Tantang Steam, Facebook Gandeng Unity Bikin Platform Game PC Baru!

Sistemnya mirip Steam, namun dengan game-game yang lebih kasual. Apakah rencana Facebook ini akan sukses?

platform game Pc baru

Pernah ada satu masa saat Facebook benar-benar berjaya dengan platform game berbasis web yang ditargetkan untuk pasar kasual. Mungkin kamu masih ingat dengan judul-judul seperti FarmVille, Mafia Wars, hingga Pet Society yang sepertinya menjadi judul wajib untuk dimainkan setiap hari. Bahkan saat puncaknya tahun 2010 lalu, Facebook sampai membayarkan lebih dari US $8 miliar kepada developer game-game tersebut! Namun pengguna platform tersebut mulai tergerus saat tren game kasual sudah merambah mobile dengan semakin terjangkaunya harga smartphone Android maupun iOS.

Namun sebentar lagi, Facebook akan coba “merangkul” kembali gamer kasual yang sudah meninggalkan platform game berbasis web-nya. Facebook sudah menggandeng salah satu engine game populer, Unity untuk mengembangkan satu platform game PC baru yang (sementara ini) masih belum memiliki nama resmi.

Sebenarnya, Facebook pernah mengkonfirmasikan produk serupa pada bulan Mei 2016 lalu yang bertajuk Facebook Arcade Games. Nah, platform baru ini akan menjadi upgrade dari Facebook Arcade Games, meskipun nama tersebut sudah tidak dipakai lagi oleh Facebook. Berikut adalah sedikit demo dari Facebook Arcade Games yang pernah dirilis Facebook.

Berbeda dengan platform game Facebook sebelumnya, platform game PC baru dari Facebook ini adalah platform game PC desktop, dimana user bisa men-download game dan memainkannya (tidak harus selalu online) melalui PC desktop atau laptop mereka. Sistemnya bakal mirip dengan Steam, namun yang membedakan adalah platform ini akan lebih banyak berisi game-game kasual, mengikuti tren game-game yang sebelumnya sudah pernah dirilis di platform web game-nya dulu.

Bukan hanya itu, platform game PC baru dari Facebook ini nantinya memungkinkan para developer dan publisher untuk lebih mudah melakukan porting game mobile ke dalam platform ini. Itulah sebabnya mereka menggandeng Unity, karena Unity akan menyediakan sebuah tool terintegrasi untuk mempermudah developer dan publisher melakukan proses tersebut mulai Unity 5.4 Alpha yang dirilis bersamaan dengan konfirmasi platform baru ini. Jika tertarik, kamu bisa menjadi salah satu developer yang mendapatkan akses ke Unity 5.4 Alpha ini dengan mendaftarkan dirimu melalui halaman resminya.

platform game Pc baru

Seperti apa kira-kira platform game PC baru dari Facebook ini? Berikut adalah beberapa detail awalnya:

  • Platform game PC ini bakal bisa berjalan di berbagai sistem operasi, bukan cuma Windows saja.
  • Platform ini benar-benar berdiri sendiri dan tidak akan terganggu dengan fitur-fitur Facebook, misalnya News Feed.
  • Isinya? Platform ini akan berisi game-game kasual yang pernah kamu mainkan di Facebook, serta beberapa game mobile yang di-porting khusus untuk platform ini. Tidak menutup kemungkinan, game-game PC hardcore yang biasa dirilis di Steam juga akan bisa dimainkan di platform ini.

Dengan rencana platform game PC baru ini, Facebook bukan hanya menantang Steam, melainkan juga menjadi penantang serius game mobile. Apalagi jika Unity bisa membuat tool yang simpel untuk melakukan porting tanpa perlu banyak mengubah coding lagi, tentu akan semakin banyak developer game mobile yang akan bergabung ke platform baru ini. Meskipun Facebook mengungkapkan bahwa pengguna game mereka terus menurun, namun sampai saat ini tercatat ada lebih dari 650 juta pengguna Facebook masih memainkannya setiap bulan, yang tentunya merupakan pasar menggiurkan untuk developer.

Sumber: Techcrunch

Share this article

TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.