PlayStation 4 Pro Rilis November, Tidak Semahal yang Kita Kira!

PlayStation 4 Pro

Pagi ini di acara PlayStation Meeting, seperti yang telah saya (dan semua orang di dunia) sudah perkirakan, Sony akhirnya tidak saja menampilkan sosok PS4 Neo tetapi juga menetapkan nama resminya, yaitu: PlayStation 4 Pro!

Konsol ini memang dirilis pada pertengahan generasi kedelapan konsol gaming, namun arsitek utama sistem PS4 Mark Cerny menekankan bahwa PlayStation 4 Pro bukanlah konsol yang mengaburkan generasi ini dan generasi selanjutnya atau bahkan perilisannya menandakan masuknya kita pada generasi baru, melainkan “membawa pengalaman PS4 ke tingkat yang lebih tinggi lagi,” baik bagi developer dan konsumen.

Perihal kemampuan dan hardware, Sony terus-terusan menekankan kalau hardware baru ini akan mampu mengeluarkan output native 4K serta menerapkan High Dynamic Range (HDR) untuk meningkatkan exposure pada visual, lebih cerah, dan membuatnya terlihat lebih photorealistic.

Selain mengkonfirmasikan penggunaan HDD 1TB dan arsitektur GPU baru AMD Polaris yang memang sudah lama juga diperkirakan orang-orang, halaman PlayStation Jepang juga telah menunjukkan detil lengkap spesifikasinya:

Main processor Single-chip custom processor
CPU x86-64 AMD “Jaguar”, 8 cores
GP 4.20 TFLOPS, AMD Radeon™ based graphics engine
RAM GDDR5 8GB
HDD 1TB
Optical drive BD 6-speed CAV
DVD 8-speedCAV
AV output HDMI output terminal (4K / HDR output)
Optical digital output terminal
Power supply AC 100V, 50/60Hz
Power consumption Up to 310W
Sinyal Ethernet (10BASE-T, 100BASE-TX, 1000BASE-T)
IEEE 802.11 a/b/g/n/ac
Bluetooth® 4.0(LE)
Input and output Super-Speed USB (USB 3.1 Gen1)
AUX
Suhu pemakaian 5℃ – 35℃

PlayStation 4 Pro

Dalam video demonya, Cerny menunjukkan perbedaan visual yang terlihat pada game-game PS4 “lama” yang diputar melalui PlayStation 4 Pro, seperti Rise of The Tomb Raider dan WatchDogs 2; serta detil yang nampak pada game-game baru macam Spider-Man dan Day’s Gone.

Disebutkan kalau pemanfaatan HDR dapat memberikan spektrum warna yang lebih lebar dan efek bayangan yang lebih realistis, tapi sangat susah melihatnya melalui livestream Twitch dengan gambar pecah-pecah. Jadi untuk saat ini urusan grafis baru bisa kita nilai saat pihak Sony sudah mengeluarkan video demo-nya di Youtube.

Berbicara soal grafis, Cerny juga menambahkan, tidak perlu membeli TV 4k untuk bisa menikmati upgrade visual. Bahkan pada TV HD biasa, game yang diputar di PlayStation 4 Pro masih akan terlihat apik berkat super-sampling dan teknik anti-aliasing yang lebih maju.

Judul-judul lama seperti Paragon, Infamous First Light dan Shadow of Mordor juga masih akan kompatibel dengan mesin baru melalui fitur “forward compatibility”, patch grafis untuk menyesuaikan tampilan dengan spesifikasi PlayStation 4 Pro yang berbasis 4k sehingga akan terlihat lebih indah saat dimainkan di konsol baru tersebut.

Tidak hanya game, tapi dukungan konten video 4k dan HDR juga akan datang dari Netflix dan Youtube. Namun sayangnya masih belum akan mendukung format Blu-ray 4k.

Soal harga seperti yang bisa kita lihat di bawah, PlayStation 4 Pro akan rilis pada 10 November mendatang dan dibanderol dengan harga $399, atau kasarnya 5,2 juta Rupiah. Kalau diperkirakan, nantinya kalau sudah masuk akan dipatok pada kisaran 6 sampai 7 juta rupiah.

PlayStation 4 Pro harga PS Slim

Sementara itu, tidak banyak yang dibahas mengenai PS4 Slim. PlayStation Meeting 2016 ini kurang-lebih menjadi acara pengumuman untuk PlayStation 4 Pro saja.

Memang sesuai prediksi, harga PS4 Slim akan jatuh pada kisaran Rp 4 jutaan dan rilis pada 15 September, tidak jauh dari rumor yang mengatakan 13 September. PS4 versi langsing ini juga disebutkan akan menggantikan PS4 model lama, seperti yang dilakukan Sony pada PS Vita sebelumnya. Padahal modelnya kurang oke ya, PS4 biasa jauh lebih minimalis-modern!

Wah, bagaimana nih, kayaknya nabung sedikit juga sudah bisa dapat PlayStation 4 Pro daripada beli PS4 Slim! Sayang ya, desain dua mesin baru ini nggak se-oke PS4 biasa, masa PlayStation baru bentuknya kayak martabak manis berlapis-lapis! Hehe..

Sumber: Twitch PlayStation/PlayStation Jepang