The Legend of Heroes Berlanjut, Sen no Kiseki II Rilis Global untuk PS3 dan PS Vita

Pilihan salah satu RPG klasik favorit dari Jepang untuk bulan September…

Legend of Heroes

Pada tahun 2013 lalu, Nihon Falcom merilis The Legend of Heroes: Trails of Cold Steel, RPG untuk PlayStation 3 dan PlayStation Vita yang menjadi bagian dari serial The Legend of Heroes yang cukup populer di Jepang. Sekuelnya juga telah dirilis 25 September 2014 lalu untuk platform yang sama, serta akhir pekan kemarin dipastikan perilisan Globalnya oleh penerbit independen XSEED Games pada 6 September 2016 mendatang di Amerika Utara untuk PlayStation 3 dan PlayStation Vita (versi Eropanya menyusul 11 November mendatang), baik secara fisik dan digital dengan harga sekitar Rp550 ribuan.

The-Legend-of-Heroes-3 The-Legend-of-Heroes-4

The Legend of Heroes: Trails of Cold Steel II (Eiyū Densetsu: Sen no Kiseki II) mengambil setting sebulan setelah kudeta penting yang mengubah sejarah dunia di akhir Trails of Cold Steel. Berbeda dengan serial Ys garapan Nihon Falcom, yang secara atmosfer begitu terasa kemiripannya, The Legend of Heroes: Trails of Cold Steel II masih mempertahankan gameplay taktik, dimana karakter beryarung bergiliran, dengan sistem yang telah dibangun melalui prekuelnya, yaitu sistem “ARCUS,” yang kini ditemani dengan mode Overdrive baru (sehingga karakter yang ter-Link bisa menyerang terus hingga tiga giliran), serta adanya sarana transportasi baik di darat dan udara (menggunakan pesawat udara).

The-Legend-of-Heroes-2 The-Legend-of-Heroes-11

Paling menarik dan dibanggakan oleh Nihon Falcom adalah sistem pertarungannya, yang memang menjadi pengembangan dari seri Eiyū Densetsu / The Legend of Heroes. Kalian masih mendapatkan Tactical Link System dari prekuelnya, yang memungkinkan kalian melanjutkan serangan dengan tiga serangan lanjutan yang berbeda, memberi daage tambahan, dan efek menguntungkan lainnya. Tactical Link akan menjadi lebih kuat seiring berjalannya cerita, dan naiknya Link Levels mereka dengan karakter lainnya. Seiring levelnya meningkat, kalian mendapatkan ability link baru, seperti untuk memulihkan rekan yang satu link dengannya.

Nihon Falcom juga menyediakan fungsi Cross-Save antara versi konsol dan handheld-nya (fitur yang juga disediakan dalam prekuelnya), dan data save yang kalian simpan dari prekuelnya bisa dilanjutkan di sini, yang akan memberi kalian bonus status dan item tambahan. Selain itu, hubungan antar karakter yang sudah dibangun selama di Thors Military Academy dari game sebelumnya tetap terjaga di sini, dan bakal mempengaruhi elemen ceritanya ke depan, serta dialog yang akan kalian temui selama memainkan seri kedua ini.

The Legend of Heroes: Trails of Cold Steel II – E3 Trailer

TENTANG PENULIS
Doni

Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.