Inilah Berbagai Istilah Pokemon GO yang Wajib Diketahui Oleh Pemula!

Berbagai Istilah Pokemon Go yang Wajib Kamu Ketahui! guide Pokemon GO, panduan Pokemon GO, arti istilah Pokemon GO, pengertian istilah Pokemon Go.

Istilah-Istilah Pokemon Go

Kamu mungkin menemukan istilah Pokemon GO yang bahkan terdengar asing bagi para pemain game Pokemon veteran. Apa maksudnya CP? Apa fungsi PokeStop?

Daftar pengertian istilah Pokemon GO atau glosarium ini sendiri sebenarnya bisa kamu baca langsung di situs resminya, tapi semuanya tertulis dalam bahasa Inggris. Nah, istilah-istilah asing itu sudah kita terjemahkan nih ke bahasa Indonesia! Yuk kita baca bersama-sama!

Istilah Pokemon GO yang Umum

Combat Power (CP)

Combat Power adalah tingkat kekuatan serangan Pokemon. Tinggi-rendahnya CP akan mempengaruhi seberapa kuat serangan yang dikeluarkan oleh Pokemon tersebut dalam pertandingan.

Hit Points (HP)

Angka yang menunjukkan nyawa Pokemon-mu. Kalau tingkat HP mencapai nol maka Pokemon akan Fainted, alias K.O., alias ko-it. Untuk membangkitkan mereka kembali, kamu harus menggunakan item Revive, untuk setengah dari HP maksimal atau Max Revive, untuk membangkitkan mereka dengan HP penuh.

Experience Points (XP)

Poin bagi karaktermu untuk naik ke Level yang lebih tinggi. Setiap naik beberapa Level, kamu bisa mendapat item baru dari PokeStop, seperti Great Ball, Ultra Ball, Super Potion, dan sebagainya.

Type

Tipe atau jenis Pokemon. Tiap Type memiliki kelemahan masing-masing, seperti Type Fire/Api lemah dengan serangan Water/Air, dan Water kalah melawan Grass/Daun. Kebalikannya juga berlaku.

PokeCoins

Merupakan mata uang dalam game Pokemon Go yang bisa digunakan untuk membeli item premium di Shop, PokeCoins bisa dibeli dari Shop ataupun didapat sebagai hadiah untuk melindungi Gym.

PokeStop

PokeStop adalah lokasi dimana kamu bisa mengumpulkan atau mengisi ulang item-item penting untuk perjalananmu, seperti PokeBall, Potion, dan Pokemon Egg. Kamu bisa mendapat item dari satu PokeStop setiap beberapa menit sekali.

Sebuah PokeStops baru bisa diaktikan jika berubah bentuk dan kamu sudah berada cukup dekat. Cukup sentuh PokeStop di peta, lalu putar foto di tengah layar untuk mendapatkan item. Kamu tidak perlu men-tap semua item yang muncul, tinggal tutup saja layar PokeStop maka semua item yang nampak akan otomatis terambil.

PokeDex

PokeDex adalah kamus yang berisi informasi tentang jenis-jenis Pokemon yang telah kamu tangkap atau temui. Tujuan utama semua trainer Pokemon adalah melengkapi PokeDex mereka!

Medal

Kamu akan mendapat Medal untuk beberapa macam kegiatan yang bisa kamu lakukan di game. Biasanya kamu harus melakukan satu hal selama beberapa kali, misal menangkap 30 Pokemon bertipe tertentu atau berjalan sejauh 10 kilometer.

Trainer

Sebutan untuk para pemain Pokemon. Istilah ini nggak berlaku cuma buat pemain Pokemon Go saja, tapi juga buat kamu-kamu yang memainkan game handheld-nya.

Wild Pokemon

Pokemon yang belum tertangkap dan masih berwarna abu-abu di PokeDex disebut Wild Pokemon, alias Pokemon liar.

Evolution

Sebutan yang dipakai saat Pokemon berubah bentuk. Di Pokemon GO, kamu perlu memakai Candy untuk mengubah Pokemon ke bentuk berikutnya.

