Sejarah Game Pokemon: Game Boy Advance (Bagian 2)

Pembahasan sejarah panjang mengenai game Pokemon sekarang sudah sampai pada bagian kedua: game-game Pokemon Game Boy Advance!

Sejarah Game Pokemon Game Boy Advance

Perkembangan game Pokemon Generasi I di Game Boy dan Game Boy Color sudah dibahas di artikel lalu, mulai dari pertama kalinya rilis Pokemon Red dan Blue sampai Crystal. Nah hari ini, mari kita teruskan perjalanan ke sejarah game Pokemon Game Boy Advance!

Pokemon Ruby dan Sapphire (2002 – Jepang, 2003 – Global)

Sejarah Game Pokemon Game Boy Advance

Pokemon “Generasi III” dimulai dengan perilisan Pokemon Ruby dan Sapphire pada akhir 2002 di Jepang dan 19 Maret di Amerika Utara, 3 April di Australia, dan 25 Juli 2003 di Eropa.

Khusus daerah Amerika, Ruby dan Sapphire dijual perdana di Pokemon Center New York pada 15 Maret sebelum akhirnya dijual juga di toko-toko biasa empat hari kemudian.

Generasi Pokemon terbaru di Game Boy Advance ini membawa para pemainnya ke daerah bernama Hoenn, yang didasari dari Kyushu dan pulau-pulaunya di Jepang. Di Hoenn, pemain akan menerima Pokemon awal baru: Torchic, si ayam api; Mudkip, hewan air tawar yang imut; dan Treecko, si kadal pohon. Bersama 132 jenis Pokemon baru lainnya, Generasi III membawa jumlah total Pokemon menjadi 386 jenis berbeda.

Selain kembali memberikan pilihan karakter utama cewek, Ruby dan Sapphire menjadi game Pokemon yang pertama kali memiliki fitur double battle, pertandingan Pokemon 2 lawan 2; adu kecantikan, Pokemon Contest; dan beragam jenis PokeBall baru. Terjual sekitar 16 juta kopi, game ini pun didaulat menjadi game Game Boy Advance terlaris oleh IGN.

Pokemon FireRed dan LeafGreen (2004, Global)

Sejarah Game Pokemon Game Boy Advance

Rilis yang satu ini merupakan pembaruan — alias remake — dari Pokemon Red dan Blue. Selain memiliki grafis modern layaknya Ruby dan Sapphire, versi ini juga dilengkapi berbagai fitur lain yang tidak ada di game originalnya, seperti fitur-fitur yang ada di game sebelumnya, karakter utama cewek, dan adanya Sevii Island, tempat untuk menangkap Pokemon-Pokemon dari Generasi II.

FireRed dan LeafGreen dirilis pada 29 January di Jepang, 9 September di Amerika Utara, 23 September di Australia, dan 1 Oktober 2004 di Eropa. Kedua judul ini menjadi bagian penting sejarah game Pokemon Game Boy Advance, mendorong Nintendo untuk membuat remake game lama di setiap generasi konsol handheld.

Seperti yang sudah dibahas di artikel Sejarah Pokemon: Kenali Dulu Pokemon Generasi I dan 151 Pokemon Pertama sebelumnya, tidak ada versi WaterBlue karena aslinya judul game Pokemon rilis sebagai Pokemon Red dan Green saja di Jepang.

Pokemon Emerald (2004 – Jepang, 2005 – Global)

Sejarah Game Pokemon Game Boy Advance

Melanjutkan tradisi rilisnya game ketiga yang lebih lengkap, Ruby dan Sapphire pun ditemani oleh Pokemon Emerald dua tahun kemudian, yang rilis pada 16 September 2004 di Jepang. Sementara daerah lain baru kebagian setahun berikutnya, lebih tepatnya 1 Mei di Amerika Utara, 9 Juni di Australia, dan 21 Oktober 2005 di Eropa.

Selain memberikan event khusus menangkap Rayquaza di Sky Pillar, Emerald juga mengusung beragam perubahan baru. Salah satunya adalah perubahan desain dan warna baju karakter sehingga lebih sesuai dengan tema hijau game ini, dan gambar Pokemon yang kembali bergerak saat sedang bertarung.

Penjualan Pokemon Emerald pun mengekor dua game Pokemon sebelumnya, menjadi game Game Boy Advance terlaris ketiga setelah Ruby dan Sapphire serta FireRed dan LeafGreen.

Pokemon Pinball: Ruby and Sapphire dan Pokemon Mystery Dungeon (2003 dan 2005 – Global)

Sejarah Game Pokemon Game Boy Advance

Sejarah game Pokemon Game Boy Advance belum lengkap tanpa kehadiran dua game spin-off ini.

Pokemon Pinball ini sesuai judulnya, adalah permainan “ding dong” alias pinball bertema Pokemon, dimana kamu bisa menangkap Pokemon menggunakan bola pinball yang juga berperan sebagai Pokeball. Terdapat dua meja, Ruby Field dan Sapphire Field, masing-masing memiliki fitur dan Pokemon yang berbeda.

Game tersebut rilis pada tahun 2003. 1 Agustus Jepang, 25 Agustus Amerika Utara, 26 September Australia, dan 14 November Eropa.

Sementara Pokemon Mystery Dungeon adalah sebuah RPG yang menceritakan petualangan seorang manusia yang tiba-tiba berubah menjadi Pokemon dan harus hidup bersama Pokemon-Pokemon lainnya.

Rilis 17 November 2005 di Jepang dan 18 September 2006 di Amerika bersamaan dengan versi NDS-nya Blue Rescue Team, game ini mengusung gaya dungeon crawler dengan denah dungeon yang selalu diacak. Semua Pokemon dari Generasi I, II, dan III muncul di game ini, baik sebagai kawan maupun lawan.

Pertama kali dipublikasikan di DuniaGames

TENTANG PENULIS
sidharta

Jadi penulis karena nggak bisa koding.