Liputan STGCC 2016: Kemeriahan Event Pop Culture yang Sangat Komplit!

Singapore Toy Games and Comic Convention berlangsung 10-11 September kemarin. Penasaran seperti apa? Simak saja liputan STGCC 2016 ini!

Agar kamu kira-kira bisa membayangkan seperti apa suasana di sana, liputan STGCC 2016 ini akan menyorot sejumlah area menarik yang ada di dalam acaranya. Yang pertama, dan termasuk yang paling menonjol, tentu saja adalah toys dan collectibles.

Liputan STGCC 2016 - Toy Fair Exclusive-min

Hot Toys menawarkan sejumlah figur ekslusif untuk event ini. Varian Joker, Batman, Iron Man, dan Stormtrooper yang disajikan memang menarik. Tapi harus diakui, melihat antrean para kolektor untuk memperoleh salah satu dari figur-figur ini tetap membuat geleng-geleng.

Liputan STGCC 2016 - Toy Fair Exclusive Antre-min

Untuk memiliki kesempatan mendapatkan figur-figur di atas memerlukan pre-order. Tetap saja, rupanya sudah begitu banyak yang telah memesan dan siap mengambil satu, atau malah semua, dari figur itu.

Itu baru dari segi toys. Bagaimana dengan game? Mau game digital ataupun tabletop game, STGCC 2016 memiliki wilayah yang menarik perhatian.

Overwatch Time Attack - liputan stgcc 2016-min Liputan STGCC 2016 - Overwatch time attack-min

Dengan event Time-Attack Zone, Overwatch terasa cukup mendominasi event STGCC 2016. Dalam event ini, tim yang menjadi kontestan – tentu saja – saling berlomba untuk menjadi yang tercepat dan paling efisien dalam menyelesaikan map yang menjadi tantangan.

Disponsori oleh Mountain Dew, minuman favorit dari D.Va….

Atau mungkin lebih tepatnya, Gremlin D.Va….

Overwatch - Gremlin Dva

Overwatch semakin mengukuhkan posisinya sebagai video game paling menonjol di STGCC 2016. Tak hanya para pemain saja yang bisa mencicipi minuman segar tersebut, tapi juga pengunjung dan media. Sayang tidak ada Doritos untuk semakin membuat kamu merasa seperti Gremlin D.va.

Nah, itu adalah video game. Bukankah tadi juga sudah dikatakan kalau tabletop game juga memiliki area yang menarik?

Area tabletop game yang paling menarik perhatian tentunya adalah area dari card game legendaris, Magic the Gathering. Mengedepankan ekspansi terbaru – Eldritch Moon – stan Magic ramai dipadati oleh pemain. Baik para pro yang saling mengadu kemampuan, hingga newbie yang mencoba. 20160910_112610-min

Jalan sedikit lagi, kamu juga akan menemukan franchise tabletop legendaris lain: Warhammer dari Games Workshop.

20160910_112829-min

Selain melengkapi koleksimu, kamu bisa juga membeli majalah White Dwarf edisi September, yang dilengkapi dengan bonus miniatur, dan juga kumpulan cat untuk menghias miniatur-miniaturmu.

Lalu bagaimana dengan komik? Tentu saja liputan STGCC 2016 ini tak bisa melewatkan hal-hal menarik dari event ini yang berhubungan dengan komik. Ada sesi bincang-bincang dengan Nick Spencer, orang yang sempat membuat heboh internet dengan membuat Captain America jadi anggota HYDRA. Ada juga rilis resmi komik terbaru Image Comics – Mirror: The Mountain – yang digarap oleh tim internasional Emma Rios dan Hwei Lim.

Liputan STGCC 2016 - Nick Spencer-min

STGCC 2016 juga memberi kesempatan bagi para fan untuk meminta tanda tangan dari sejumlah tamu istimewa dari industri komik dan animasi. Pembicara seperti Nick Spencer memperoleh kesempatan ini. Ada juga Simone Legno (tokoh di balik merek tokidoki), Haruhiko Mikimoto (desainer karakter untuk judul seperti Macross 7, Kabaneri), dan lain-lain.

Liputan STGCC 2016 - Guest Artist-min

Seperti yang bisa kamu lihat, antusiasme pengunjung untuk berinteraksi dengan tamu-tamu istimewa ini sangat besar, terbukti dari antrean panjang yang tercipta untuk setiap tamu.

Liputan STGCC 2016 - Guest Artist 2-min

Ada satu lagi yang tak bisa dilupakan untuk event-event seperti ini: Artist Alley! Di sinilah para kreator memamerkan dan menjual karya, mulai dari poster, gantungan kunci, hingga komik!

Liputan STGCC 2016 - Artist Alley-min

Tapi karena eventnya di Singapura, jangan kira Artist Alley di STGCC 2016 hanya diisi para seniman lokal sana saja. Ada juga lho perwakilan dari Indonesia, seperti Caravan Studio.

Liputan STGCC 2016 - Caravan Studio-min

Edy Hardjo dari HRJOE Photography yang foto-fotonya mungkin sudah pernah bikin kamu ngakak.

Liputan STGCC 2016 - HRJOE Photography-min

Foto Action Figure Superhero Unik Edy Hardjo Ini Bakalan Bikin Kamu Geli!

Foto action figure superhero unik Edy Hardjo ini bakalan bikin kamu geli. Mereka semua ditata sedemikian rupa sehingga menciptakan adegan-adegan yang lucu!
Baca Juga

Dan juga Scroll Down Comics.

STGCC 2016 - Scroll Down Comics-min

Secara keseluruhan, STGCC 2016 memang event pop culture yang unik dan sangat komplit. Apalagi tempat acaranya pun relatif mudah dijangkau. Kamu hanya tinggal naik MRT hingga ke stasiun Bayfront, lalu keluar ke Sands Expo. Sudah deh kamu bisa langsung menemukan tempat acara.

Penasaran? Mungkin kamu bisa mulai menabung dari sekarang, persiapan untuk STGCC 2016!


SHARE
Previous articleAjak Tengkar! Begini Cara Xbox Meledek PS4 Slim dan PS4 Pro!
Next articleGaleri Foto STGCC 2016 – Kumpulan Aksi Cosplayer STGCC 2016!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.