Aduh, Jadwal Rilis Final Fantasy XV Ditunda Lagi!

Kali ini ditunda berapa bulan lagi ya? Tapi penundaan ini justru bakal berdampak yang positif untuk game-nya. Kok bisa?

jadwal rilis final fantasy XV

Penggemar Final Fantasy sepertinya harus siap-siap kecewa lagi. Jelang pelaksanaan Gamescom 2016 yang akan mulai digulirkan pada akhir minggu ini (17-21 Agustus 2016) di Cologne, Jerman, Square Enix membawa kabar yang cukup mengecewakan. Mereka mengkonfirmasikan bahwa jadwal rilis Final Fantasy XV ditunda lagi!

Yap, penundaan jadwal rilis Final Fantasy XV ini mungkin sudah tidak terhitung berapa kali. Sejak pertama kali diperkenalkan dalam judul Final Fantasy Versus XIII, sudah satu dekade lebih game ini dikembangkan sampai akhirnya berubah menjadi Final Fantasy XV. Awalnya, Square Enix mengkonfirmasikan bahwa game ini akan dirilis pada tanggal 30 September 2016. Namun melalui sang sutradara Hajime Tabata, Square Enix mengkonfirmasikan penundaannya selama dua bulan, sehingga jadwal rilisnya menjadi 29 November 2016 mendatang.

Berikut adalah video dari Hajime Tabata yang mengkonfirmasikan penundaan jadwal rilis Final Fantasy XV ini.

Kamu bisa menyalakan subtitle di video YouTube di atas untuk mengetahui apa yang dikonfirmasikan oleh Tabata. Namun berikut adalah kutipan inti dari pernyataan tersebut.

“Our objective with Final Fantasy XV was to deliver a Final Fantasy of the highest possible quality, to every single person who buys the game. We have completed the master version, but when it comes to that highest possible quality, we felt that we had not quite reached this standard yet…

… We held a presentation in March and announced that Final Fantasy XV would have a simultaneous worldwide release on the 30th of September. I am very sorry, but I must ask for just a little more time to polish our game up some more. We are changing the release date of Final Fantasy 15 to the 29th of November 2016”

jadwal rilis final fantasy XV

Yap, seperti yang sudah diungkapkan oleh Tabata di atas, dirinya menginginkan satu game Final Fantasy dengan kualitas tinggi sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan developer dan yang diharapkan oleh gamer. Dan dalam dua bulan penundaan ini, dia dan timnya fokus untuk melakukan polishing dan memastikan Final Fantasy XV akan memuaskan gamer yang sudah menunggu satu dekade untuk memainkannya.

Selain mengkonfirmasikan penundaan jadwal rilis Final Fantasy XV, Tabata juga mengungkapkan bahwa bakal ada DLC berupa patch hari pertama (day one patch) yang akan dirilis bersamaan dengan perilisan game utamanya. Bukan hanya itu, dia juga memberikan sedikit teaser mengenai kemungkinan adanya DLC tambahan untuk game ini di masa yang akan datang.

jadwal rilis final fantasy XV

Satu hal yang sangat disayangkan yah. Tapi jika kamu termasuk salah satu gamer yang sudah menunggu satu dekade untuk memainkan game ini, waktu dua bulan tentunya bukan waktu yang terlalu lama untuk ditunggu bukan? Hehehe..

Sumber: Square Enix

TENTANG PENULIS
Ferry

Gamer. Otaku. Suka film. Suka melakukan hal-hal yang baru.