Sebelum Update MIUI 8, Ini yang Perlu Kalian Ketahui dari UI Terbaru Xiaomi

Bagai pedang bermata dua, update MIUI 8 memberikan banyak fitur dan antar muka yang cantik… namun di sisi lain, sekaligus “menghabisi” opsi 4G LTE di semua smartphone Xiaomi yang menggunakan operator Indonesia.

Update MIUI 8


CONTINUE READING BELOW

Redmi Note 4 Bakal Ngerusak Pasar! Android CPU 10 Core Dijual Hanya 1 Jutaan!

Redmi Note 4 Bakal Ngerusak Pasar! Android CPU 10 Core Dijual Hanya 1 Jutaan! Harga Redmi Note 4 benchmark, spesifikasi Redmi Note 4 spec


Setelah Senin kemarin Xiaomi mengumumkan jika mereka bersiap merilis firmware / ROM MIUI 8 Global Stable mulai tanggal 23 Agustu, akhirnya kini para pengguna Xiaomi (khususnya tipe tertentu yang sudah mendapatkannya) bisa mulai mengunduh firmware yang sudah dalam masa pengujian sejak pertengahan tahun ini. Sebelumnya, MIUI 8 baru tersedia dalam status beta, dan kini Xiaomi resmi merilisnya untuk banyak perangkat Xiaomi mereka di seluruh dunia, baik itu smartphone dan juga tablet. Hanya saja karena begitu banyaknya tipe Android Xiaomi, dan jutaan smartphone atau tablet yang mendapatkannya di hari yang sama, sepertinya kalian akan mendapatkan notifikasi pembaruannya ini lebih lambat.

Aplikasi Notes MIUI 8 yang lebih colorfull...

Aplikasi Notes MIUI 8 yang lebih colorfull…


CONTINUE READING BELOW

Xiaomi Pecundangi Samsung (LAGI!), Galaxy Note 7 “Dihajar” Redmi 3 Pro dan Reno 3 Pro!

Xiaomi Pecundangi Samsung (LAGI!), Galaxy Note 7 vs Redmi 3 Pro, Galaxy Note 7 vs Redmi Note 3 Pro! Cara root Galaxy Note 7 benchmark


Download MIUI 8 Global Stable

Melalui post di forum MIUI, kalian bisa mengunduh file firmware MIUI 8 Global Stable ROM ini, namun hanya untuk beberapa smartphone saja. Khususnya, pengguna Xiaomi Mi 2 dan Mi 2S, Redmi 1S, Xiaomi Mi 4i, Redmi Note 4G, dan Redmi Note 3G. Kemudian tidak semua pengguna Redmi Note 2 dan Redmi 2 mendapatkannya mulai tanggal 24 lalu, sedangkan semuanya bakal mendapatkan notifikasi untuk update mulai tanggal 25 Agustus ini. Xiaomi memastikan tipe tersebut bakal mendapatkan firmware update MIUI 8 Global Stable yang banyak ditunggu karena adanya opsi bahasa Indonesia ini secara OTA, atau over-the-air. Pengguna bakal mendapatkan notifikasi jika update MIUI 8 Global Stable ini siap diunduh langsung ke perangkat mereka.

Banyak trik tersembunyi dari MIUI 8, seperti swipe ke atas selama melihat foto di gallery-nya untuk langsung share gambar / foto...

Banyak trik tersembunyi dari MIUI 8, seperti swipe ke atas selama melihat foto di gallery-nya untuk langsung share gambar / foto…

Keseluruhan update MIUI 8 Global Stable ini sudah siap untuk Redmi 1S, Redmi 2, Redmi 2 Prime, Redmi Note 3 Qualcomm, Redmi Note 3 Special Edition, Redmi Note 2, Redmi Note 3G, Redmi Note 4G, Redmi Note Prime, Redmi 3, Redmi 3S/Prime, Mi 2/2S, Mi 3, Mi 4, Mi 4i, Mi 5, Mi Note, dan Xaomi Mi Max 32GB. Beberapa tipe tersebut dijual secara resmi di Indonesia. Dua yang paling baru adalah Redmi Note 3 Qualcomm, yang dijual mulai awal Juni 2016 lalu, dan menyusul akhir Agustus 2016 ini, Redmi 3 Prime.

