Impian RPG Dissidia Final Fantasy Terwujud, Opera Omnia Diumumkan untuk Android dan iOS

Kalian pasti sudah menantikannya sejak lama, akhirnya Square Enix mewujudkan sebuah RPG yang karakternya berisi para jagoan utama serial Final Fantasy! Kerennya lagi, game ini dibuat untuk hape Android dan iPhone!

Dissidia Final Fantasy Open Omnia (1)


CONTINUE READING BELOW

Dissidia Final Fantasy Arcade Memang Pantas Menjadi Game Final Fantasy Terbaik!

Dissidia Final Fantasy Arcade Memang Pantas Menjadi Game Final Fantasy Terbaik! Movelist Dissidia Final Fantasy Arcade, guide Dissidia Final Fantasy Arcade


Kita memang mengenal serial Dissidia sebagai game fighting yang mengadu banyak karakter serial RPG-nya Square Enix, Final Fantasy. Namun sepertinya langkah baru mereka ini berusaha untuk mengenalkan Dissidia Final Fantasy ke pasar yang lebih luas, dan mudah dijangkau. Sebuah strategi promosi yang kerap dilakukan pengembang game besar untuk mendukung game utamanya di konsol atau PC. Akhir pekan kemarin, Square Enix mengumumkan RPG Dissidia Final Fantasy: Opera Omnia, game Dissidia baru untuk smartphone Android dan iOS. Konsepnya masih sama seperti serial Dissidia yang kita kenal, mencampuradukkan para karakter Final Fantasy dalam satu wadah, yang kini menggunakan genre RPG.

Dissidia Final Fantasy Open Omnia (6)

Seperti tipikal RPG klasik Jepang, pertarungan yang menjadi salah satu elemen sebuah RPG disajikan dalam gameplay berbasis command, yang dipadukan dengan sistem Brave. Yang menjadi daya tarik jelas kemungkinan kalian bisa membentuk satu party karakter yang sebelumnya hanya menjadi impian saja. Belum ada penjelasan lebih lanjut mengenai RPG Dissidia Final Fantasy: Opera Omnia ini, namun kalian sudah bisa mendaftar melalui laman resminya untuk mendapatkan kesempatan pertama maminkannya nanti. Semoga saja tidak seperti Mobius Final Fantasy, kalian tidak harus menunggu nyaris setahun untuk bisa memainkan versi globalnya nanti.

Dissidia Final Fantasy Open Omnia (3)

Apa yang keren dari game RPG Dissidia Final Fantasy: Opera Omnia ini, seperti Dissidia Final Fantasy Arcade, juga ditangani pengembangannya oleh Team Ninja dan Koei Tecmo, mengindikasikan jika Square Enix tidak main-main membuat game hape ini. Semoga saja hasil akhirnya sesuai ekspektasi penggemar, dan gamenya bukan sekadar memungkinkan kita membentuk tim impian beranggotakan Cloud Strife, Squall Leonheart, Tidus dan Zidane Tribal saja.

RPG Dissidia Final Fantasy Opera Omnia

Dissidia Final Fantasy pertama kali mengawali eksistensinya sebagai game fighting dengan elemen RPG yang dikembangkan oleh Square Enix untuk PlayStation Portable, sebagai bagian dari hadiah menyambut perayaan 20 tahun serial Final Fantasy. Game tersebut dirilis Desember 2008 silam. Menariknya game ini adalah karena mewujudkan impian kalian mengadu banyak karakter favorit serial Final Fantasy. Agar sejalan dengan atmosfer Final Fantasy, bukan hanya karakter baik saja yang bisa diadu. Dipilih pertikaian antara Cosmos dan Chaos, yang merupakan perwujudan kisah Final Fantasy klasik, dan kalian bisa memilih antara karakter yang mewakili masing-masing kubu, para karakter Final Fantasy yang di-summon dari game aslinya. Ada sepuluh warriors di sisi cahaya, di sisi Cosmos, dan sepuluh lainnya di sisi kegelapan Chaos, dan mereka semua di-summon dari sepuluh game pertama Final Fantasy.

Karakter Dissidia Final Fantasy Opera Omnia yang sudah dikonfirmasikan

Karakter Dissidia Final Fantasy Opera Omnia yang sudah dikonfirmasikan


CONTINUE READING BELOW

Cloud Hingga Terra, Berikut Detail EX Skill dan Karakter Dissidia Final Fantasy Arcade

Cloud Hingga Terra, Detail EX Skill dan Karakter Dissidia Final Fantasy Arcade, guide Dissidia Final Fantasy Arcade, video Dissidia Final Fantasy Arcade


Game tersebut mendapatkan sekuelnya, Dissidia 012 Final Fantasy yang dirilis Maret 2011, dengan tambahan beberapa karakter dan fitur gameplay baru. Secara kontinuitas cerita, sebenarnya Dissidia 012 Final Fantasy justru menjadi prekuel (sekaligus remake), karena mengungkapkan apa yang terjadi sebelum perang besar antara Cosmos dan Chaos dalam game sebelumnya. Tahun 2015 lalu, Square Enix juga sudah merilis Dissidia Final Fantasy untuk Arcade, yang dikembangkan oleh Team Ninja dan Koei Tecmo. Memang agak membingungkan, mengingat judulnya sama, Dissidia Final Fantasy tapi diposisikan sebagai game kelanjutan secara cerita dari game pertamanya yang dirilis tahun 2008 silam. Square Enix juga akan merilis game ini untuk PlayStation 4 tahun 2017 nanti.

Kalian masih ingat dengan cowok yang satu ini?

Kalian masih ingat dengan cowok yang satu ini?

Kialitas grafis Dissidia Final Fantasy Opera Omnia lumayan untuk ukuran game smartphone

Kialitas grafis Dissidia Final Fantasy Opera Omnia lumayan untuk ukuran game smartphone

Sumber: Square Enix

TENTANG PENULIS
Doni

Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.