Benarkah MOD Fallout 4 Tidak Akan Bisa Digunakan dalam PS4?

MOD Fallout 4

Ada sebuah perseteruan besar antara Sony dan Bethesda yang dimulai karena sebuah mod Fallout 4 dan Skyrim versi PS4. Bethesda baru saja mengatakan bahwa mereka sangat tidak setuju dengan keputusan yang dikeluarkan oleh Sony dan memutuskan untuk “curhat” ke dalam sebuah pernyataan di website resminya.

Di dalam website tersebut, Bethesda telah mengeluarkan sebuah pernyataan yang menjelaskan kepada pemilik game Skyrim dan Fallout 4 mengapa mereka belum dapat menggunakan mod apapun dalam konsol tersebut.

Kami menganggap ini sebagai sebuah inisiatif dan kami juga akan segera menemukan cara lain agar mod buatan pemainnya dapat digunakan oleh para pemilik PlayStation. Namun, sebelum Sony mengijinkan kita untuk memberikan bantuan sepenuhnya terhadap mod tersebut, konten ini tidak akan dapat digunakan oleh para pemilik Fallout 4 dan Skyrim  di PlayStation 4.

Fallout 4

Bethesda Buka-Bukaan Mengenai Rahasia Dibalik Kerennya Grafis Fallout 4!

GeForce atau Radeon, Mana yang Lebih Baik Untuk Fallout 4?
Baca Juga

Apa sebenarnya yang menahan Sony untuk memberikan bantuan kepada Bethesda? Mengapa mereka sampai merepotkan developer tersebut hanya karena sebuah mod sederhana untuk konsol buatan mereka? Masalahnya ternyata jauh lebih rumit daripada apa yang kita kira sebelumnya. Ada beberapa hal teknis yang membatasi pergerakan Sony sebelum mereka dapat mengijinkan hal ini.

Fallout 4

Pada bulan Juli 2016 lalu, muncul mkabar yang mengatakan bahwa fitur mod untuk Fallout 4 mengalami hambatan karena keterbatasan memory pada konsol tersebut. Batas maksimal mod yang dapat digunakan dalam Fallout 4 untuk PlayStation 4 ternyata tidak lebih dari sebesar 900MB.

Walaupun angka tersebut sudah cukup besar, kita harus mengingat bahwa Xbox One memberikan kemampuan kepada para pemainnya untuk menyimpan mod hingga 2GB. Ini berarti semua mod mulai dari grafis, karakter, senjata, map atau bahkan berbagai macam hal lainnya selama berada di bawah batas 2GB dapat langsung digunakan dalam konsol tersebut. Untuk para pemilik PC, angka 2GB sudah jelas tidak berarti apapun, dan kuota tersebut pasti akan langsung terpenuhi dengan mudah.

Fallout 4

Game Terbaru Remedy Akan Mengambil Inspirasi dari DC dan Marvel Comics

Remedy akan mengambil inspirasi dari DC dan Marvel untuk membuat beberapa game mereka di masa depan! Seperti apa game yang akan mereka buat?
Baca Juga

Berdasarkan pantauan kami, ada beberapa mod yang menimbulkan penurunan performa dan masalah dengan suara yang masih belum dapat ditemukan solusinya pada Fallout 4. Hal ini dikarenakan ada beberapa komponen utama yang hilang saat game tersebut dikonversikan untuk PlayStation 4.

Fallout 4

DLC Terbaru Tomb Raider Akan Memberikan Kamu Kesempatan Menelusuri Croft Manor

DLC terbaru Tomb Raider yang berjudul "Blood Ties," akan membawa Lara Croft kembali ke rumahnya, sambil bertarung melawan zombie.
Baca Juga

Jika memang mod buatan para pemainnya untuk PlayStation 4 memiliki performa yang sangat jelek atau bahkan dapat merusak gamenya, tidak heran jika Sony menolak adanya mod game Fallout 4 di konsol buatan mereka. Sony pasti ingin mengurangi kerugian dari penjualan konsol mereka jika memang terbukti PlayStation 4 ternyata tidak mendukung mod buatan para pemainnya. Dengan tidak adanya fitur ini, mereka masih dapat menyelamatkan nama baik konsolnya daripada membuka kesempatan pihak lawan menyerangnya sebagai konsol dengan performa di bawah Xbox One. Sayangnya, hal ini berarti kemungkinan bagi para pemilik PlayStation 4 untuk dapat menggunakan mod favorit mereka di game Bethesda seperti Fallout 4 atau Skyrim menjadi sangat minim.

Fallout 4

Apakah menurutmu hal ini dapat memperburuk reputasi PlayStation 4? Atau Sony dapat memperbaiki hal ini pada PlayStation 4 Pro yang akan segera dirilis? Berikan pendapat kalian tentang hal ini yah!

Sumber: Bethesda