ZenFone 3 yang 4 Jutaan Kurang Garang? Nih, Asus Jual Tipe Deluxe dengan Snapdragon 821!

ZenFone 3 Deluxe

Asus Indonesia baru saja menjual varian standar ZenFone 3Z yang bisa dikenali dengan kode Asus Zenfone 3 ZE520KL, atau ZenFone 3 5.2, di Indonesia. Harganya pun cukup kompetitif, ditawarkan di angka Rp4,1 juta di pasar lokal. Selain membawa desain yang fress, casing metal yang berkelas, kamera canggih dan juga kombinasi hardware terbaru tahun ini, ZenFone 3 menjadi salah satu pilihan smartphone Android di jelas middle-up yang paling menarik di bulan September 2016 ini.

Lebih Gahar dengan RAM 8GB, ZenFone 3 Deluxe Benchmark Siap Rajai Puncak!

Meskipun udah kalahkan Xiaomi Mi5, LG G5, Huawei Mate 8, dan Samsung Galaxy S7, Asus belum puas. Mereka bakal siapkan ZenFone 3 dengan Snapdragon tercanggih serta RAM 8GB!
Baca Juga

Sayangnya, apa yang ditawarkan Asus Indonesia ini memang tidak sesuai ekspektasi para ZenFoner (sebutan untuk pengguna ZenFone di Indonesia). Mereka berharap beberapa tipe teratasnya juga langsung dijual, seperti seri Ultra, atau bahkan seri Deluxe juga dipasarkan di Indonesia. Agaknya kita masih perlu menunggu lebih lama lagi, karena ZenFone 3 dengan spesifikasi tertinggi, ZenFone 3 Deluxe baru mulai dijual pekan ini di Taiwan.

Android Terbaik 2016 ZenFone-3-Deluxe-4

ZenFone 3 Deluxe merupakan varian termewah keluarga ZenFone 3. Terutama berkat digunakannnya chipset terbaru Qualcomm, Snapdragon 821 (versi overclock dari Snapdragon 820), dan menjadikannya sebagai smartphone pertama di dunia yang mendapat cangkok mesin terkencang Qualcomm tersebut. Menurut Asus, ZenFone 3 Deluxe dengan Snapdragon 821 ini unggul berkat wakti booting yang lebih cepat, dan juga menjalankan aplikasi pun lebih sigap. Mungkin ini juga menjadi respon Qualcomm setelah ternyata chipset Samsung Exynos 8 Octa dalam Galaxy note 7 versi Internasional, terbukti lebih cepat dan lancar ketika digunakan multitasking dibandingkan varian dengan Snapdragon 820 (bisa kalian lihat contoh perbandingannya di sini).

ZenFone-3-Deluxe-5

Di Taiwan, Asus menawarkan ZenFone 3 Deluxe internal 256GB yang casingnya full-metal berbahan aluminum ini dengan harga NT$24,99, atau sekitar Rp10 jutaan. Yup, harganya memang tinggi, lebih dari dua kali lupat harga varian standar yang memiliki prosesor Snapdragon 625, internal storage 32GB dan RAM 3GB. Namun bukan sekadar prosesornya saja yang berbeda, ada banyak fitur baru yang hanya akan kalian dapatkan melalui varian teratas ini.

Lebih Gahar dari Galaxy S7, LG G5 dan Xiaomi Mi5, ZenFone 3 Deluxe Android Terbaik 2016

ZenFone 3 Deluxe memang tiada duanya... RAM 6GB, dan harga yang ga beda jauh dari ZenFone 3 yang dijual 3 jutaan! Nih kami punya beberapa bukti jika Android Asus ini mampu kalahkan produk unggulan para pesainnya!
Baca Juga

Selain Snapdragon 821 dengan prosesor Kyro quad-core (dual 2.34 + dual 2.19) dan GPU Adreno 530 berkecepatan 653 MHz, Asus ZenFone 3 Deluxe Edition ini mengusung layar yang lebih besar yaitu 5.7-inchi, atau 0.5-inchi lebih lebar dibandingkan varian standarnya. Layarnya juga Super AMOLED lho, seperti yang biasa digunakan pada Android kelas atasnya Samsung. Dibandingkan jenis layar LCD Super IPS+ pada varian standarnya, Super AMOLED lebih hemat baterai, kontras warna yang tinggi, dan juga, lebih mudah terlihat di bawah paparan cahaya matahari.

