5 Hal yang Diharapkan Akan Tampil pada PlayStation Meeting 2016

PlayStation Meeting 2016

PlayStation Meeting 2016, acara spesial yang diadakan untuk mengumumkan konsol-konsol dan game baru Sony, akan diadakan besok di PlayStation Theater yang berlokasi di New York, Amerika Serikat. Acara ini hanya terbuka untuk media, dan kita di Indonesia (atau yang bukan bagian dari media) bisa menyaksikan siaran langsungnya di situs live.playstation.com pada jam 2 pagi nanti.

Pagi amat ya? Salahkan bentuk bumi yang bundar dan adanya zona waktu.

Buat yang nggak bisa melek sampai pagi, tentunya nanti kami akan menyediakan juga laporan pengumuman penting apa saja yang keluar dari acara PlayStation Meeting 2016 tersebut!

Nah sebelum acaranya dimulai, yuk kita bahas bersama-sama, kira-kira apa saja sih yang akan ditunjukkan oleh Sony dalam acara malam ini?

1

Pengumuman Resmi PS4 Slim

Diperkirakan Sony akan “terpaksa” mengungkap wujud PlayStation 4 Slim pada acara Playstation Meeting 2016 ini.

Sony sendiri sebenarnya belum secara resmi mengkonfirmasi apapun mengenai PS4 versi langsing ini. Namun sejak akhir Agustus kemarin, beredar foto-foto dan berbagai bukti nyata bahwa mereka memang sedang menyiapkan PS4 Slim. Hal tersebut pasti menjadi pemicu bagi Sony untuk memamerkan jenis konsol baru mereka — baik walau sudah direncanakan seperti itu dari awal ataupun tidak.

Menurut kabar, mesin-mesin konsol PS4 Slim yang sudah beredar di pasaran berasal dari Uni Emirat Arab. Dan memang di sana konsol ini sudah dijual, dan dipatok pada harga 1120 Dirham untuk varian 500GB. Jika dikonversikan ke Rupiah, maka menjadi sekitar Rp4 jutaan. Bisa lebih murah sampai 1 jutaan dibanding pendahulunya! Tentunya PS4 Slim menjadi tawaran menarik bagi gamers yang belum membeli PS4.

Dan bicara lebih lanjut soal PS4 Slim. Menurut pengguna forum RealModScene RMS Freshman yang membuat video pembongkaran mesin tersebut, konsol ini masih belum mendukung resolusi 4K, memiliki dua varian: 500GB dan 1TB, serta lebih tenang dari PS4 biasa tapi jauh lebih cepat panas saat digunakan. Pengguna Twitter shortman82 juga menambahkan kalau PS4 Slim mendukung band WiFi 5Ghz, yang jauh lebih stabil dari 2,4 Ghz.

Dari sisi input, dikabarkan PS4 Slim memiliki dua port USB, HDMI, Ethernet dan port untuk PlayStation Camera. Tapi sayang, Sony nampaknya membuang optical output yang sebelumnya ada di PS4 biasa.

2

Penampilan Kontroler Dualshock 4 Versi Baru

PlayStation Meeting 2016 Stik PS4 Dualshock 4

Seperti Xbox One dan Xbox One Elite Controller-nya, Sony juga sedang menyiapkan kontroler baru untuk PS4 Slim!

Kali ini, Dualshock 4 versi baru akan memiliki light bar menyala pada sisi atas touch pad-nya. Nyala light bar yang terpantul di layar TV saja sudah cukup menyebalkan, sekarang mereka juga ingin menyorotkannya ke wajahmu! Entah apa maksudnya.

Tapi di sisi lain, grip yang dibuat lebih “bantet” seperti di Dualshock sebelumnya serta finishing yang menggunakan material matte sepertinya akan terasa lebih baik untuk genggaman tangan.

Saya perkirakan stik baru ini akan diumumkan bersamaan dengan pengumuman PS4 Slim.

3

Akhirnya Wujud PlayStation 4 Neo akan Tampak!

PlayStation Meeting 2016 Neo

Dan tentunya, the main event of PlayStation Meeting 2016, mesin yang dijago-jagokan: PlayStation 4 Neo!

Sejauh ini, PS4 Neo merupakan rahasia Sony yang paling bisa terjaga dengan ketat. Memang, beberapa perkiraan dan laporan ada yang keluar sedikit ke internet, namun belum ada kepastian seperti apa jeroan dari PS4 Neo. Wujudnya seperti apa saja belum ada yang tahu sama sekali!

Oleh karena itu, kita bahas saja dari sedikit hal yang bisa kita bahas. Beginilah kira-kira perbandingan spesifikasi antara PS4 biasa dengan PS4 Neo.

PS4 biasa
PS4 Neo
CPU 8 core Jaguar 1,6 Ghz 8 core Jaguar 2,1 Ghz
GPU 18 Radeon GCN compute unit – 1,84 teraflops – 800 MHz 36 Radeon GCN compute unit – 4,14 teraflops – 911 MHz
Memori 8GB GDDR5, 176GB/s 8GB GDDR5 at 218GB/s

Menurut Eurogamer, dari perbandingan spesifikasi tersebut PS4 Neo akan mendapat 31% peningkatan dalam kinerja CPU serta penambahan memori 512MB untuk game yang juga diharapkan akan memperlancar kerja aplikasi background. Dan yang paling dinanti-nanti adalah peningkatan GPU yang signifikan. Diperkirakan ditenagai oleh arsitektur GPU baru AMD, Polaris.

Maka secara teori game-game yang dijalankan dalam “mode Neo” akan memiliki peningkatan frame rate, tekstur yang lebih detil, dan resolusi yang lebih tinggi — kemungkinan besar bisa mencapai resolusi 4k secara native.

Untuk kecocokannya dengan PlayStation VR, dikabarkan kedua hardware akan mampu mendukung headset tersebut. Namun peningkatan spesifikasi pastinya akan memberikan pengalaman VR yang lebih mulus.

4

PlayStation VR Tidak Ketinggalan

PlayStation Meeting 2016 PS VR

Seperti yang sudah kami kabarkan sebelumnya, PlayStation VR akan dirilis pada 13 Oktober ini dan di Indonesia akan dibanderol mulai dari Rp6.690.000. Dan untuk mendapat bundel PS VR dan PS Camera, kamu harus menambahkan 700 ribu Rupiah lagi.

Kemudian kemarin Blog PlayStation Eropa mengumumkan bahwa setiap pembelian PS VR akan disertai juga dengan delapan demo game dalam sebuah disc. Mereka adalah:

  • Driveclub VR – Evolution Studios
  • PlayStation VR Worlds – Sony London Studio
  • RIGS Mechanized Combat League – Guerrilla Games
  • Tumble VR – Supermassive Games
  • Battlezone – Rebellion
  • EVE: Valkyrie – CCP
  • Wayward Sky – Uber Entertainment
  • Headmaster – Frame Interactive

Semoga dengan ini zaman demo disc seperti di majalah-majalah dulu akan datang kembali!

Selain semua itu, tidak banyak yang bisa dibahas mengenai PS VR. Dan nampaknya Sony memang tidak akan membahasnya panjang lebar pada PlayStation Meeting 2016 nanti malam, karena mereka sudah membeberkan semua informasi yang penting dan untuk merasakan perbedaannya dari bermain game biasa, pengalaman VR memang harus dirasakan secara langsung.

Game-Game Bombastis dan Crash Bandicoot

PlayStation Meeting 2016 Crash Bandicoot

Walau hardware baru merupakan topik yang sangat hangat, tapi kita juga tidak boleh melupakan software! Bagaimanapun juga, apalah arti hardware keren kalau tidak ada game yang bisa dimainkan di sana?

Jujur saja, saya tidak melihat banyak hal baru yang bisa ditampilkan oleh Sony. Saya rasa The Last Guardian akan mendapat jatah karena rilisnya sudah terlalu lama tertunda dan mereka ingin membuat audiens kembali “hype”.

Kemudian mereka juga akan memberikan informasi baru perihal Detroit: Become Human, Horizon Zero Dawn, God of War bertema Nordik dan game zombie Days Gone. Pastinya game-game VR juga ikut ditampilkan dalam sebuah montage untuk mengangkat hype PlayStation VR. Sementara PS Vita– apa itu Vita, ya?

Kemungkinan besar kejutan yang bisa membuat heboh adalah kalau Sony menampilkan trailer “nyata” untuk remaster Crash Bandicoot di PS4. Dan mungkin, mungkin, kalau ada cuplikan baru juga untuk Kingdom Hearts 3.

Lebih kerennya sih kalau Capcom ikut memberikan informasi dan trailer baru untuk Deep Down dan engine Phanta Ray mereka, karena mereka pertama kali mengumumkan proyek ini pada PlayStation Meeting 2013. Tapi saya tidak berharap banyak soal yang satu ini.

Bagaimana menurut kalian sendiri? Kira-kira, pengumuman apa yang paling kamu tunggu di PlayStation Meeting 2016 ini? PS4 Neo, kah? Atau justru game-game baru?