Metal Gear Survive: Tanpa Dukungan Kojima, Konami Tiru Left 4 Dead?

Game Metal Gear co-op bertema zombie ini siap dikerjakan Konami walau tanpa adanya kehadiran Hideo Kojima di perusahaan tersebut!

Metal Gear Survive

Konami hari ini baru saja mengumumkan judul Metal Gear baru, Metal Gear Survive, di salah satu ajang gaming terbesar di dunia, Gamescom 2016.

Metal Gear Survive direncanakan akan rilis untuk PlayStation 4, Xbox One dan PC melalui Steam pada 2017 mendatang dan akan menjadi judul pertama serial action tersebut yang rilis setelah kepergian sang auteur Hideo Kojima dari Konami.

Game ini melanjutkan bagian akhir dari Metal Gear Solid V: Ground Zeroes. Tapi setelah Mother Base diserang, prajurit-prajurit Big Boss yang tersisa malah tersedot ke dalam wormhole misterius dan masuk ke “alternate timeline“, di mana mereka terdampar di tengah padang pasir yang luas dan diserbu oleh ancaman makhluk-makhluk biologis aneh yang nampak seperti mayat hidup.

Pihak Konami sendiri mengatakan game ini masih akan kental dengan unsur stealth, namun Metal Gear Survive akan didesain khusus untuk gaya permainan co-op empat orang.

Metal Gear Survive

Zombie, co-op, tema bertahan hidup. Hmm, apakah Konami sedang berusaha meniru game-game populer bertema horor seperti Left 4 Dead dan Resident Evil? Atau game survival seperti Rust, DayZ, dan How to Survive?

Ditambah dengan mendaur ulang komponen-komponen atau aset dari Metal Gear Solid V, nampaknya judul ini hanya dibuat untuk mengincar dompet gamer semata saja, nih!

Untuk bisa melihat lebih lengkap aksi zombie di dunia Metal Gear, kamu bisa langsung memutar trailer di bawah ini.

Tapi mengingat konsep Parasite Unit dan parasit leher yang ada di Metal Gear Solid V dan karakter Metal Gear Solid 2 Vamp si vampir metroseksual, adanya sosok mayat hidup di dunia Metal Gear sebenarnya tidak aneh-aneh amat.

Mungkin masalah timing saja, ya. Kojima terkesan dikeluarkan dengan tidak hormat dari Konami, kemudian mereka “menelantarkan” pengembangan game dengan mengejar pasar pachinko/pachislot.

Dan mungkin juga karena rasanya game ini tidak sekreatif judul-judul Metal Gear lainnya.

Namun sebenarnya, sebelum Metal Gear Survive, memang sudah ada beberapa game Metal Gear lain yang tidak ditangani langsung oleh Kojima sendiri, di antaranya adalah:

  • Metal Gear: Ghost Babel (2000, Game Boy Color),
  • Metal Gear Ac!d (2004, Playstation Portable),
  • Metal Gear Ac!d 2 (2005, Playstation Portable),
  • Metal Gear Solid Portable Ops (2006, Playstation Portable),
  • Metal Gear Solid Mobile (2008, N-Gage),
  • Metal Gear Solid Touch (2009, iOS),
  • Metal Gear Arcade (2010, Arcade),
  • dan Metal Gear Rising: Revengeance (2013, Playstation 3, Xbox 360, PC) yang dikerjakan oleh PlatinumGames.

Tetapi Metal Gear Survive akan menjadi game Metal Gear pertama yang sama sekali tidak menyandang nama Kojima, sejak dia keluar dari Konami Oktober 2015 lalu dan mendirikan tim pengembang independen bernama Kojima Productions. Semoga serial ini masih akan terus berlanjut dengan cerita-cerita yang unik, ya!

Hideo Kojima sendiri saat ini sedang mengerjakan game petualangan Death Stranding bersama aktor Norman Reedus.

Sumber: Gematsu

TENTANG PENULIS
sidharta

Jadi penulis karena nggak bisa koding.