Istilah-Istilah Pokemon Go

Istilah Pokemon GO Mengenai Gym dan Pertandingan

Gym

Gym (bukan tempat fitness) adalah tempat dimana kamu bisa bertanding dengan Pokemon dari tim lawan.

“Friendly Gym” adalah Gym yang dijaga oleh tim yang sama denganmu, sedangkan Gym yang dijaga oleh tim lawan disebut “Rival Gym”. Sementara Gym yang belum diklaim oleh tim manapun dan masih kosong disebut “Open Gym”.

Battle

Di dalam Gym, kamu bisa bertarung (battle) dengan tim lain. Kalau kamu berhasil mengalahkan semua Pokemon di sana dan menghabiskan poin Prestige-nya, maka maka kamu dapat mengambil alih Gym dari tim sebelumnya.

Training

Di Gym yang sudah dikuasai tim teman, kamu bisa bertanding dengan Pokemon yang ada di Gym tersebut untuk meningkatkan XP dan poin Prestige.

Prestige

Prestige adalah tingkat kemajuan bagi sebuah Gym. Poin Prestige didapat dari melakukan Training. Meningkatkan poin Prestige akan meningkatkan jumlah Pokemon yang bisa ditaruh dalam Gym, maksimal mencapai 10 Pokemon saat mencapai 50.000 Poin Prestige.

Defender Bonus

Bonus yang kamu dapat dari menaruh Pokemon dalam sebuah Gym, yang berupa Stardust dan PokeCoins gratis per 20 jam. Bisa kamu klaim melalui ikon tameng biru di Shop.

Istilah-Istilah Pokemon Go

Istilah Pokemon GO Mengenai Item-Item

PokeBall

Item bola yang disebut sebagai PokeBall ini wajib dipakai supaya kamu bisa menangkap Pokemon. PokeBall bisa di dapat gratis dari PokeStop atau dibeli dari Shop.

Great Ball dan Ultra Ball adalah PokeBall yang punya kemampuan lebih besar untuk menangkap Pokemon.

Candy

Kamu bisa mendapat Candy dari menangkap Pokemon, menetaskan telur, dan mentransfer Pokemon ke Profesor Willow. Candy dapat digunakan untuk meningkatkan CP dan untuk merubah Pokemon.

Stardust

Stardust diperoleh dari menangkap Pokemon, menetaskan telur, dan mendapatkan Defender Bonus. Item ini dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan Pokemon melalui Power-Up.

Incense

Memakai Incense akan meningkatkan kemungkinan Pokemon muncul di dekatmu. Durasi penggunakan item ini adalah selama 30 menit.

Incubator

Alat untuk menetaskan telur Pokemon (atau Egg) yang kamu punya.

Pokemon Egg

Telur Pokemon alias Egg bisa kamu dapatkan di PokeStop. Pokemon Egg perlu dimasukkan ke Incubator supaya menetas. Setelah itu kamu harus menempuh jarak tertentu sesuai yang tertulis di telur tersebut (2, 5, atau 10 km) agar mereka menetas.

Lucky Egg

Berbeda dengan Pokemon Egg, Lucky Egg justru dipakai untuk melipatgandakan jumlah XP yang kamu dapat selama 30 menit.

Lure Module

Kamu bisa memakai Lure Module di PokeStop untuk menarik Pokemon ke daerah itu selama 30 menit.

Potion

Obat untuk menyembuhkan HP Pokemon. Ada beberapa tingkatan: Potion, Super Potion, Hyper Potion, dan Max Potion.

Power-Up

Cara meningkatkan CP dan HP Pokemon dengan menggunakan sejumlah Stardust dan Candy.

Razz Berry

Gunakan buah ini saat bertemu Pokemon liar untuk membuatnya lebih mudah ditangkap.

Semoga daftar istilah tersebut semakin memudahkanmu untuk memahami dunia Pokemon GO. Happy hunting, trainers!

Pertama kali dipublikasikan di DuniaGames

TENTANG PENULIS
sidharta

Jadi penulis karena nggak bisa koding.