Kejar Xbox One S, Wujud PS4 Slim Akhirnya Terungkap?

Wujud PS4 Slim akhirnya di-leak! Apakah Sony ingin mengejar kesuksesan Xbox One S, setelah mereka meniru strategi PS4 Neo dengan Project Scorpio?

PS4 Slim

Sumber: Gematsu

Penampakan mesin konsol PS4 Slim terlihat di Inggris, saat seorang pengguna iklan baris online Gumtree (situs sejenis eBay) menjual sebuah benda yang terlihat seperti PS4 tetapi dengan penampilan yang berbeda.

Beginilah tampak konsol misterius tersebut setelah kotaknya dibuka:

PS4 Slim

Sumber: Gematsu

PS4 Slim

Sumber: Gematsu

Namun saat tulisan ini dibuat, listing PS4 Slim yang ada di situs tersebut sudah dihapus. Sebelum menghilang, sang penjual misterius ini juga berani mengabarkan kalau konsol ini akan rilis ke publik pada 13 September nanti.

Desain konsol baru ini dikabarkan sama persis dengan gambar yang diedarkan oleh seorang pengguna forum Tiongkok di forum A9VG yang mengaku sebagai karyawan perusahaan manufaktur Taiwan Foxconn Juni lalu.

Dan seperti inilah wujud PS4 Slim bila desain dan ukurannya dibandingkan dengan model PS4 yang “lama”.

 

PS4 Slim

Sumber: Twitter

PS4 Slim

Sumber: Gematsu

Bahan dan cat yang digunakan memang nggak sekeren PS4 fat, memang. Jatuhnya jadi seperti Vita TV, untuk masalah bahan, dan PS3 Slim versi terakhir (yang disc drive-nya ada di atas konsol dan dibuka-tutupnya digeser doang), untuk masalah desain, buat saya. Agak jelek gimana gitu.

Pengguna forum A9VG tersebut juga mengatakan, selain model “mini”, mereka juga sedang mengerjakan model lain yang lebih tebal dan seberat 4,5 kilogram — yang kedengarannya seperti PS4 Neo — serta adanya “beberapa lini produksi yang dibuka untuk [pembuatan] perangkat mirip PSP.”

Tidak cuma itu, beredar pula kabar kalau Sony akan membuat desain kontroler Dualshock 4 baru, dengan nomor model CUH-ZCT2U, seperti yang tampak pada gambar di bawah.

PS4 Slim Dualshock baru

Sumber: Twitter

Dari grip-nya, kelihatannya Sony ingin membuat desain kontroler yang mirip dengan desain Dualshock lama. Dan bagi saya pribadi, tampaknya akan jadi lebih ergonomis.

Sony sendiri sebenarnya sudah merencanakan untuk membuat acara pengumuman spesial bertajuk “Playstation Meeting” yang akan diadakan pada 7 September mendatang di Playstation Theatre, New York, Amerika Serikat.

Di acara tersebut, dikabarkan kalau akhirnya mereka akan menunjukkan dan mengumumkan tanggal peluncuran PS4 Neo. Tapi setelah adanya kebocoran ini, nampaknya mereka juga “terpaksa” mengumumkan PS4 Slim secara resmi, menurut laporan dari Wall Street Journal.

Dilaporkan kalau sekarang ini Sony sedang memotong jumlah produksi PS4 untuk mempersiapkan kedatangan versi slim dan Neo dengan peningkatan hardware-nya, sekaligus mengantisipasi angka penjualan konsol di Jepang yang semakin menurun tiap tahunnya.

Sementara sang rival Microsoft sudah merilis versi langsing konsol mereka, Xbox One S, sejak 2 Agustus 2016 kemarin. Walau mereka tidak menyebutkan berapa jumlah unit yang terjual, namun dikatakan kalau Xbox One S sudah langsung habis dipesan begitu masa pre-order dibuka.

Antusiasme yang sama pun diperlihatkan oleh para gamer di Indonesia, dimana pesanan pre-order Xbox One S di sebuah toko game di kawasan Mangga Dua, Jakarta, sudah langsung penuh dalam hitungan hari sejak sudah bisa dipesan.

Dan pada acara Gamescom 2016 kemarin, pihak Microsoft menyebutkan bahwa mereka tidak akan menambah stok Xbox One Slim baru. Namun tidak tertutup kemungkinan kalau konsol versi terbatas bertema game-game tertentu nantinya akan dibuat.

Sumber: Gematsu

Share this article

TENTANG PENULIS
sidharta

Jadi penulis karena nggak bisa koding.