Jelang Rilis Pokemon Sun dan Moon, Tangkap Dulu Game Pokemon 3DS Ini!

Selama menunggu rilis Pokemon Sun dan Moon November nanti, siapkan dulu pengetahuan Pokemon-mu dengan memainkan game-game Pokemon 3DS ini!

Jelang Rilis Pokemon Sun dan Moon, Tangkap Dulu Game Pokemon 3DS Ini!

Jelang Rilis Pokemon Sun dan Moon, Tangkap Dulu Game Pokemon 3DS Ini!

Halo, trainers! Siapa yang sudah nggak sabar dengan rilisnya Pokemon Sun dan Moon pada November 2016 mendatang? Masih agak lama ya, harus menunggu dua bulan lagi!

Nah daripada 3DS-mu jadi bengong, berikut ini adalah daftar semua game Pokemon 3DS yang tersedia di pasaran! Mungkin buat pemain Pokemon baru, bisa mencoba game-game Pokemon berikut sebelum langsung terjun ke Sun dan Moon!

[page_break no="1" title="Pokemon X dan Y (2013)"]

Jelang Rilis Pokemon Sun dan Moon, Tangkap Dulu Game Pokemon 3DS Ini!

Pokemon X dan Y merupakan salah satu judul game Pokemon terunik. Tidak hanya karena membawa fans Pokemon ke daerah Kalos dan Generasi VI, serta rilis serentak di seluruh dunia pada 12 Oktober 2013, tetapi game ini juga memberikan beragam fitur baru yang mengubah game-game Pokemon utama untuk selamanya!

Dengan memanfaatkan perangkat keras baru yang dimiliki 3DS, X dan Y menjadi game Pokemon pertama dengan tampilan serba 3D dan tidak lagi menggunakan pixel art. Untuk aspek gameplay-nya sendiri, game ini juga merombak keseimbangan permainan kompetitif dengan mengenalkan Type ke-18: Fairy sebagai counter utama dari Type Dragon. Dan adanya Mega Evolution, dimana Pokemon dalam lini evolusi terakhir masih bisa berubah lagi ke bentuk yang lebih kuat menggunakan Mega Stone.

Pemain pun juga bisa mengubah tampilan karakter untuk pertama kalinya dan berinteraksi langsung dengan para Pokemon melalui sistem Pokemon-Amie.

X dan Y meningkatkan jumlah total jenis Pokemon menjadi 721 dengan mengenalkan 72 Pokemon baru. Dan untuk saat ini menjadi Generasi yang menambah jenis Pokemon baru paling sedikit.

[page_break no="2" title="Pokemon Bank, Poke Transporter, dan Dream Radar (2012 dan 2013)"]

Jelang Rilis Pokemon Sun dan Moon, Tangkap Dulu Game Pokemon 3DS Ini!

Walau bukan game, Poke Transporter dan Pokemon Bank dirilis berdekatan dengan meluncurnya X dan Y ke pasaran untuk memudahkan para pemain Pokemon bertukar ataupun mengambil Pokemon dari game-game generasi lain ke game Pokemon 3DS yang baru.

Pokemon Bank memperbolehkan penggunanya untuk menyimpan 3.000 Pokemon secara cloud dengan biaya $5 per tahunnya. Sementara Poke Transporter memungkinkan pemain untuk memindahkan Pokemon dari game Generasi V ke Generasi VI.

Dan yang ketiga, Dream Radar rilis pada akhir 2012. Mirip Pokemon GO, kamu bisa memakai kamera 3DS untuk mencari dan menangkap Pokemon yang ada di sekelilingmu. Pokemon yang sudah ditangkap maka bisa dikirim ke Black 2 dan White 2.

[page_break no="3" title="Pokemon Alpha Sapphire dan Omega Ruby (2014)"]

Jelang Rilis Pokemon Sun dan Moon, Tangkap Dulu Game Pokemon 3DS Ini!

Remake yang didapat untuk handheld 3DS adalah versi terbaru Sapphire dan Ruby, yang diberi judul Alpha Sapphire dan Omega Ruby. Game Pokemon 3DS remake ini dirilis bertepatan pada 12 tahun sejak rilis versi orisinilnya untuk Game Boy Advance di Jepang, yang jatuh pada 21 November.

Mega Evolution kembali hadir di game ini dan menambahkan bentuk "perubahan" baru untuk Pokemon legendaris Kyogre dan Groudon, Primal Reversion. Khusus untuk kedua Pokemon itu, diceritakan mereka tidak berubah ke bentuk baru tetapi kembali ke bentuk lamanya yang lebih kuat, saat mereka masih berjaya di zaman purba.

