat justru tak bisa mengendalikan diri. Akibatnya ia kehilangan 40 tahun hidupnya dalam sekejap, dan ia pun tumbang.

Kemudian mari kita tengok halaman pembuka One Piece 835.

Big Mom One Piece - Leave of Life


CONTINUE READING BELOW

Kekuatan Devil Fruit Big Mom Dijelaskan di One Piece 835!

One Piece 835 mengungkap kekuatan devil fruit Big Mom. Sekarang jelas kenapa bajak laut yang satu ini layak menjadi salah satu Yonko!


Setiap penghuni Totland diberi pilihan: “Leave or Life.” Ternyata Life justru adalah pilihan yang aman, karena yang diambil oleh potongan jiwa Big Mom hanya satu bulan kehidupan saja. Mungkin bila Muscat memilih “Life” saat diberi pilihan, ia tidak akan langsung tewas.

Jadi dari sini kita bisa melihat cara kerja kekuatan Big Mom. Pertama, sepertinya Big Mom hanya bisa menyerap jiwa dari orang yang rela menyerahkan diri atau mereka yang memancarkan emosi kuat, seperti rasa takut. Mereka yang takut bisa diserap hingga habis jiwanya meski mereka tidak rela.

Salah satu ciri khas Luffy adalah ia tak pernah mengenal takut, siapa pun lawannya. Jadi setidaknya dari sisi itu, terlihat kalau Luffy minimal bisa bertarung dengan Big Mom tanpa diserap habis jiwanya dalam satu serangan.

Ini juga sebabnya kenapa Yonko seperti Whitebeard, Shanks, Kaido, dan Blackbeard yang menggantikan posisi Whitebeard tidak bisa disingkirkan dengan mudah oleh Big Mom, meski kekuatan Soul Soul Fruit begitu imba. Para rival Yonko-nya itu bukan tipe yang bisa merasakan takut. Kaido mungkin tidak bisa diserap sama sekali, karena kalau tidak Yonko yang satu itu seharusnya sudah mencoba diserap jiwanya agar ia bisa mati.

One Piece - Big Mom Charlotte Linlin

Tapi harus diingat kalau Luffy masih harus mati-matian untuk mengalahkan Crocodile, meski dia sudah tahu kelemahan mantan Shicibukai itu. Dia bahkan masih harus berjuang untuk melawan Enel, meski semua serangan andalan Enel tak berguna kepadanya. Jadi meski kekuatan Big Mom mengandalkan rasa takut pun Luffy bisa jadi tetap harus berjuang untuk menundukkan Big Mom. Seorang Yonko tidak akan mungkin bisa ditundukkan semudah lawan-lawan Luffy sebelumnya.

Satu hal lagi yang perlu diwaspadai Luffy? Mungkin kekuatan Big Mom tak hanya aktif bila merasakan takut. Mungkin emosi kuat seperti amarah pun bisa dia gunakan untuk menyerap jiwa.

Cara teraman Luffy untuk mengalahkan Big Mom sebenarnya adalah memancing Kaido, yang sudah dibuat kesal oleh ulahnya, ke Totland. Akan menarik menyaksikan duel antara dua Yonko. Tapi Eiichiro Oda memiliki kesempatan menggunakan plot seperti ini di arc Doflamingo, di mana Kaido bisa dipancing mengakhiri Dofla karena produksi SMILE terhenti. Oda tidak menggunakannya.

Jadi, sepertinya kali ini pun Oda tidak akan sekedar mendatangkan Kaido untuk mengakhiri ancaman Big Mom. Mari kita berharap ada kelemahan Big Mom lain yang dapat terungkap sebelum Luffy harus berduel melawannya. Karena sekarang, Yonko yang satu ini terasa masih sulit untuk ditundukkan.

 

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.