Sony Ikut Rambah PC Gaming dengan Adapter Stik PS4 dan PS Now

Sony siap bersaing dengan konektivitas Xbox One-Windows 10, kali ini dengan menghadirkan layanan PS Now dan dukungan resmi stik PS4 ke layar PC-mu!

Stik PS4 PS Now

Selesai sudah masa-masa kamu mencoba berbagai custom driver — DS4Windows, SCP Driver, atau sampai Motioninjoy — untuk menghubungkan stik PS4 ke PC! Sony akan segera merilis adapter nirkabel resmi untuk DualShock 4! Perangkat ini direncanakan akan rilis pada awal September dan diberi harga $24.99, atau sekitar 330 ribu Rupiah. Entah akan selisih berapa jika sudah masuk resmi ke Indonesia.

Adapter nirkabel ini tidak hanya kompatibel untuk Windows tetapi juga Mac, dan memungkinkan semua fitur stik PS4 untuk bekerja secara maksimal. Mulai dari tombol-tombolnya hingga touch pad, light bar, motion sensor, dan jack headset-nya — selama game yang dimainkan mendukung semua fitur tersebut.

Selain adapter, nampaknya Sony juga menambah tekanan pada langkah Microsoft dalam mengembangkan sayap console gaming ke dunia PC gaming, dengan membawa dukungan resmi PS Now ke komputer-komputer kita semua.

Layanan streaming game-game PlayStation, PS Now, baru saja diumumkan akan segera dirilis kepada para PC gamer. Jadi tentu saja, sebentar lagi kamu-kamu yang nggak punya PS3 dan/atau PS4 bisa mencicipi berbagai game ekslusif Sony seperti Uncharted, God of War, serial Ratchet & Clank, dan The Last of Us cukup bermodalkan sebuah komputer saja! Asik!

Berikut adalah spesifikasi komputer yang direkomendasikan oleh Sony untuk bisa menjalankan PS Now di PC:

  • Sistem operasi: Windows 7 (SP1), 8.1, atau 10,
  • CPU: 3.5 GHz Intel Core i3, 3.8 GHz AMD A10, atau yang di atasnya,
  • Memori: Minimal 300 MB di harddisk; 2 GB atau lebih untuk RAM,
  • Sound card; port USB,
  • Kecepatan internet minimal 5Mbps untuk bisa menjalankan PS Now di berbagai perangkat. Sambungan internet melalui kabel lebih disarankan.

Ya, seperti yang dibilang sekilas pada poin terakhir, terdapat beberapa perangkat lain yang juga sudah mendukung PS Now lebih dulu. Di antaranya adalah konsol-konsol Sony macam PS3, PS4, PS Vita dan PS TV; serta beberapa Smart TV model Sony dan Samsung keluaran 2014-2015.

Stik PS4 PS Now

Walau dari total 400 judul game tersedia melalui PS Now, sebagian besar hanya bisa dinikmati jika kamu berlangganan layanan streaming ini, yang memakan biaya $20 (sekitar 260 ribu Rupiah) untuk sebulan dan $45 (sekitar 600 ribu Rupiah) untuk tiga bulan.

Pihak Sony menyebutkan, program PS Now akan diluncurkan terlebih dahulu di sebagian wilayah Eropa “dalam waktu dekat” dan masuk ke Amerika Utara “tidak lama kemudian.” Tanggal pastinya (dan kapan Asia juga akan kebagian) masih belum diumumkan.

Hal ini terasa agak menggelitik bagi saya. Setelah kemarin “diam-diam” menyiapkan PS4 Slim, paralel dengan rilis lebih dulunya Xbox One S yang langsung diserbu konsumen; dan menyiapkan model baru stik PS4, mirip dengan strategi Microsoft dimana mereka terus-terusan merancang ulang dan menambah nilai aksesoris Xbox One dengan membuat kontroler Xbox One Elite dan memberikan layanan desain stik personal melalui Xbox Design Lab, kedua perusahaan rival tersebut terlihat seperti saling kejar-kejaran.

Cukup menarik memang. Walaupun PS4 unggul jauh dari sisi penjualan hardware konsol di generasi ini, tetapi mereka masih berada di bayang-bayang Xbox kalau berbicara tentang user experience yang ditawarkan. Mungkin hal ini bisa kita bahas lebih jauh di artikel berikutnya!

Nah, untuk informasi lebih detilnya mengenai PS Now dan dukungannya di PC, kamu bisa mengunjungi situs resminya. Yah, atau tunggu saja berita terbarunya di Duniaku!

Sumber: Playstation Blog/Sony

Share this article

TENTANG PENULIS
sidharta

Jadi penulis karena nggak bisa koding.