Main Gundam VR, Rasakan Langsung Serunya Bertarung Bersama RX-78!

Jangan ngaku jadi penggemar berat Gundam kalau belum datang ke taman bermain VR Project i Can dan nyobain Gundam VR ini!

Gundam VR

Menurutmu gambar di atas adalah foto asli replika Gundam atau render grafis 3D? Kalau kamu menjawab “3D!”, maka kamu benar! Gambar di atas merupakan tiruan virtual Mal Diver City yang dipakai untuk salah satu wahana “taman bermain virtual reality (VR)” bertema Gundam!

Taman bermain VR bertajuk VR Zone Project i Can ini digarap oleh Bandai Namco dan berlokasi di kompleks perbelanjaan Divercity Tokyo Plaza, Odaiba, Tokyo, Jepang.

Divercity memang dikenal sebagai tempat “bertengger” replika Gundam RX-78 dengan skala 1:1 setinggi 18 meter! Jadi tidak heran mereka mengambil tempat tersebut untuk membuat pengalaman Gundam VR jadi lebih nyata.

Dan mereka nggak cuma pamer ukuran saja, Jepang sudah merencanakan akan membuat replika ini berjalan di ulang tahun ke-50 serial Gundam pada 2019 mendatang! Dan beberapa saat yang lalu, kepala Gundam ini juga dibuat bisa bergerak dan mengeluarkan asap dari ventilasi yang ada di bagian dada.

Saat kamu mulai memainkan demo Gundam VR ini, kamu akan dibawa ke dalam replika virtual mal Divercity, tepat berada di depan patung Gundam raksasa yang terkenal itu.

Dan tidak lama kemudian, tiba-tiba kamu ditembaki oleh Zaku II dari kejauhan. Untuk melihat Zaku tersebut, kamu akan harus benar-benar menengok ke belakang. Seperti yang terlihat di video trailer-nya ini.

Kemudian, tiba-tiba patung Gundam tersebut bergerak dan menangkapmu ke dalam tangannya. Kedua Mobile Suit pun langsung saling beradu pedang sementara kamu menonton dari dalam tangan Gundam yang aman.

Tapi di luar VR, tangan mecha itu sebenarnya hanyalah kursi biasa.

Akan tetapi, perasaan nyata yang dialami para pemain tetap tidak berkurang! Contohnya, saat pemain diangkat oleh sang Gundam, mereka mengaku merasa seperti diangkat naik — padahal kursinya tidak bergerak sama sekali!

Toru Furuya pun kembali menyuarakan Amuro Ray sebagai sang pilot RX-78 yang menyelamatkanmu dari serangan Zaku, membuat pengalaman VR ini jadi penuh dengan fanservice tentunya!

Gundam VR

Walau berdasarkan pengakuan orang-orang Gundam VR ini terasa nyata, demo yang satu ini sebenarnya lebih seperti pertunjukkan saja. Kita tidak bisa memainkan apa-apa dan hanya menikmati pertempuran antara dua Mobile Suit dalam jarak (sangat) dekat.

Bagi penggemar mecha yang penasaran bagaimana VR bisa menerjemahkan rasanya mengendalikan tank berkaki, kamu bisa mencoba peragaan VR VOTOMS Battling.

Ya, berbeda dengan Gundam VR, dalam demo ini kamu benar-benar diajak untuk mengendalikan mecha Scopedog dan bertempur melawan pasukan musuh! Lengkap dengan kontrol dual stick-nya dan pedal untuk mengendalikan pergerakan kakinya yang mirip sepatu roda.

Gundam VRSumber: Forbes

Selain merasakan asiknya tinggal di dunia mecha, fasilitas VR Zone juga memberikan pengalaman menarik lainnya yang tidak kalah seru. Salah satunya adalah pertunjukkan panggung virtual dari sudut pandang anggota band, buat kamu yang bercita-cita punya band sendiri tapi nggak kesampaian dan VR horor dimana kamu harus kabur dari bangunan terlantar.

Untuk bisa mencoba berbagai fasilitas VR Zone, kamu harus memesan tempat terlebih dahulu melalui website VR Zone: Project i Can, dan juga merogoh kocek sekitar ¥700 hingga ¥1.000 untuk tiap permainan.

VR Zone: Project i Can ini sudah dibuka sejak April lalu, dan akan ditutup pada 10 Oktober mendatang. Nah penggemar Gundam, sebaiknya kamu cepat-cepat berlibur ke Jepang deh sebelum tempat ini tutup!

Sumber: Forbes/Japan Times

Share this article

TENTANG PENULIS
sidharta

Jadi penulis karena nggak bisa koding.