ZenFone-3-Deluxe-4

Sayangnya, resolusinya masih saja Full HD 1080 x 1920-pixel. Sudah cukup sih, terutama untuk menghemat baterai, mengingat kapasitas baterainya juga hanya 3000-mAh, atau meningkat 400-mAh dari versi standarnya. Layarnya itu pun berpelinding Gorilla Glass 4. Sedangkan untuk varian ZenFone 3 standar, masih Gorilla Glass 3.

Berlanjut kemudian di sisi memory, RAM-nya juga didongkrak menjadi 6GB RAM dari jenis LPDDR4 yang lebih kencang, atau meningkat dua kali lipat dari varian standarnya. Internal storage-nya yang mendapatkan jatah tertinggi, mencapai 256GB, meningkat delapan kali dari varian standar. Selain lebih besar, juga dipastikan lebih cepat aksesnya, karena menggunakan format USF 2.0. Angka 256GB tersebut seharusnya siap untuk menyamai varian tertinggi iPhone 7.

ZenFone-3-Deluxe-3

Kameranya juga berbeda, bukan sekadar ukuran megapixel-nya saja. Jika varian standar ZenFone 3 menggunakan kamera Sony Exmor RS IMX298 dengan resolusi 16-megapixel, maka di sini Asus memilih Sony Exmor RS IMX318, yang notabene baru saja dikonfirmasikan awal tahun ini oleh Sony. Resolusinya juga meningkat, kini menjadi 23-megapixel dan bukaan lensa f/2.0, serta kemampuan merekam video dengan kualitas 4K atau 3840×2160. Kamera ini juga digunakan Asus untuk varian ZenFone 3 Ultra.

10 Fitur iPhone 7 dan iPhone 7 Plus Ini Bisa Bikin Iri Semua User Android

Dengan angka 7 yang sangat ramai dibicarakan tahun ini (bahkan sampai Samsung pun melompati Galaxy Note 6), iPhone 7 hadir memberikan banyak fitur baru, yang bisa membuat user Android iri...
Baca Juga

Sisa spesifikasi lain banyak kesamannya. Kamera depan 8-megapixel, kamera utama mampu merekam dengan kualitas 4K, ada fokus laser/phase detection untuk kamera utama, optical image stabilization OIS (4-sumbu) dan dual-LED flash, konektivitas WiFi, Bluetooth, GPS, dan juga dual SIM 4G, micro SD (hybrid, menggunakan slot SIM kedua, maksimal bisa mencapai 2TB), USB 3.0 yang port-nya Type C (ZenFone 3 standar masih USB 2.0), ada koneksi NFC (tidak ada di varian standar, Asus pun membekalinya dengan pengisian baterai cepat Quick Charge 3.0 (60% dalam 40 menit), plus yang bisa bikin user iPhone 7 baper, ada port headphone jack 3.5mm

ZenFone-3-Deluxe-1

Sebelumnya tersiar kabar jika ZenFone 3 Deluxe bakal menggunakan RAM 8GB, yang otomatis akan menjadikannya sebagai smartphone pertama yang menggunakan jatah RAM terbesar. Namun sepertinya Asus berencana lain. RAM-nya hanya 6GB, yang mana, sudah cukup berlebih untuk Android. Toh untuk kelas Snapdragon 821, kompetitor yang menggunakan chipset ini pun masih terbatas, seperti Xiaomi Mi Note 2 dan Xiaomi Mi 5s, yang mana keduanya juga belum tersedia saat ini.

Android Terbaik 2016 ZenFone-3-Deluxe-14

Dengan harga mencapai Rp10 jutaan, ZenFone 3 Deluxe varian tertinggi ini mungkin tidak akan selaku varian standar dengan chipset Snapdragon 625. Namun mereka yang mencari alternatif Android papan atas dengan spec terkencang, kamera canggih dan storage super lega, bisa mempertimbangkannya. Di bawah harga varian 256GB dan prosesor Snapdragon 821 ini, ada ZenFone 3 Deluxe 64GB dengan RAM 6GB, namun prosesornya masih Snapdragon 820. Harganya sekitar Rp7,5 jutaan. Sedangkan yang varian 32GB dan RAM 4GB serta prosesor Snapdragon 820, rencana awalnya bakal dijual dengan harga sekitar Rp6,8 jutaan. Sayangnya, sejauh ini belum dijual oleh Asus.

Meet the ASUS ZenFone 3 Deluxe | ASUS

All Metal. Pure Beauty – ZenFone 3 Deluxe | ASUS

Sumber: Asus