3 Hal Ini Ternyata Bisa Menaikkan MMR Dota 2 Dari 3000 ke 4000!

Habis akal MMR tak kunjung naik setelah ribuan game? Coba lakukan 3 hal ini! Saran dari reddittor ini ternyata bisa membantumu menaikkan MMR dari 3000-an ke 4000-an loh

mmrdota2 featured

sumber: reddit.com

Pemain Dota 2 Danil “Dendi” Ishutin pernah berkata “MMR is just a number“. Walaupun memang demikian, namun mau tak mau MMR atau matchmaking rating tetap jadi salah satu tolak ukur kemampuan bermain Dota seseorang.

Para pemain Dota 2 melakukan berbagai cara agar MMR bisa terus naik. Namun, berbagai faktor penghalang muncul menghambat kenaikan tersebut. Supaya kamu tidak patah semangat untuk menaikkan MMR Dota 2, kamu bisa coba ikuti saran dari seorang reddittor bernama oisanji.

Oisanji berhasil menaikkan MMR dari 3163 menjadi 4333 dalam waktu dua bulan. Dalam proses kenaikan MMR tersebut, ia belajar banyak hal. Ada apa saja, yuk kita simak!

Menjadi Solo Support di Game MMR, Kenapa Tidak?

Banyak orang bilang “buat apa main support di MMR 2k/3k” atau “, namun role yang satu ini sebenarnya tetap bisa juga membantu menaikkan MMR Dota 2 milikmu.

Kisah oisanji dimulai dari bermain sebagai solo support menggunakan hero Lina. Ketika itu ia melawan Nyx Assassin, yang berbahaya berkat skill Vendetta yang membuatnya jadi menghilang.

Nyx seringkali hilang dari minimap, oisanji pun mencoba beberapa kali melempar skill Dragon Slave ke tempat yang ia curigai tempat Nyx berada. Kepintarannya ternyata berhasil membuat Nyx panik dan kabur karena kehabisan HP.

Musuh Main Pintar? Kita Main Lebih Pintar!

mmrdota ss 2

Sumber: steamcommunity.com

Bermain game memang butuh kelihaian agar bisa memenangkan permainan. Maka dari itu, jangan sampai kita kalah pintar dari musuh-musuh. Oisanji sering bermain role support, karena itu ia sering melakukan deward dengan meletakkan sentry dan observer ward di tempat yang sama.

Pada suatu saat ia tersadar, mengapa tidak mencoba dengan hanya meletakkan sentry di posisi ward musuh dan meletakkan observer ward di tempat lain? Meski terkesan remeh, warding adalah elemen penting dari permainan Dota 2. Berkat kelihaian oisanji melakukan warding ia berhasil menang dalam permainan.

Tak berhenti sampai situ Oisanji terus belajar seiring meningkatnya MMR. Ia tersadar bahwa kurir Dota 2 baru bisa diterbangkan di menit-3. Ia pun mulai mencoba mencari kurir musuh sebelum menit-3 lalu melakukan courier snipe, alias membunuh kurir musuh secara diam-diam. Bila kamu sering main support, teknik ini penting untuk dipelajari agar mengganggu perkembangan hero midlaner.

Tetaplah Jadi Pribadi yang Positif Dalam Permainan!

Bermain matchmaking membuatmu rentan bertemu dengan berbagai macam orang. Mulai dari orang yang positif sampai yang negatif atau bahkan sifatnya toxic. Untuk mengatasi masalah ini, oisanji pun mencoba untuk tetap tenang apapun yang terjadi. Dia mencoba memberi semangat rekan satu timnya, tak saling menyalahkan, dan juga mencoba menenangkan rekan satu timnya jika ia mulai menyulut pertengkaran antar rekan satu tim.

Pada intinya, terus belajar, bermain cerdik, dan bersikap positif bisa dibilang jadi beberapa kunci kemenangan dalam permainan Dota 2. Masih beralasan susah naikkin MMR karena rekan satu tim cupu? Coba tonton replay permainan kamu yang sebelumnya, siapa tahu MMR-mu tak kunjung naik karena kamu memang masih kurang cerdik. Punya pengalaman menaikkan MMR yang tak kalah seru dari si oisanji? Tuliskan di kolom komentar ya.

Sumber: reddit.com/r/dota2

Share this article

TENTANG PENULIS
Muhammad "Uncanny!" Akbar

Bukan orang biasa yang hobi main game dan jadi hobi menulis tentang game. Game favorit adalah game multiplayer kompetitif, kini juga jadi pengamat dunia persilatan eSport lokal dan internasional.