Alpha Sapphire dan Omega Ruby juga memiliki seekor Pikachu unik yang disebut sebagai Cosplay Pikachu, yang bisa kamu dandani dengan beragam kostum dan diajak mengikuti Pokemon Contest.

[page_break no="4" title="Pokemon Sun dan Moon (2016)"]

Jelang Rilis Pokemon Sun dan Moon, Tangkap Dulu Game Pokemon 3DS Ini!

Dan untuk saat ini, Pokemon "berhenti" dulu sampai pada Generasi VII dengan segera rilisnya Pokemon Sun dan Moon pada 18 November 2016 mendatang. Berdasarkan informasi resmi sementara, jumlah total jenis Pokemon sudah mencapai 760 macam!

Sun dan Moon akan menyuguhkan beragam fitur baru menarik di daerah mirip Hawaii, Alola. Beberapa di antaranya adalah PokeDex hidup bernama Rotom PokeDex, serangan spesial kombinasi pelatih dan Pokemon yang disebut Z-Move, serta sistem Battle Royal dimana empat Pokemon akan saling bertempur satu sama lain secara bersamaan.

Lanjut ke halaman 2 untuk game-game Pokemon 3DS lainnya!

[page_break no="5" title="Pokemon Mystery Dungeon"]

Jelang Rilis Pokemon Sun dan Moon, Tangkap Dulu Game Pokemon 3DS Ini!

Seperti di Nintendo DS, 3DS juga memiliki beberapa judul game spin-off RPG dungeon crawler, Pokemon Mystery Dungeon, yang memiliki sub-judul Gates to Infinity (2012) dan Super Mystery Dungeon (2015).

Di game ini kamu akan berperan sebagai manusia yang tiba-tiba berubah menjadi Pokemon dan harus hidup bersama Pokemon-Pokemon lainnya, dan bekerja menyusuri gua-gua sebagai regu penyelamat yang disebut Rescue Team.

[page_break no="6" title="Pokemon Rumble"]

Jelang Rilis Pokemon Sun dan Moon, Tangkap Dulu Game Pokemon 3DS Ini!

Aslinya rilis di konsol Wii, sekuelnya, Pokemon Rumble Blast (2011) dan Rumble World (2015) dikeluarkan untuk 3DS. Di Pokemon Rumble, kamu akan mengendalikan mainan-mainan berbentuk Pokemon untuk saling bertanding dan mengalahkan berbagai rintangan dalam beragam level yang tersedia.

Satu judul Pokemon Rumble rilis di konsol Wii U dengan judul Pokemon Rumble U (2013). Dan Rumble World merupakan judul free-to-play yang memiliki sistem microtransaction.

[page_break no="7" title="Pokemon Battle Trozei, Picross, dan Shuffle"]

Jelang Rilis Pokemon Sun dan Moon, Tangkap Dulu Game Pokemon 3DS Ini!

Ketiga judul game ini merupakan game puzzle bertemakan Pokemon.

Pokemon Battle Trozei (2014) merupakan kelanjutan dari Trozei di Nintendo DS, dimana kamu mencocokkan gambar-gambar Pokemon secara berurutan untuk menghancurkan balok-balok. Sementara Picross (2015) adalah game nonogram alias teka-teki silang bergambar.

Dan terakhir, Shuffle merupakan game Pokemon 3DS berbasis free-to-play dengan sistem mencocokkan gambar-gambar, mirip dengan Trozei, dan juga tersedia di platform mobile Android dan iOS.

[page_break no="8" title="Pokemon Art Academy dan Great Detective Pikachu"]

Jelang Rilis Pokemon Sun dan Moon, Tangkap Dulu Game Pokemon 3DS Ini!

Sesuai namanya, di Pokemon Art Academy (2014), kamu bisa berlatih menggambar Pokemon-Pokemon menggunakan layar sentuh 3DS.

Dan di Great Detective Pikachu (2016), kamu akan memainkan peran seorang anak muda bernama Tim Goodman yang bekerjasama dengan seekor Pikachu yang bisa berbicara sebagai duo detektif. Untuk saat ini, belum ada konfirmasi apakah game ini akan rilis di luar Jepang.

Tapi studio film Legendary belum lama ini mengatakan bahwa mereka telah mendapatkan lisensi untuk membuat film Great Detective Pikachu! Wah, kayaknya kemungkinan game ini diterjemahkan jadi makin besar juga!

Sekian dulu pembahasan panjang kita! Mungkin kita bahas lagi judul-judul Pokemon baru kalau Nintendo sudah mengeluarkan handheld baru atau merilis NX, hihihi!

Pertama kali dipublikasikan di Dunia Games

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU