Siapa Sangka 7 Film Sukses Hollywood Ini Terinspirasi dari Anime!

Siapa sangka, dari sekian banyak film-film sukses buatan sineas Hollywood ternyata tak sedikit yang terinspirasi dari anime.

Siapa Sangka 7 Film Sukses Hollywood Ini Terinspirasi dari Anime!

Siapa Sangka 7 Film Sukses Hollywood Ini Terinspirasi dari Anime!Siapa sangka, dari sekian banyak film-film sukses buatan sineas Hollywood ternyata tak sedikit yang terinspirasi dari anime. Mulai dari premis cerita, karakter si pemain sampai adegan-adegan memorable pun banyak diangkat dari film kartun khas Jepang ini. Kalau kamu penasaran, berikut ini deretan film Hollywood yang terinspirasi dari anime.


[page_break no="1" title="Inception - Paprika"]


Siapa Sangka 7 Film Sukses Hollywood Ini Terinspirasi dari Anime!Ide Christopher Nolan menciptakan konsep mimpi di dalam mimpi sebenarnya bukan hal yang baru. Jauh sebelumnya, maestro animator Jepang Satoshi Kon telah menciptakan anime yang mengangkat premis cerita mimpi di dalam mimpi yang berjudul Paprika. Meskipun tidak dikatakan secara langusng, Christoper Nolan sang sutradara Inception mengakui bahwa filmnya tersebut terilhami dari anime Paprika.


[page_break no="2" title="Pacific Rim - Gigantor"]


Siapa Sangka 7 Film Sukses Hollywood Ini Terinspirasi dari Anime!Mungkin banyak yang mengira Pacific Rim mirip dengan anime Neon Genesis Evangelion, tapi sang sutradara Guilermo del Toro menyangkalnya. Dirinya mengaku lebih terinspirasi dari anime Gigator. Film Pacific Rim memang sangat kental dengan nuansa khas anime mecha atau anime yang bertema “pertempuran robot”. Ini juga tak terlepas dari hobi Guilermo del Toro menonton banyak anime jenis ini.


[page_break no="3" title="Lion King - Kimba The White Lion"]


Siapa Sangka 7 Film Sukses Hollywood Ini Terinspirasi dari Anime!Meskipun Tom Sito selaku sutradara menyangkal jika film buatannya menjiplak salah satu anime Jepang, namun jika dilihat dari alur cerita dan penamaan karakter, film Lion King hampir mirip dengan anime Kimba The White Lion. Karakter utama Simba identik dengan karakter Kimba yang sama-sama merupakan seekor singa dan sedang menghadapi berbagai macam masalah dengan kelompoknya.


[page_break no="4" title="Atlantis The Lost Empire - Nadia: The Secret of Blue Water"]


Siapa Sangka 7 Film Sukses Hollywood Ini Terinspirasi dari Anime!Film Hollywood yang terinspirasi dari anime selanjutnya adalah Atlantis The Lost Empire dengan Nadia: The Secret of Blue Water. Meskipun cerita keduanya mengutip dari buku fiksi 20,000 Leagues Under the Sea karangan Jules Vernes, namun banyak kesamaan satu sama lain yang tidak ditampilkan di dalam buku tersebut, seperti halnya kesamaan desain karakter. Namun orang-orang di balik pembuatan film Atlantis The Lost Empire menyangkal jika film mereka menjiplak, meskipun diketahui jika banyak orang di Disney adalah penggemar berat Miyazaki, dan kebetulan Nadia: The Secret of Blue Water merupakan salah satu project Miyazaki.


[page_break no="5" title="Dark City - Akira"]


Siapa Sangka 7 Film Sukses Hollywood Ini Terinspirasi dari Anime!Film ini sendiri tidak mirip dengan anime apapun. Namun pada saat momen-momen terakhir di film Dark City, menampilkan gedung-gedung yang dipulihkan kembali dengan gaya yang mirip di anime Akira. Disebutkan bahwa sang sutradara Dark City mengakui terinsipirari dari Akira dan itu merupakan sebuah penghormatan kepada Katsuhiro Otomo.


[page_break no="6" title="A Requiem For a Dream - Perfect Blue"]


Siapa Sangka 7 Film Sukses Hollywood Ini Terinspirasi dari Anime![read_more id="264343"]

Sutardara Darren Aronofsky dikenal sebagai fans dari anime Perfect Blue. Tak aneh ketika dirinya membuat film A Requiem For a Dream, banyak kesamaan adegan dengan anime buatan Satoshi Kon itu.


[page_break no="7" title="Van Helsing - Vampire Hunter D"]


Siapa Sangka 7 Film Sukses Hollywood Ini Terinspirasi dari Anime!Film Val Helsing diangkat dari karakter novel Dracula tahun 1987. Namun penggambaran karakter tersebut malah lebih mirip dengan karakter protagonis dari anime Vampier Hunter D. Perdebatan mengenai “penjiplakan” karakter ini pun berlanjut sampai film Van Helsing dirilis pertama kali.

Deretan di atas membuktikan jika anime juga tak kalah keren dibandingkan dengan film-film buatan Hollywood, bahkan beberapanya bisa menginspirasi kesuksesan film-film tersebut. Kira-kira apa lagi film Hollywood yang terinspirasi dari anime?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU