Inilah Peringkat Pemeran Joker Terbaik Sepanjang Sejarah!

Dengan penampilannya di Suicide Squad, Jared Leto menjadi pemeran terbaru Joker. Tapi siapakah pemeran Joker terbaik sepanjang sejarah? Ini daftarnya!

Pemeran Joker Terbaik - Cover

Dengan penampilannya di Suicide Squad, Jared Leto menjadi pemeran terbaru Joker. Tapi siapakah pemeran Joker terbaik sepanjang sejarah? Ini daftarnya!

0

Honorable Mention: Cameron Monaghan


Joker Jerome - Gotham

Sebenarnya, penulis sempat pesimis dengan kabar Joker akan muncul di Gotham. Mengingat Joker adalah rival sejati Batman, rasanya ada yang salah bila memunculkan tokoh ini saat Bruce Wayne bahkan masih kecil. Tapi Cameron Monaghan sukses menghempaskan keraguan itu dengan kekuatan aktingnya. Karakteristik yang ia sajikan sebagai Jerome betul-betul menghibur.

Satu-satunya alasan dia belum bisa dimasukkan secara resmi ke peringkat atas pemeran terbaik Joker hanyalah karena Jerome belum benar-benar menjadi Joker. Bahkan masih ada tanda tanya apakah dia benar-benar Joker, mengingat apa yang terjadi kepadanya di season 2. Tapi bila nanti Jerome bertransformasi, maka Heath Ledger dan Jack Nicholson harus hati-hati. Dia bisa meroket hingga minimal ke peringkat ketiga daftar ini.


5

Cesar Romero


Joker - Cesar Romero

Kesampingkan dulu kumis yang masih jelas terlihat di Joker versi ini. Sebenarnya Cesar Romero tampil dengan sangat baik. Serial Batman tahun 60an menekankan unsur komedi ketimbang drama kelam seperti di versi-versi selanjutnya. Memang ini bukan penampilan Joker paling setia dengan penggambaran modern, tapi Romero sukses menyajikan tokoh yang pas untuk serial Batman.

Keberadaan Cesar Romero di peringkat lima daftar pemeran Joker terbaik ini juga menunjukkan satu hal: tidak ada pemeran Joker di adaptasi layar lebar maupun layar kaca yang benar-benar buruk. Semua memiliki keunggulan masing-masing. Ini membuat karakter Joker lebih beruntung dari Poison Ivy, Bane, dan Mr. Freeze yang pernah dirusak pemeran yang kurang pas di Batman & Robin.


4

Jared Leto


Mid-Credit Suicide Squad - Joker

[outbound_link text=”262226″ link=””]

Joker versi terbaru ini ternyata hanya dapat menempati peringkat empat di daftar pemeran Joker terbaik sepanjang masa. Alasannya? Sebenarnya lebih karena karakter Joker disajikan oleh sutradaranya dengan kurang maksimal.

Penampilan Leto cukup oke. Tapi sekedar “cukup” saja gagal membuatnya melampaui Jack Nicholson ataupun Heath Ledger, yang tampil dengan sangat istimewa di film masing-masing. Mungkin Leto bisa menyajikan Jokernya dengan lebih menawan, sayangnya banyak adegannya di Suicide Squad yang justru dihapus. Akhirnya, perannya di film terlihat sebagai sebuah tempelan yang nyaris tak berarti.

Mungkin kalau nanti Joker tampil di film solo Batman peringkatnya di daftar ini bisa lebih tinggi. Tapi untuk sekarang, dia hanya bisa menduduki peringkat ini.


3

Jack Nicholson


Jack Nicholson


CONTINUE READING BELOW

Ini Informasi Soal Musuh Baru di Spider-Man Homecoming!

Ternyata Vulture bukan satu-satunya musuh yang akan dihadapi oleh Spider-Man. Inilah informasi soal musuh baru di Spider-Man Homecoming!


Versi Joker Jack Nicholson disajikan oleh sutradara yang sebenarnya tak terlalu suka buku komik, yakni Tim Burton. Aura misteri Joker pun hilang karena Burton menyajikan latar belakang tokoh ini sebagai gangster Jack Napier. Tapi tetap saja Nicholson menyajikan perannya dengan sangat baik, walau terkadang terasa Nicholson hanya menjadi dirinya sendiri dalam balutan riasan.

Joker versi Jack Nicholson memiliki segala hal yang membuat karakter Joker menarik. Selera humornya yang sakit menyembunyikan fakta kalau dia mampu merancang rencana kejahatan kompleks. Dia juga betul-betul sadis dan dapat membunuh siapa pun, terkadang tanpa alasan. Dari beberapa sisi, Joker versi Jack Nicholson ini mungkin malah adaptasi yang lebih setia ketimbang versi Heath Ledger. Tidak salah kalau ada yang menganggap Nicholson lebih layak menempati peringkat kedua ketimbang saingannya.


2

Heath Ledger


Joker - Heath Ledger

Dari segi akting dan totalitas, Joker versi Heath Ledger ini layak masuk papan atas peringkat pemain Joker terbaik. Ledger berhasil melebur sepenuhnya ke dalam karakternya, hingga di momen-momen di mana ia tidak mengenakan riasan pun ia tak terlihat seperti Ledger.

Christopher Nolan dan Heath Ledger berhasil menyajikan versi alternatif Joker yang benar-benar menakutkan. Ledger menemukan sendiri gerak-gerik khas Joker yang membuat karakter ini unik, mulai dari cara bergerak, cara berdiri, hingga cara bicara dengan orang lain.

Namun dengan raibnya hampir seluruh ciri Joker selain rambut hijau, pakaian ungu, dan wajah putih seperti badut, Joker versi Heath Ledger ini terasa bukan merupakan adaptasi setia dari Joker. Ini adalah versi alternatif yang sangat bagus, namun dari segi adaptasi, hanya ada satu Joker sejati. Dan dia ada di peringkat puncak.


1

Mark Hamill


Review The Flash season 2 episode 9 - Trickster

Lho, bukannya dia adalah pemeran Trickster dari serial The Flash? Kenapa si Luke Skywalker ini justru berada di peringkat teratas daftar pemeran Joker terbaik?

Karena dari semua Joker dalam sejarah, Mark Hamill memang pemeran Joker yang paling definitif. Dan tentunya peran yang membuatnya meroket ke peringkat puncak ini bukanlah Trickster, melainkan karakter Joker yang ia isi suaranya di Batman: The Animated Series hingga serial game Arkham. 

Joker - Mark Hamill

Karakter Joker yang diserahkan ke Hamill ini sebenarnya adalah versi Joker paling definitif. Dia memiliki sisi komedi kelam yang dimiliki Joker. Namun jangan meremehkan dia, karena dia juga bisa jadi sangat berbahaya. Bahkan di episode World’s Finest, Part II Superman yang perkasa sekalipun menelan batunya karena meremehkan Joker.

Tapi karakter yang sempurna sekalipun bisa jadi sampah bila dipegang oleh pemeran yang salah. Mark Hamill sukses menyajikan suara Joker paling ikonik. Tak heran saat Batman: Arkham Asylum dulu dia langsung ditunjuk menjadi pengisi suaranya. Heath Ledger dan Jared Leto mungkin menyajikan suara unik Joker, tapi bila dibandingkan dengan suara Mark Hamill, mereka tidak ada apa-apanya.

Penasaran ingin melihat penampilan Mark Hamill sebagai Joker di live action? Kamu hanya tinggal melihat episode Flash di mana dia menjadi Trickster. Dengan komedi kelam dan kegeniusan sinting yang bisa mempersulit seorang manusia super, Trickster justru lebih Joker ketimbang Joker Heath Ledger maupun Jared Leto.


Itulah peringkat Joker terbaik sepanjang sejarah. Ada yang kamu kurang setuju? Silakan sampaikan di komentar!

 

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.