Update Android 7 Nougat Dirilis! Ini Fiturnya yang Bakal Heboh (Selain Emoji Barunya!)

Langsung cek Setting -> About phone -> Update, siapa tahu kalian sudah bisa mengunduh update Android 7 Nougat ini, yang emoji barunya ga cuma keren, namun bikin heboh karena (ada yang bilang) mengandung unsur LGBT!

Update Android 7 Nougat Dirilis! Ini Fiturnya yang Bakal Heboh (Selain Emoji Barunya!)

Update Android 7 Nougat Dirilis! Ini Fiturnya yang Bakal Heboh (Selain Emoji Barunya!)

Google mengumumkan Update Android 7 Nougat Dirilis! Ini Fiturnya yang Bakal Heboh (Selain Emoji Barunya!)

Fitur lainnya dari multi-tasking yang pasti sangat berguna bagi kalian yang suka switch aplikasi (dan smartphone-nya mendukung, karena pasti butuh memory besar), adalah berganti antara dua aplikasi yang terakhir digunakan hanya dengan menekan dua kali tombol multi-tasking.

[read_more id="258221"]

Mendukung Pengalaman Pribadi

Meskipun sempat menjadi bahan perdebatan karena bernuansa LGBT, namun Google membuat update ANdroid 7 Nougat ini makin banyak opsi untuk menunjang pengalaman user ber-Android. Seperti, emoji baru yang ditanamkan langsung ke dalam operating system (total hingga 1,500 emoji berbeda, dengan 72 diantaranya emoji baru), serta opsi untuk mengkustomisasi kotak shortcut Quick Settings di notifikasi sesuai dengan keinginan kalian untuk akses cepat.

Update Android 7 Nougat Dirilis! Ini Fiturnya yang Bakal Heboh (Selain Emoji Barunya!)

Ya, benar, opsi meng-custom posisi Quick Setting memang sudah jamak ditemukan pada interface OS berbasis Android lainnya, namun dengan Google menanamkan fungsi ini ke dalam update Android 7 Nougat, semua OS custom pun bisa menerapkannya dengan mudah.

Menyinggung notifikasi, melalui update Android 7 Nougat, kalian juga bisa langsung membalas pesan misalnya, dari kolom notifikasi, tanpa perlu harus membuka aplikasinya. Hal semacam ini juga sudah biasa diterapkan vendor lainnya pada interface mereka, seperti TouchWiz, MIUI, EMUI-nya Huawei, Sense-nya HTC, Color-nya Oppo, atau UX-nya LG.

Google juga membuat update Android 7 Nougat terintegrasi dengan platform baru mereka, Daydream, atau, Android VR, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik ketika menyajikan konten virtual reality. Menurut Google, mereka akan segera mengenalkan headset mereka sendiri (plus juga kontrolernya), yang lebih baik dari Google Cardboard, untuk mendukung Android VR tersebut. Demikian kalian para mobile gamer, bisa mendapatkan pengalaman game virtual reality langsung dari Google. Bahkan update Android 7 Nougat ini juga mendukung VulkanTM, API render 3D terbaru yang dikembangkan agar bisa memaksimalkan semua core prosesor gadget.

[read_more id="258297"]

Menunjang Keamanan dan Kinerja

Di sisi kinerja, meskipun bukan hal baru, namun mekanis Doze yang dikenalkan melalui bersi OS Marshmallow dipercanggih di sini. Kali ini juga diberikan kondisi pengaktifan ketika perangkat menggunakan baterai, layar dalam kondisi off, dan keseluruhan sistem tidak perlu dalam kondisi stationary. Dalam kondisi ini, aktivitas network bakal dihentikan, dan aplikasi mendapat akses “maintenance windows,” dimana mereka bisa mengakses network dan melakukan task pada background. Google juga memperbaiki deteksinya, sehingga perangkat kalian tidak akan mudah "terbangun" dari kondisi Doze ketika, misalnya, tidak sengaja terguncang ketika berada di dalam tas, atau, di kantong celana.

Agar tidak mengganggu kalian, mekanis update versi Android kini juga dibuat lebih lancar, update otomatis tanpa jeda yang lebih cepat (seperti pertama kali diimplementasikan untuk ChromeOS), karena dimungkinkan juga sistem operasi ini mengunduh sampai ke tingkat core level Android dalam proses di background, dan meng-install mereka ketika kalian memulai kembali perangkat. Hal itu dimungkinkan berkat adanya dua partisi sistem, satu untuk sistem, dan satunya khusus untuk update ini saja. Hasilnya, kalian tidak perlu menunggu sistem meng-install dan memperbarui firmware sampai selesai, yang pasti akan makan waktu.

Di sisi keamanan, salah satu yang paling dikritik dari sebuah Android, karena begitu mudahnya ditembus, dan dioprek (bahkan sampai pada level bootloader pun bisa dijebol), Google menerapkan enkripsi berbasis file, dan juga dukungan Direct Boot (mempercepat booting, dan aplikasi bakal berjalan lebih aman).

Update Android 7 Nougat Dirilis! Ini Fiturnya yang Bakal Heboh (Selain Emoji Barunya!)

Siapa yang Akan Segera Menerima Update Android 7 Nougat?

Pastinya, produk Google sendiri, smartphone dan tablet Nexus yang akan menerimanya lebih awal, dan juga smartphone yang masuk jajaran Android One. Sayangnya, Nexus 5 dan Nexus 7 2013 harus rela ditinggalkan di sini, Google tidak mendukungnya lagi. Nexus 6P sebagai tipe teratas yang akan mendapatkannya lebih awal, kemudian diikuti Nexus 6, Nexus 5X, Nexus 9, dan Nexus Player. Di luar Google, ada LG V20 yang langsung menjalankan OS ini ketika mulai dijual 6 September mendatang. Sementara Samsung menjanjikan bakal segera memberika update Android 7 Nougat pertama kali untuk Galaxy Note 7.

Sumber: Google

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU