Semua Tim Dota 2 Cina Melakukan Disband? Ini Alasannya!

Roster EHOME saat The International 6
Roster EHOME saat The International 6

Fall Shuffle kembali membuat “geger” dunia tim profesional Dota 2. Baru-baru ini, hampir seluruh tim Dota 2 Cina melakukan team disband alias membubarkan roster aktif mereka! Apa yang terjadi?

Pasca turnamen terbesar Dota 2 tahun ini, The International 6, hampir tidak ada yang menduga akan terjadi perombakan besar-besaran dari tim-tim asal Cina mengingat performa mereka yang cukup bagus. Tetapi baru-baru ini, hampir seluruh tim besar yang berbasis di Cina mengumumkan bahwa mereka telah membubarkan tim mereka.

Beberapa organisasi seperti CDEC, Invictus Gaming, Newbee, LGD, EHOME, dan Vici Gaming, mendadak melakukan team disband untuk tim-tim yang berada didalam mereka. Beberapa tim Cina lainnya seperti TongFu juga melakukan hal yang sama.

Apa yang menjadi penyebab terjadinya eksodus besar-besaran di ranah profesional Dota 2 Cina? Sampai saat ini belom satupun organisasi maupun tim Cina yang memberikan pernyataan langsung. Meskipun begitu, sudah ada spekulasi yang cukup bisa menjelaskan kenapa bisa terjadi eksodus ini.

Wykrhm Reddy dalam tweet-nya menyatakan bahwa seluruh organisasi besar yang menaungi tim-tim profesional Dota 2 telah melakukan pertemuan bersama dan memutuskan untuk melakukan drop seluruh pemain yang berada dalam organisasi mereka.

Alasannya? Beberapa dugaan dan spekulasi mengenai beberapa organisasi yang mencoba “membajak” pemain dari organisasi lain menjadi salah satu alasan kuat. Beberapa pemain juga diberitakan melanggar kontrak dengan tim mereka dan meninggalkan tim tanpa mengikuti prosedur.

Hal-hal tersebut dinilai dapat memberikan celah bagi pemain untuk dapat mendongkrak nilai jualnya menjadi lebih tinggi. Selain itu, ditakutkan juga akan terjadi beberapa “transfer gendut” ke pemain untuk mengontrak mereka. Sehingga pada akhirnya, pertemuan para organisasi besar Cina tersebut memutuskan agar seluruh tim dalam naungan mereka melakukan team disband.

Meskipun mengejutkan, namun hal ini dianggap sebagai jalan paling ampuh untuk menjaga iklim transfer pemain tetap adil dan dapat dikontrol dengan regulasi yang berlaku. Team disband juga menjadi cara paling aman bagi tim-tim yang ingin merombak roster-nya tanpa harus ketakutan tentang nilai transfer yang terlalu tinggi.

Dari segi kekuatan tim, hal ini bisa jadi sangat menarik. Tim Cina mana yang bisa mendapatkan roster terbaik dan terkuat dalam keadaan seperti ini? Sepertinya Fall Shuffle masih bisa memberikan kejutan-kejutan berikutnya.


SHARE
Previous articlePertempuran Justice League Vs Suicide Squad Pecah Mulai Desember!
Next articleSimulasi City-Builder Little Big City 2, Rilis Gratis di Android!
e-Sports Enthusiast, Game Connoisseurs. Penikmat berbagai macam genre game, terutama yang berupa RPG – online maupun offline. Keranjingan juga dengan beberapa arcade game bertipe Ryhthm Game, juga pemain-yang-lebih-cocok-jadi-pelatih/manager di berbagai game dengan genre MOBA dan RTS. Bisa menguras emosi bagi setiap lawan (dan kawan) dalam berbagai macam Boardgames.