Terungkap, Inilah Daftar Film Terbaik di Abad 21 yang Wajib Kamu Tonton!

film terbaik abad 21

Abad ke-21 mungkin memang baru berjalan selama 16 tahun. Namun nyatanya, dalam kurun waktu tersebut industri film telah melahirkan film-film berkualitas. Jika menengok ke belakang, banyak sekali film-film, khususnya yang keluaran Hollywood, memiliki kualitas jempolan. Hanya saja, film-film produk abad ke-20 tersebut dinilai masih kurang memberikan keberagaman dalam beberapa hal.

Lalu, film apakah yang layak disebut yang terbaik di abad ini?

Atas dasar rasa kepenasaranan tersebut, media asal Inggris, BBC melakukan jajak pendapat yang melibatkan sebanyak 177 kritikus film dari seluruh benua. Para kritikus yang terlibat pun tidak sembarangan. Sebagian besar dari mereka berasal dari kalangan reviewer baik dari media cetak maupun elektronik berbasis daring, sedangkan sebagian lainnya terdiri dari kalangan kurator dan akademisi perfilman.

film terbaik abad 21

Hasil jajak pendapat banyak memunculkan film-film nominator piala Oscar, sebut saja seperti  Ida (55), No Country for Old Men (10), 12 Years a Slave (44), The Hurt Locker (67), Crouching Tiger, Hidden Dragon (35), dan film-film lainnya. Sementara itu, dari dapur animasi, film-film seperti Inside Out (41), Spirited Away (4), Wall-E (29), Ratatouille (93), dan Finding Nemo (96) juga berhasil berebut kursi di deretan film terbaik.

Tak hanya itu, dalam jajak pendapat kali ini, BBC tak sekadar membatasi penilaian pada film Hollywood saja. Film asal Prancis, Korea Selatan, Jepang, hingga Thailand pun diikutsertakan dalam daftar 100 film terbaik di abad ke-21. Yang menarik, film The Act of Killing atau Jagal karya sineas Denmark, Inggris, dan Norwegia, yang mengambil latar di Indonesia juga ikut mampir di urutan ke-14.

film terbaik abad 21

Mulholland Drive karya David Lynch berhasil bertengger di urutan pertama sekaligus menjadikannya yang terbaik di abad ke-21. Tak heran memang, sejak awal perilisannya pada 2001 lalu, film yang dibintangi Naomi Watts tersebut mendapat banyak pujian dari kritikus. Salah satunya datang dari kritikus terkemuka, Roger Ebert yang memberikan empat bintang sempurna untuk film ini. “Ini adalah film eskapis surealis seperti alam mimpi yang berbentuk ala film noir Hollywood. Semakin film ini tak masuk akal, semakin kita tak bisa berhenti menontonnya,” tulis Ebert.

Jadi, inilah daftar 10 film terbaik dari “100 Film Terbaik di Abad ke-21”

1. Mulholland Drive (David Lynch, 2001)
2. In the Mood for Love (Wong Kar-wai, 2000)
3. There Will Be Blood (Paul Thomas Anderson, 2007)
4. Spirited Away (Hayao Miyazaki, 2001)
5. Boyhood (Richard Linklater, 2014)
6. Eternal Sunshine of the Spotless Mind (Michel Gondry, 2004)
7. The Tree of Life (Terrence Malick, 2011)
8. Yi Yi: A One and a Two (Edward Yang, 2000)
9. A Separation (Asghar Farhadi, 2011)
10. No Country for Old Men (Joel and Ethan Coen, 2007)