Android Nokia Hadir Akhir Tahun 2016! Gunakan Snapdragon 820, Anti Air dan Kamera 20MP?

Nokia Android spec-nya gak mau kalah dari Galaxy S7!

Android-Nokia-1


CONTINUE READING BELOW

Nokia Resmi Milik Microsoft Mulai 25 April, Namanya Berubah Menjadi Microsoft Mobile Oy

Proses transaksi akuisisi Microsoft atas Nokia segera terselesaikan. Kabar terakhir, Microsoft akan sepenuhnya menyelesaikannya 25 April 2014 besok. Saat itu juga nama Nokia akan berubah menjadi Microsoft Mobile.


Mungkin sebagian dari kalian sudah melupakan nama Nokia, dan menganggapnya sebagao legenda. Bahkan, kisah perjalanan vendor ponsel asal Finlandia ini bisa diwujudkan dalam sebuah cerita dongeng lho, walaupun endingnya menyedihkan. Salah satu sebabnya, mereka tidak cepat beradaptasi seperti produsen ponsel lainnya yang saat itu segera berpindah ke platform yang lebih populer, Android. Namun jika ada kutipan yang menyebutkan, jika endingnya menyedihkan, maka itu bukanlah akhir dari segalanya, sepertinya ada benarnya juga. Meskipun divisi ponsel Nokia telah diakuisisi Microsoft, Nokia masih memiliki hak atas namanya yang sudah cukup beken, dan akhir Mei 2016 lalu mereka yang kini menggunakan induk HMD global di Finlandia, mengumumkan akan meneruskan merk Nokia dalam bentuk smartphone dan tablet baru, yang menggunakan operating system (OS) Android.

HMD sendiri dibentuk oleh mantan Nokia dan Microsoft yang ingin terus menghidupkan merk Nokia (bukan Lumia). Dan baru-baru ini, mereka memastikan jika Android Nokia ini akan diluncurkan paling cepat akhir tahun nanti. Eksekutif Nokia, Mike Wang, yang merupakan presiden dari perusahaan baru ini yang menduduki manajemen di Cina mengkonfirmasikannya, jika nanti bakal ada tiga sampai empat Android Nokia yang akan diumumkan kuartal keempat 2016. Perangkat Android Nokia tersebut terbagi dalam dua kategori, smartphone dan tablet.

Lumia-730-Andrroid

Rencananya, Android Nokia diumumkan sebelum tahun 2016 berakhir, dan mulai dijual awal tahun 2017 mendatang. Namun semuanya kembali bergantung pada proses uji kelayakan dan pengembangannya. Seperti kabar yang berhembus sebelumnya, Android Nokia ini bakal diproduksi di pabrik Foxconn di Cina.

Walaupun HMD belum mengungkapkan seperti apa spesifikasi untuk smartphone dan tablet Android Nokia ini, atau, target harga yang akan mereka raih, namun sebelumnya kami banyak mendengar kabar jika dua diantara smartphone yang akan ditawarkan termasuk kelas premium, yang langsung menjalankan Android 7.0 Nougat. Spesifikasi Android Nokia lainnya yang banyak dibicarakan, seperti layarnya berdimensi 5.2 dan 5.5-inchi, resolusi Quad HD berbahan OLED, prosesor terkencang di kelasnya, Snapdragon 820, kamera 22.6MP, dan juga material casing full-metal dengan kemampuan anti air dan debu.

Android Nokia

Desainnya cukup seperti Lumia 930 ini, OS Android, opsi dual SIM untuk menyasar pasar yang lebih luas, dan, kamera PureView… pasti banyak yang berminat!

Sebelumnya Nokia tidak terlalu dikenal dengan konsep casing full-metal. Desain mereka sederhana, menggunakan bahan polycarbonate namun sangat kokoh, dan pilihan warna-warna beragam untuk semua kalangan. Semoga saja pilihan beralih ke desain full-metal ini bukan karena mengikuti tren semata. Selain itu, kami juga berharap kameranya mengadopsi teknologi PureView yang hingga saat ini masih banyak diakui mampu memberikan hasil post-process foto terbaik untuk kelas mobile.

Selain smartphone tipe premium, HMD juga berencana membangkitkan jajaran feature phone yang pasarnya masih saja eksis (well, banyak para orang tua kita yang susah move-on dari Nokia dan handphone bertombol jadul), dan akan mengenalkan feature phone Nokia dalam jangka waktu enam bulan ke depan.

Kembalinya legenda masa lalu yang akhirnya sadar dan memilih OS Android ini mungkin agak terlambat. Namun jika mereka menawarkan produk dan kualitas Android Nokia yang sudah diakui, kami yakin Nokia akan kembali diterima dan mendapatkan penggemar-penggemar baru. Apalagi saat ini saja sudah banyak penggemar Nokia yang sampai ngoprek smartphone Lumia agar bisa menjalankan OS Android Marshmalloe.

Sumbe: Nokiamob

Share this article

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.