Opsi dual Space untuk yang pengen Android-nya aman ketika digunakan oleh orang lain...

Opsi dual Space untuk yang pengen Android-nya aman ketika digunakan oleh orang lain…


CONTINUE READING BELOW

Xiaomi Ngerusak Pasar Lagi! Gaharnya Spesifikasi Redmi 4 Hanya Dijual 1 Jutaan!

Bakal Dijual 1,5 Jutaan, Spesifikasi Redmi 4 Ternyata Lebih Oke dari Android 3 Jutaan! Harga Xiaomi Redmi 4, Harga Redmi 4, Benchmark Redmi 4 vs Redmi 3


MIUI (dibaca “mi-yu-ai”), yang dikembangkan oleh Xiaomi, merupakan salah satu pilihan antar muka / interface alternatif yang dibangun atas dasar OS Android-nya Google. Antarmuka ini desainnya mengacu pada beberapa interface lainnya yang cukup populer, seperti antarmuka iOS milik Apple dan TouchWiz milik Samsung. MIUI mencakup berbagai fitur yang tidak tersedia dalam interface stok Android, termasuk itu memiliki dukungan tema.

Mau pamer isi web? Berikan saja screenshot panjang…

Sebelum dikenal sebagai produsen smartphone, Xiaomi menjadi rujukan mereka para pengoprek Android yang ingin mencari alternatif interface yang dinamis melalui antarmuka MIUI, yang hingga saat ini penggunanya sudah mencapai 200 juta. Sejak pertama kali diperkenalkan, MIUI dikenal dinamis. Ciri khasnya, tidak ada laci / drawer / kalian lebih mengenal sebagai tempat dimana semua aplikasi yang di-install berada. Semuanya menjadi satu di home screen. Mirip-mirip iPhone, namun ada dukungan tema yang bisa merubah dengan cepat mulai penampilan ikon, folder, wallpaper, status bar, efek-efek visualnya, sampai jenis tulisannya juga bisa berubah. Ada ratusan theme (dan mayoritas menyediakan wallpaper, font, bahkan ringtone khususnya) bisa kalian unduh melalui pasar digital MIUI. Pilihan temanya ribuan, dan menjamin kalian ga bakal bosen, karena tiap hari bisa gonta-ganti tema tanpa ribet.

Kalian ga perlu ribet nyari aplikasi kalkulator lainnya, bawaan MIUI 8 ini sudah cukup lengkap fiturnya...

Kalian ga perlu ribet nyari aplikasi kalkulator lainnya, bawaan MIUI 8 ini sudah cukup lengkap fiturnya…


CONTINUE READING BELOW

Spesifikasi Xiaomi Mi 4s Ga Kalah HOT dari Mi 5, Tapi Harga Lebih Murah!

Spesifikasi Xiaomi Mi 4s Ga Kalah HOT dari Mi 5, Bahkan Dijual Lebih Murah! Harga Xiaomi Mi 4s, cara ROOT Xiaomi Mi 4s ROOT Guide, Xiaomi Mi 4s Price


Pilihan temanya bervariasi. Mulai theme dengan tema alam, futuristis, sampai bergaya anime, semuanya bisa kalian unduh gratis, atau ada juga yang berbayar. Selain theme, kustomisasi antar muka MIUI juga sangat fleksibel. Kalian mendapatkan beragam fitur yang sejatinya menjadi nilai positif interface vendor smartphone lainnya, seperti opsi untuk mengecilkan dimensi layar malalui fitur pengoperasian One-Handed, hingga yang baru diperkenalkan melalui update MIUI 8, seperti opsi Second space untuk membuat seakan-akan kalian memiliki dua smartphone dalam satu gadget (dengan dua partisi untuk dua aplikasi yang bisa digunakan oleh dua pengguna yang berbeda) dan Quick ball yang mirip dengan apa yang dimiliki pengguna iPhone, Meizu atau Huawei.

