Greget! Smartphone Tergahar Ini Punya 3x Snapdragon 830, 18GB RAM, dan Kamera 60MP!

Turing-Monolith-Chaconne-1

Mungkin kalian bakal menganggap hal ini gila, namun baru-baru ini Turing Robotic Industries mengumumkan sebuah proyek yang akan mereka kembangkan, Turing Monolith Chaconne. Namanya sama sekali tidak menyiratkan ini sebuah benda elektronik, yang ternyata juga bukan kendaraan jenis baru, atau nama bangunan yang berbentuk unik. Turing Monolith Chaconne adalah nama smartphone. Ya, ponsel pintar dengan spesifikasi yang mungkin bikin kalian geleng kepala, dengan ambisi menjadi smartphone tergahar!

Pertama, kalian mendapatkan chipset yang bahkan smartphone kelas atas mana pun belum memilikinya, Snapdragon 830 (pada kenyataannya, Qualcomm pun belum mengumumkannya secara resmi). Bukan hanya satu, melainkan tiga Snapdragon 830. Melalui pernyataannya dalam newsletter Turing Phone, Syl Chao, CEO dan arsitek proyek ini mengungkapkan beberapa hal rumit yang sepertinya awam kami dengar di ranah hardware smartphone. Bisa kalian baca sendiri kutipannya di bawah:

“TRI plans on connecting multiple CPUs via WiGig by implementing an ad-hoc driver to the 60GHz channel via on-board USB3.0. This complicated computing process stores a transient matrix in SSD of CPU(1), then it recomputes and shares the transient matrix with the other SSD of CPU(2) simultaneously. This results in the CPUs sharing their computing power in parallel. Such proprietary technology enables TRI to achieve never-seen-before computing power on a mobile device. So what exactly is this technology intended for? The answer is – Computational Intelligence (CI).”

Turing-Monolith-Chaconne-4

Ada dua CPU, SSD dan juga on-board USB 3.0, yang sepertinya akan terlalu besar ditempatkan dalam sebuah smartphone. Menurut sang CEO, gadget yang mereka kembangkan ini nanti duduk diantara smartphone dan tablet, serta pengembangannya diposisikan di Salo, Finlandia. Tempat dimana pabrikan besar seperti Nokia dan Microsoft juga biasa mengembangkan ponsel mereka. Berikut bisa kalian lihat beberapa spesifikasi hardware yang sudah diungkapkan Turing Phone.

Turing-Monolith-Chaconne-2

Well, entah mereka hanya bercanda atau serius dengan spesifikasi tersebut. Namun Turing Monolith Chaconne nantinya bakal memiliki tiga prosesor Snapdragon 830, 18GB RAM, layar 6.4-inchi dengan resolusi 4K Ultra HD, alias 3840 pixels × 2160-pixel, 768GB SSD internal storage, dengan dua slot microSD yang maksimal masing-masing mendukung kapasitas hingga 256GB, dan dihasilkan total storage mencapai 1.2TB.

Smartphone Tergahar

Untuk menghidupkannya, Turing Monolith Chaconne menggunakan baterai bertenaga sel hydrogen, yang sepertinya juga anti meledak, dengan supply tenaga hingga 120Wh, yang sepertinya bakal cukup digunakan bukan sekadar untuk menjalankan semua fungsi standarnya saja. Sisa spesifikasinya, seperti OS Swordfish OS, tubuhnya menggunakan konstruksi material graphene oxide, ada empat kamera 60MP di belakang, dan dua kamera 20MP di sisi depan, kemampuan untuk menerima empat slot kartu SIM.

Turing-Monolith-Chaconne-6Kerennya lagi, Turing Monolith Chaconne ini memiliki keyboard model sliding lho dibalik layarnya, serta sudah mendukung teknologi augmented reality dengan parallel tracking dan mapping.

Jika kalian masih sanggup mempercayai spesifikasi smartphone tergahar tersebut bakal eksis, Turing Monolith Chaconne bakal dirilis tahun 2018 nanti. Kira-kira berapa ya harganya. Dan kami penasaran, apakah baterai hidrogen itu beneran aman serta ga mudah meledak.

Turing-Monolith-Chaconne-7 Turing-Monolith-Chaconne-3

Sumber Turing Phone, Newsletter


SHARE
Previous articleInilah Wakil Indonesia di 8th IeSF World Championship cabang HearthStone!
Next articleKreator Tahu Bulat, Own Games Gandeng UNPAR Bangun Laboratorium Riset Game dan Aplikasi!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.