Membandingkan PS4 Slim vs Xbox One S. Mana yang Layak Dibeli?

ps4 slim vs xbox one s

Sesuai prediksi, bersamaan dengan acara PlayStation Meeting tanggal 7 September (8 September WIB) kemarin, Sony memperkenalkan dua varian baru untuk PS4. Pertama, ada PS4 Pro dengan upgrade kemampuan dari PS4 standar, dan kedua adalah PS4 Slim yang sesuai dengan namanya, memiliki dimensi ukuran yang lebih kecil dibandingkan PS4 standar. Nah, sebelumnya di bulan Agustus kemarin, perang konsol “langsing” sudah dimulai oleh Microsoft dengan merilis Xbox One S. Bagaimana perbandingan PS4 Slim vs Xbox One S yang baru dirilis ini?

PlayStation 4 Pro Rilis November, Tidak Semahal yang Kita Kira!

Sony akhirnya tidak saja menampilkan sosok PS4 Neo tetapi juga menetapkan nama resminya, yaitu: PlayStation 4 Pro! Ini harga dan spesifikasi lengkapnya.
Baca Juga
Untuk membandingkan PS4 Slim vs Xbox One S, kita akan melihat dari beberapa sisi, seperti dimensi, fitur dan juga game-game eksklusifnya.
1

Dimensi

PS4 Slim vs Xbox One

Perbandingan PS4 Slim vs Xbox One S kita mulai dari segi dimensi. Baik PS4 Slim maupun Xbox One S keduanya memang memiliki dimensi lebih kecil dibandingkan “kakaknya”. PS4 Slim memiliki dimensi panjang x lebar x tinggi: 26,4cm x 28,8cm x 3,9cm. Sedangkan Xbox One S memiliki dimensi 22,9cm x 29,2cm x 6,35cm. Dari segi ukuran memang tidak terlampau jauh, namun tampak Xbox One S sedikit lebih “gendut” dibandingkan PS4 Slim. Bahkan Xbox One S sedikit lebih besar dibandingkan PS4 standar.

2

Fitur

PS4 Slim vs Xbox One

Dari segi fitur, PS4 Slim vs Xbox One S cukup seimbang. Namun, Xbox One S bisa dibilang sedikit lebih unggul fitur-fiturnya dibandingkan PS4 Slim. Keduanya mendukung HDR untuk video streaming dan juga beberapa game yang mendukung. Keunggulan Xbox One di sini terlihat dari fitur drive Blu Ray yang bisa digunakan untuk memutar film blu ray dengan resolusi 4K. Bukan cuma itu, Xbox One S juga dilengkapi dengan IR Blaster untuk berbagai kegunaan seperti menyalakan TV atau dekoder TV satelit.

Ini Penampakan dan Spesifikasi Xbox One S, Versi Xbox One Paling Mini!

Tepat saat menggelar konferensi pers E3 2016, Microsoft akhirnya mengkonfirmasikan versi baru Xbox One yang lebih kecil, Xbox One S alias Xbox One Slim!
Baca Juga

Tidak memiliki blu ray untuk diputar? Kamu bisa menggunakan Xbox One S untuk streaming dengan resolusi 4K di beberapa situs video streaming seperti Netflix. Hal ini membuat Xbox One S bukan hanya sekedar peningkatan efisiensi dari segi dimensi, akan tetapi juga memaksimalkan fitur di dimensi yang lebih ringkas.

PS4 Slim vs Xbox One

PS4 Slim? Tak ubahnya hanya PS4 dengan ukuran mini saja. Untuk semua fitur masih sama dengan PS4 standar. Pun dengan dukungan untuk HDR yang ternyata nanti juga bisa dinikmati PS4 standar lewat update firmware. Mungkin kelebihan PS4 Slim dibandingkan standar adalah (sedikit) desain baru untuk DualShock 4 dimana bagian atas touchpad kini juga dilengkapi dengan lightbar serta konsumsi daya yang lebih kecil.

3

Game Eksklusif

cover-ffxvrilis

Karena diplot sebagai versi upgrade dari konsol standar, tentu game-game eksklusif dari PS4 Slim dan Xbox One S masih sama dengan versi standar. Jika sama dengan versi standar, tentu kamu bakal tahu bukan siapa pemenang untuk kategori ini? Yap, berbicara mengenai eksklusifitas game, PS4 bisa dibilang (sedikit) lebih kaya dibandingkan Xbox One.

4

Harga

PS4 Slim vs Xbox One

Dari segi harga tidak ada perbedaan antara keduanya. Baik PS4 Slim maupun Xbox One S dibanderol dengan harga awal US $299 atau sekitar Rp3,9 juta untuk versi dengan HDD paling kecil, 500GB.

Melihat komparasi PS4 Slim vs Xbox One S di atas, bisa dibilang keduanya hampir seimbang. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Xbox One S sendiri sudah dipasarkan akhir Agustus 2016 kemarin, sedangkan PS4 Slim akan mulai dipasarkan beberapa hari lagi, 15 September 2016. Jadi, jika kamu akan membeli konsol baru, mana yang akan kamu pilih?

Sumber: Twinfinite/IGN/Kotaku


SHARE
Previous articleTerungkap, Inilah Daftar Film Terbaik di Abad 21 yang Wajib Kamu Tonton!
Next articleEternalEnvy Akhirnya Bikin Organisasi Dota 2 Sendiri!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.