Fungsi Quick-ball ini pasti juga sangat membantu sebagai shortcut tombol yang susah diakses dengan pengoperasian satu tangan...

Fungsi Quick-ball ini pasti juga sangat membantu sebagai shortcut tombol yang susah diakses dengan pengoperasian satu tangan…

Opsi lainnya yang banyak disukai adalah Dual apps, yang memungkinkan kalian menggunakan dua aplikasi yang sama dalam satu perangkat. Dual apps begitu didambakan oleh pengguna yang memiliki banyak akun media sosial, karena bisa menjalankan dua aplikasi Facebook misalnya, dengan dua akun berbeda, tanpa perlu repot sign-in dan sign-out.

Dual apps, sahabat para marketing media sosial...

Dual apps, sahabat para marketing media sosial…

Fitur baru update MIUI 8 Global Stable ini antara lain:

  • Scrolling screenshot – Screenshot panjang, misalnya, untuk meng-capture seluruh isi halaman website
  • Kalkulasi dan konversi yang lebih lengkap melalui aplikasi Calculator baru.
  • Quick ball – Tombol transparan melayang yang bebas dikustom dan berisi beberapa jalan pintas penting, atau, menjadi kontrol satu tangan yang optimal
  • Disediakan banyak template ketika menggunakan aplikasi Notes
  • Aplikasi Gallery barunya menyortir foto dengan sangat baik (TIPS: Ketika melihat foto, lakukan gesture jari ke atas untuk langsung memunculkan opsi Share untuk mengirimkan foto tersebut)
  • Dual Apps – Dua aplikasi dalam satu Space, bisa login ke dua akun berbeda, bisa untuk semua aplikasi, termasuk WhatsApp, Facebook, game dan lain sebagainya.
  • Second space – Membuat partisi kedua, fitur yang banyak diperkenalkan baru-baru ini di Android terbaru dari Coolpad atau Lenovo. Cocok untuk yang menggunakan satu smartphone untuk kerja, dan juga keperluar pribadi
  • Video Editing – Opsi edit video dengan filter, text dan musik background
  • Caller ID – Fitur ini sebenarnya sudah ada di MIUI sebelumnya, otomatis mendeteksi nomor yang masuk, mendeteksi juga nomor spam, atau menemukan nomor penting otomatis (sementara ini hanya diterapkan di India)
  • Hindi T9 – Mencari kontak lebih mudah dengan T9 dialer search (khusus di India)
  • Enhanced SMS – Kini SMS dari nomor bisnis yang terkenal bakal menunjukkan juga logo dan nama perusahaan (masih diterapkan di India)

Dengan banyaknya fitur baru, update MIUI 8 memang menggoda… namun bukan berarti tidak ada efek samping. Sejak pertengahan tahun ini, beberapa Xiaomi yang beredar di Indonesia kehilangan opsi koneksi 4G LTE pasca update firmware terbaru. Untuk tipe yang menggunakan firmware Global terbaru, khususnya Xiaomi Redmi Note 3 Pro dan Xiaomi Redmi 3 Prime, opsi menggunakan koneksi internet 4G-nya hilang.

Masalah ini terkait dengan dijualnya tipe-tipe Xiaomi tersebut secara resmi, namun, Xiaomi tersandung masalah TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) yang ditetapkan pemerintah. Alhasil, menggunakan firmware terbaru, termasuk MIUI 8 ini, pengguna Xiaomi harus rela kehilangan opsi 4G LTE. Ada sih solusinya, namun butuh sedikit usaha dan keahlian ngoprek, yang belum tentu semua penggunanya mau melakukannya.

Update MIUI 8 Xiaomi

MIUI 8 Phone App

MIUI 8 Scrolling Screenshots

MIUI8 Quick ball

MIUI 8 New Notification Shade (Demo)

Introducing MIUI 8 New Notes App

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.